Langsung ke konten utama

Do'a Anak Kecil Agar Ramadhan Setiap Hari


"Assalamu’alaikum. Mak, Udin habis dari rumah Pak Mamat." Lapor Udin pada Emaknya. Sebulan setelah bulan Ramadhan lewat.

"Tapi Pak Mamat udah ga' mau ngasih makan lagi, ga' kaya' kemarin pas puasa. Pak Mamat selalu mau ngasih Udin makan."

"Kata Pak Mamat sih buat bayar fidyahnya soalnya ga' kuat kalau puasa. Lucu ya Mak, Pak Mamat kok ga’ kuat puasa. Udin yang kelas 5 SD aja puasa penuh. Pak Mamat kan badannya gede, sehat.”

“Eh, tapi ga' papa ding, kan kalau Pak Mamat puasa Udin malah ga' dapat makan. Hahaha....." Udin tertawa, meralat omongannya sendiri. Tapi Emaknya tidak ikut tertawa.

"Jarang-jarang kan Udin bisa makan pakai telur, kemarin malah sempat ada potongan ayamnya." Kenang Udin, sambil mengusap air liur yang mengalir di sudut bibirnya.

"Kenapa kalau pas bulan puasa orang-orang pada baik ya Mak?"

"Haji Jenal, yang rumahnya tingkat di pojokan itu, yang kebonnya luas, ga' marah kalau Udin ngambil buah mangganya. Kadang malah bagi-bagi kalau panennya pas bulan puasa."

"Tapi kemarin Udin dimarahin gara-gara ngambil buah mangganya sebiji, sempat kena pu...." Udin memotong ceritanya, tidak ingin Emaknya tahu kalau kemarin dia dipukul pakai gagang sapu karena ketahuan mengambil buah mangga Haji Jenal.

"Padahal kan Udin ngambil karena laper, bukan buat bikin kaya. Ga' kaya' korup, korup..." Udin terdiam sejenak, mengingat kata-kata yang tidak asing namun susah ditangkap oleh ingatannya.

"Ga' kaya' orang-orang yang ngambil harta rakyat biar bisa kaya itu." Ralat Udin, setelah kunjung tidak mengingat kata yang dimaksud.

“Apa orang-orang ga’ dengerin kata Pak Ustadz ya Mak? Orang kaya’ Udin ini kan wajib dibantu.” Keluh Udin.

“Beras zakat fitrah kemarin juga udah habis Mak.” Lapor Udin.

“Seandainya Ramadhan ga’ cuma sebulan dalam setahun ya Mak. Seandainya Ramadhan bisa setiap hari. Biar Udin ga’ bingung lagi nyari makan. Biar orang-orang pada mau bagi-bagi rizki.”

“Susah ya Mak, setelah Bapak per....” Lagi-lagi Udin memotong kalimatnya. Tidak ingin dia mengingat Bapaknya yang pergi meninggalkan dia dan Emaknya. Dia juga tidak ingin Emaknya jadi mengingat Bapak.

Lima tahun lalu Bapaknya meninggalkan Udin dan Emaknya yang sedang sakit. Bapaknya menikah dengan perempuan yang jauh lebih muda, dan pergi ke luar kota. Setelah itu, jangankan uang untuk hidup, kabarpun sudah tidak pernah lagi diberi. Entah dimana, dan bagaimana kabar Bapaknya sekarang, Udin sudah tidak tahu lagi.

Udin tidak mau mengingat kejadian perih itu. Tapi, tak bisa dipungkiri. Air matanya mulai menetes di sudut matanya. Meskipun ditahan sebisa mungkin. Semakin ditahan, semakin deras air matanya mengalir. Dia menunduk, tidak ingin Emaknya tahu. Dia sudah berjanji untuk tidak menangis lagi di depan Emaknya.

“Maafin Udin Mak, Udin kangen. Kangen Bapak, Emak, Udin bisa kumpul lagi kaya’ dulu.”

“Udin ga’ minta macem-macem kok Mak, Udin ga’ minta baju baru buat lebaran. Baju yang lama juga ga’ papa. Udin ga’ minta duit fitrah Mak, yang penting bisa makan setiap hari Udin udah bersyukur. Udin ga’ minta sepeda buat main Mak, bisa main bareng Bapak Emak Udin udah seneng.” Udin menumpahkan segala isi hatinya, di tengah tangisnya sore itu.

Sayup-sayup azan ashar terdengar dari masjid di tengah kampung. Udin menyeka air matanya. Sebisa mungkin menahan sesenggukan.

“Udah ya Mak, Udin pulang dulu. Maaf Udin jarang nengokin dan bersihin makam Emak. Akhir-akhir ini Udin jualan koran juga, soalnya semir sepatu udah jarang Mak.”

“Assalamu’alaikum Mak.”


Komentar

  1. Waalaikumsalam Udin, sehat sehat ya. Aduh, baca ini jadi terharu, membayangkan aku ada di posisi Udin.

    Jadi penasaran sama cerita cerita Udin yang lain. Tapi memang Din, di bulan puasa semuanya serba baik, semoga saja kebaikan mereka gak cuma pas Ramadhan ya

    BalasHapus
  2. Seketika langsung kena ke hati pas baca epilognya :') Kuat ya din, masih banyak orang baik kok di dunia ini. Fighting!!!

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ketika Gue Kehilangan Dompet

Bulan kemarin, gue mengalami kejadiaan naas. Bukan, gue bukan ketangkep satpol PP pas mangkal, karena gue ga pernah mangkal. Tapi kejadian naas gue kali ini karena bulan kemarin gue kehilangan dompet. Yap kalian ga salah baca, bulan kemarin gue kehilangan dompet. Dan karena kejadian kehilangan dompet ini gue jadi ga bisa posting selama sebulan. *ok, skip Kronologinya begini, pas hari Minggu gue iseng-iseng masuk atm buat sekedar ngadem sama ngecek saldo. Keluar dari atm dan udah ngestater motor, tiba-tiba muncul tukang parkir dari dalam botol . Gue yang udah niat ngegas terpaksa berhenti cuma buat ngambil duit receh di dompet buat bayar parkir. Setelah itu dompet masuk kantong lagi dengan asal-asalan, dan gue melanjutkan perjalanan buat pulang ke rumah. Gue memilih jalan yang agak sepi, yah siapa tahu ada kuntilanak iseng yang bisa digodain. Jalan yang gue pilih agak menantang, meliuk-liuk dan bergelombang. Singkat cerita gue udah sampai di depan indoapril, soalnya gue haus da

Recycle yang Unreuseable

Akhir-akhir ini gue ngerasa kalau gue harus bisa ikut andil dalam kegiatan menjaga lingkungan, salah satunya dengan melaksanakan prinsip reuse, reduce, recycle. Jadi barang-barang yang semula dianggap sampah bisa dimanfatkan lagi dengan cara digunakan lagi, atau didaur ulang menjadi sesuatu yang bermanfaat, dan kalau memang ga bisa ya dikurangi pemakaiannya. Dengan begitu akan mengurangi jumlah produksi sampah yang mengakibatkan pencemaran lingkungan. Tindakan-tindakan kecil yang udah gue lakuin antara lain gue udah pake botol isi ulang, jadi gue udah ga beli-beli air mineral kemasan lagi biar ga nambah jumlah produksi sampah plastik. Tiap belanja ke indoapril gue juga udah mulai bawa tas sendiri buat ngurangi pemakaian kantong plastik yang ujung-ujungnya juga jadi sampah. Selain itu gue juga ngumpulin foto-foto sama mantan, siapa tau bisa dipakai pas nikahan. *skip Nah kemarin ceritanya gue dapat paket yang pengirimannya dipacking pakai kayu, biar safety dan barang di dalamny