Langsung ke konten utama

Recycle yang Unreuseable

Akhir-akhir ini gue ngerasa kalau gue harus bisa ikut andil dalam kegiatan menjaga lingkungan, salah satunya dengan melaksanakan prinsip reuse, reduce, recycle. Jadi barang-barang yang semula dianggap sampah bisa dimanfatkan lagi dengan cara digunakan lagi, atau didaur ulang menjadi sesuatu yang bermanfaat, dan kalau memang ga bisa ya dikurangi pemakaiannya. Dengan begitu akan mengurangi jumlah produksi sampah yang mengakibatkan pencemaran lingkungan.

Tindakan-tindakan kecil yang udah gue lakuin antara lain gue udah pake botol isi ulang, jadi gue udah ga beli-beli air mineral kemasan lagi biar ga nambah jumlah produksi sampah plastik. Tiap belanja ke indoapril gue juga udah mulai bawa tas sendiri buat ngurangi pemakaian kantong plastik yang ujung-ujungnya juga jadi sampah. Selain itu gue juga ngumpulin foto-foto sama mantan, siapa tau bisa dipakai pas nikahan. *skip

Nah kemarin ceritanya gue dapat paket yang pengirimannya dipacking pakai kayu, biar safety dan barang di dalamnya bisa aman kalau dibanting -_- .


Otak kreatif gue pun bekerja, berpikir gimana caranya masak indomie pakai magic com memanfaatkan kayu buat packing biar bisa jadi barang yang bermanfaat dan ga dibuang begitu aja. Setelah dipikir-pikir dan terinspirasi dari game show jepang, akhirnya gue memutuskan buat bikin rak sepatu. 

Dengan bekal ilmu pertukangan yang minim maksimal alias ga tahu apa-apa gue beli perkap buat menyulap kayu packing yang ga berguna biar bisa jadi rak sepatu yang bisa gue manfaatin lagi.


Gergaji kayu, palu, paku, amplas

Dengan semangat berapi-api gue mulai milah-milih kayu mana aja yang cocok dan bisa dipakai lagi. Setelah ngumpulin kayu-kayu yang gue kira bisa dipakai lagi mulailah proses pengerjaan. Mulai dari pengukuran, pemotongan, sampai paku sana-sini.

Setelah berjibaku sama alat pertukangan sekian lama, akhirnya rak sepatu yang gue bikin dari kayu bekas packing pun jadi.






















Bukan sih, foto di atas cuma ekspektasi dan perencanaan awal. Tapi hasil karya gue juga mirip-mirip gitu kok, dengan penyesuaian di beberapa sisi.


Tampak depan


Tampak samping

Ok, ok. Gue tahu kok kalau sama sekali ga mirip, gue cuma menghibur diri sendiri dari kenyataan bahwa sebenernya gue ga punya bakat buat jadi pilot. Bayangan keren di game show jepang berubah jadi comedy show. Tingkat kemachoan turun 2%. -_-

Niatan gue buat memanfaatkan kayu bekas packing jadi rak sepatu pupus sudah. Niat recycle tapi barang jadinya malah unreuseable, ga bisa dipakai. Untungnya ada kucing-kucing kecil yang dengan sukarela mau tinggal di rak sepatu  bongkahan kayu ga jelas itu, jadi hasil karya gue akhirnya masih bisa berguna juga. #menghiburdiri #terimakasihkucingkecil

NB : yang mau pesen rak sepatu rumah kucing model gitu bisa kontak ke email yaa, harga nego lah

Komentar

  1. Hahahaha.. Yg gue liat bukan tempat sepatu ato rumah kucing, ini kayak dudukan yg dipake emak kalo lagi di dapur. Tapi g apa2, yg penting mah usahanya

    BalasHapus
  2. jiahahahahhaha..... anda punya bakat yg luar biasa...sya suka..sya suka....

    sumpah ngakak gua baca tulisan lu sob...tp keren juga. soalnya multi fungsi. bisa untuk rak sepatu dan tmpat bobo para kucing.

    BalasHapus
  3. anjaayy ngapa kagak di buat tempat sampah aja bang kayu packingnya.. mana perkakasnya baru semua lagi eh bang kira-kira kalau mantan pacar bisa di daur ulang nggak ? trus kalau bisa, hasil daur ulangnya bisa di gunain kagak yah ? hmmm masih menjadi sebuah misteri

    BalasHapus
  4. Njir, gue kira mau buat apaan. Ternyata tempat sepatu, kreatif banget nih. Gue sampe ga kepikiran sampe situ~

    BalasHapus
  5. Njir, gue kira mau buat apaan. Ternyata tempat sepatu, kreatif banget nih. Gue sampe ga kepikiran sampe situ~

    BalasHapus
  6. du mas.. ekspektasinya jauh banget dari realita wkwkwkwk...
    tp saya salutlah sama semangatnya, saya mau pesan rumah kucing yang model begituan dong satu. haha
    oh iya, btw bisa minta folbacknya?

    BalasHapus
  7. Wah, keren nih. Gue setuju sama ide lo. Kita satu otak !. (bukan kembar siam ya). Tujuannya udah bagus, tinggal dilanjut terus. Gue udah lama pake botol isi ulang. Gue botol dari Underware (bukan nama sebenernya). Terus misi gue sekarang kalo beli-beli atau apa, mau bawa plastik sendiri. Kan sekarang kantong plastik harganya 200 perak.

    BalasHapus
  8. Salut bang, seharusnya orang2 kayak lo ini nih perlu di kembangbiakan lagi, biar semakin banyak orang yang sadar lingkungan.
    Jangan menganggap bahwa cuma seorang yang bikin perubahan mah gak ada dampak.
    Salah besar! Jika satu orang mikir begitu, hancur dunia ini.

    Keren juga tuh bang rak sepatunya. Nego berapa nih.. wkwkw

    BalasHapus
  9. Haha dari awal liat foto hasil akhirnya yang paling atas aku udah enggak percaya. Paling sedikit agak fail. Setelah liat kebawah ternyata.. hahaha fail banget.. haha
    Tapi kreatif. Kamu punya bakat terpendam nak.. haha

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ketika Gue Kehilangan Dompet

Bulan kemarin, gue mengalami kejadiaan naas. Bukan, gue bukan ketangkep satpol PP pas mangkal, karena gue ga pernah mangkal. Tapi kejadian naas gue kali ini karena bulan kemarin gue kehilangan dompet. Yap kalian ga salah baca, bulan kemarin gue kehilangan dompet. Dan karena kejadian kehilangan dompet ini gue jadi ga bisa posting selama sebulan. *ok, skip Kronologinya begini, pas hari Minggu gue iseng-iseng masuk atm buat sekedar ngadem sama ngecek saldo. Keluar dari atm dan udah ngestater motor, tiba-tiba muncul tukang parkir dari dalam botol . Gue yang udah niat ngegas terpaksa berhenti cuma buat ngambil duit receh di dompet buat bayar parkir. Setelah itu dompet masuk kantong lagi dengan asal-asalan, dan gue melanjutkan perjalanan buat pulang ke rumah. Gue memilih jalan yang agak sepi, yah siapa tahu ada kuntilanak iseng yang bisa digodain. Jalan yang gue pilih agak menantang, meliuk-liuk dan bergelombang. Singkat cerita gue udah sampai di depan indoapril, soalnya gue haus da

Do'a Anak Kecil Agar Ramadhan Setiap Hari

"Assalamu’alaikum. Mak, Udin habis dari rumah Pak Mamat." Lapor Udin pada Emaknya. Sebulan setelah bulan Ramadhan lewat. "Tapi Pak Mamat udah ga' mau ngasih makan lagi, ga' kaya' kemarin pas puasa. Pak Mamat selalu mau ngasih Udin makan." "Kata Pak Mamat sih buat bayar fidyahnya soalnya ga' kuat kalau puasa. Lucu ya Mak, Pak Mamat kok ga’ kuat puasa. Udin yang kelas 5 SD aja puasa penuh. Pak Mamat kan badannya gede, sehat.” “Eh, tapi ga' papa ding, kan kalau Pak Mamat puasa Udin malah ga' dapat makan. Hahaha....." Udin tertawa, meralat omongannya sendiri. Tapi Emaknya tidak ikut tertawa. "Jarang-jarang kan Udin bisa makan pakai telur, kemarin malah sempat ada potongan ayamnya." Kenang Udin, sambil mengusap air liur yang mengalir di sudut bibirnya. "Kenapa kalau pas bulan puasa orang-orang pada baik ya Mak?"