Langsung ke konten utama

Ketika Gue Kehilangan Dompet

Bulan kemarin, gue mengalami kejadiaan naas. Bukan, gue bukan ketangkep satpol PP pas mangkal, karena gue ga pernah mangkal. Tapi kejadian naas gue kali ini karena bulan kemarin gue kehilangan dompet. Yap kalian ga salah baca, bulan kemarin gue kehilangan dompet. Dan karena kejadian kehilangan dompet ini gue jadi ga bisa posting selama sebulan. *ok, skip

Kronologinya begini, pas hari Minggu gue iseng-iseng masuk atm buat sekedar ngadem sama ngecek saldo. Keluar dari atm dan udah ngestater motor, tiba-tiba muncul tukang parkir dari dalam botol. Gue yang udah niat ngegas terpaksa berhenti cuma buat ngambil duit receh di dompet buat bayar parkir. Setelah itu dompet masuk kantong lagi dengan asal-asalan, dan gue melanjutkan perjalanan buat pulang ke rumah.

Gue memilih jalan yang agak sepi, yah siapa tahu ada kuntilanak iseng yang bisa digodain. Jalan yang gue pilih agak menantang, meliuk-liuk dan bergelombang. Singkat cerita gue udah sampai di depan indoapril, soalnya gue haus dan kepengen beli sunlight. Tapi pas ngerogoh kantong, alamak dompet gue udah ga ada.

Gue mendadak galau, tapi berhubung gue orang yang bijaksana, gue lebih memilih menikam jejak jalan yang gue lewatin tadi daripada gue harus nangis guling-guling di depan indoapril. Soalnya jalan yang gue tempuh belum begitu jauh, dan waktunya juga belum begitu lama, kurang dari 5 menit lah.
Gue balik lagi ke atm, mata udah ga kedip liatin jalan ke kanan ke kiri ke depan. Tapi toh sepertinya dompet gue ga ketemu. Gue balik lagi masuk atm, ga ada juga. Tanya ke satpam, katanya doi ga nemuin dompet. Tanya ke tukang parkir, juga nihil hasilnya. Coba tanya ke langit tua, langit tak mendengar.

Gue mulai panik, mana surat-suratnya banyak lagi. Bukan masalah duit di dalem dompetnya sih, soalnya gue juga jarang  nyimpen duit banyak di dompet (iyo, jarang punya duit banyak juga). Tapi ngurus surat-suratnya itu loh yang ribet.

Gue balik lagi ngelewatin jalan yang gue lewatin, pelan-pelan banget. Dengan harapan dompet gue masih ada, cuma malu dan ngumpet di semak-semak. Tapi toh, hasilnya juga masih nihil.

Gue ikhtiar sebisanya, gue lapor ke kantor polisi terdekat. Kalau di acara salep 88 di net ketika ada orang yang kehilangan dompet dibantu nyari sampai ketemu, lah gue boro-boro ditemenin, nerima laporan kehilangan aja kayak segen ga niat, cuma disuruh nulis no hp di selembar kertas bekas. -_-

Udah ga ada harapan dari kantor polisi  gue ikhtiar berbagai cara biar bisa segera berjumpa dengan dompet tercinta. Gue bc temen-temen yang rumahnya di daerah deket gue kehilangan dompet, tanya ke orang-orang yang jualan di sekitar jalan sama tukang parkirnya, bahkan gue udah ke radio biar berita kehilangan dompet gue disiarin. Usaha gue sepertinya udah mentok, tinggal kurang masang spanduk sama nyebar-nyebar brosur.

Dalam hati gue udah ngikhlasin duitnya, tapi jujur gue belum ngikhlasin surat-suratnya. Yah, soalnya ngurus surat memang ribet dan makan waktu lama, apalagi kalau banyak yang hilang.

Sehari, dua hari gue udah mulai pasrah. Pikiran gue pasti dompetnya udah ditemuin orang dan diambil duitnya, trus dompet dan surat-suratnya dibuang ke tempat sampah. Gue udah mulai ngurus surat-surat, terutama yang penting-penting.

Seharian gue sibuk ke sana ke sini untuk ngurus ini itu, badan udah capek bener. Pas pulang ke rumah, gue lihat di depan rumah ada motor yang parkir. Pikiran pertama mungkin itu tamunya Bapak, gue ngeloyor masuk ke kamar lewat pintu belakang.

Gue ga begitu ngeh sampai gue dipanggil-panggil Bapak, karena ternyata tamunya adalah orang yang nemu dompet gue dan mau ngembaliin dompet gue. Gue melongo, kaget campur seneng. Tapi lebih banyak senengnya.

Gue yang udah ga terlalu berharap dompetnya bisa balik lagi, ternyata ada orang baik yang mau ngembaliin dompet yang dia temuin. Dan manusia berhati malaikat itu bernama Pak Slamet, Bapak penjual es keliling.

Jadi ceritanya, pas Pak Slamet jualan es pakai gerobak, beliau ngeliat dompet gue udah bececeran isinya. Sama Pak Slamet dikumpulin lagi dan diamankan supaya ga ditemuin orang yang salah. Dan kemudian Pak Slamet ngembaliin dompetnya ke gue. Gue tertegun, malaikat bisa datang dari mana saja, bahkan Pak Slamet rela ga jualan seharian demi nyari rumah gue. Gue terharu.

Dari pengalaman ini, gue mengambil beberapa pelajaran. Yang pertama gue harus hati-hati kalau mau ngantongin dompet, hp, atau barang penting lainnya. Gue harus mastiin kalau barangnya aman, kalau perlu gue taruh di tas sekalian biar lebih aman. Yang kedua, gue jadi tahu dan yakin kalau di dunia ini masih banyak orang baik seperti Pak Slamet. Dan yang ketiga, gue harus prepare sebagai jaga-jaga kalau dompet gue hilang lagi (semoga aja ga sih).

Dan berikut beberapa tips yang gue lakukan untuk berjaga-jaga jika dompet gue hilang lagi (semoga ga kejadiaan):

Yang pertama, selipin pesan di dompet, yang bisa dibaca sama orang yang nemu dompet. 


"Barang siapa menemukan dompet ini, tolong hubungi no 0857xxxxxxxx. Jika yang menemukan perempuan dan cantik siapa tahu kita jodoh, jika yang menemukan laki-laki, ya saudaraan aja yoh. terima kasih"

Begitu kira-kira isi pesan yang gue selipin di dompetnya. Jadinya orang yang nemuin ga perlu repot-repot nyariin gue.

Yang kedua, gue ngescan surat-surat penting yang gue miliki. Jadi kalau hilang ngurusnya bisa lebih mudah, untuk urusan administrasi dan juga bukti kalau kita memang punya surat-surat itu.


Yang keempat, gue kalau kemana-mana bawa tas kecil yang muat buat hape dan dompet, jadi ga gampang jatuh.


Yang ketiga, gue lupa.

Esoknya gue sama Bapak ke rumah Pak Slamet untuk sekedar silaturahmi. Dan sepulangnya dari sana, gantian dompet Bapak yang ketinggalan di kamar mandi umum. Untungnya diamanin sama orang yang tinggal di sekitar situ. Dari situ gue jadi yakin, kalau gue emang anaknya Bapak.


fyi, surat-suratnya segini banyak. sampai jatah cuti habis juga ga bakal bisa ngurus semua

Komentar

  1. untung aja dompet mu bisa kembali bro
    ternyata masih ada orang baik diluar sana
    tapi pengalaman saya nih yah, saya jarang banget bawa dompet
    kalau pergi yang cuman duit doang, kalau surat-surat penting paling saya masukin tas aja dilipat dan dibungkus dengan plastik
    hehe

    BalasHapus
  2. Astaga, ceroboh. Buat pelajaran tuh biar lain waktu ga seperti itu. :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Do'a Anak Kecil Agar Ramadhan Setiap Hari

"Assalamu’alaikum. Mak, Udin habis dari rumah Pak Mamat." Lapor Udin pada Emaknya. Sebulan setelah bulan Ramadhan lewat. "Tapi Pak Mamat udah ga' mau ngasih makan lagi, ga' kaya' kemarin pas puasa. Pak Mamat selalu mau ngasih Udin makan." "Kata Pak Mamat sih buat bayar fidyahnya soalnya ga' kuat kalau puasa. Lucu ya Mak, Pak Mamat kok ga’ kuat puasa. Udin yang kelas 5 SD aja puasa penuh. Pak Mamat kan badannya gede, sehat.” “Eh, tapi ga' papa ding, kan kalau Pak Mamat puasa Udin malah ga' dapat makan. Hahaha....." Udin tertawa, meralat omongannya sendiri. Tapi Emaknya tidak ikut tertawa. "Jarang-jarang kan Udin bisa makan pakai telur, kemarin malah sempat ada potongan ayamnya." Kenang Udin, sambil mengusap air liur yang mengalir di sudut bibirnya. "Kenapa kalau pas bulan puasa orang-orang pada baik ya Mak?"

Recycle yang Unreuseable

Akhir-akhir ini gue ngerasa kalau gue harus bisa ikut andil dalam kegiatan menjaga lingkungan, salah satunya dengan melaksanakan prinsip reuse, reduce, recycle. Jadi barang-barang yang semula dianggap sampah bisa dimanfatkan lagi dengan cara digunakan lagi, atau didaur ulang menjadi sesuatu yang bermanfaat, dan kalau memang ga bisa ya dikurangi pemakaiannya. Dengan begitu akan mengurangi jumlah produksi sampah yang mengakibatkan pencemaran lingkungan. Tindakan-tindakan kecil yang udah gue lakuin antara lain gue udah pake botol isi ulang, jadi gue udah ga beli-beli air mineral kemasan lagi biar ga nambah jumlah produksi sampah plastik. Tiap belanja ke indoapril gue juga udah mulai bawa tas sendiri buat ngurangi pemakaian kantong plastik yang ujung-ujungnya juga jadi sampah. Selain itu gue juga ngumpulin foto-foto sama mantan, siapa tau bisa dipakai pas nikahan. *skip Nah kemarin ceritanya gue dapat paket yang pengirimannya dipacking pakai kayu, biar safety dan barang di dalamny