Langsung ke konten utama

Ketika Batas Waktu

terngiang-ngiang di sela waktu
dalam kuasa
tawa mengisi masa

seiring nafas detik berlalu
dalam lelah
tangis terdengar lemah

tak ada yang tahu
rahasia Illahi yang hakiki
karena kita manusia biasa
tak kuasa menolak takdirNya

meski semua tahu
tiap-tiap umat memiliki batas waktu
namun tak ada yang tahu
kapan datangnya batas waktu

ketika batas waktu tiba
kita hanya bisa berdo'a
semoga amal kita di dunia
menjadi penyelamat dari siksa neraka
dan pengiring menuju nikmat surga

karena kita manusia biasa
tak kuasa menolak takdirNya
ketika batas waktu tiba

******

Untuk kalian kawan, semoga tenang di sana.
Teriring do'a, semoga kita bisa bertemu di surga.



kanan : Rizqa Andri Rahmawan, September 1990 - November 2013
kiri : Irwan Sunarto, Oktober 1991 - Mei 2014

Umur bukan jaminan kawan. Kita ga pernah tahu kapan malaikat maut akan menjemput. Yang bisa kita lakukan hanya berusaha melakukan yang terbaik di jalan yang benar. Agar ketika batas waktu tiba, kita udah siap dengan amal kita. *peringatan buat gue juga nih.

Minta doanya juga ya, buat Rizqa dan Irwan. Semoga diampuni dosa-dosanya, dan diterima amal ibadahnya. Aamiin.

Komentar

  1. Waktu,
    kita ga bisa menebak apa yang akan terjadi, bahkan untuk sedetik kedepan...

    btw, keren puisinya dalem brayy.
    do'anya semoga Rizqa dan irwan ditempatkan di tempat yang layak, dan diampuni segala dosanya. amiiin :)

    BalasHapus
  2. sopo kui?
    BTW, lu masih mending gausah berpuisi :v

    BalasHapus
  3. Gue males baca pusi, mending baca cerita lu aja B)

    BalasHapus
  4. Kita ga pernah tau umur kita berapa saat ajal menjemput. Semoga kita selalu mempersiapkan diri untuk itu.
    Semoga mereka di terima di sisi-Nya. Amin

    BalasHapus
  5. Kita ga pernah tau umur kita berapa saat ajal menjemput. Semoga kita selalu mempersiapkan diri untuk itu.
    Semoga mereka di terima di sisi-Nya. Amin

    BalasHapus
  6. semoga mereka ditenang disana dan diterima segala amal ibadahnya, serta diampuni seluruh dosa"nya oleh Allah SWT. amiiin :)

    BalasHapus
  7. dari awal baca puisinya emang udah agak merinding gue, tapi pas baca bagian akhirnya jadi tambah mering dan takut juga, gue masih sering melalaikan kewajiban.

    moga aja mereka ada di Surga. Amin

    BalasHapus
  8. Puisinya nyentuh banget dah bang, menyiratkan kalo kita sebagai manusia haruslah memanfaatkan waktu sebaik mungkin seblum waktu tersebut habis.

    Ohya, kalo boleh tau ... mereka kenapa ?
    Semoga amal dan ibadahnya diterima disisi Allah SWT ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. rizqa sakit, irwan kecelakaan kerja

      aamiin, makasih fan :)

      Hapus
  9. Puisi di atas mengisahkan tentang nggak tau nya kita tentang kapan ajal menjemput, yah kita sebagai manusia hanya bisa berpasrah kepada yang maha kuasa, yang paling penting adalah melaksanakan kewjiban.*INGAT

    Semoga si Rizqa Andri Rahmawan dan si Irwan Sunarto, di terima di sisi nya.
    dan di tempatkan di surga kelak nanti *AMINNN.

    BalasHapus
  10. baca puisinya aja udah bikin ngerasa postingan ini buat orang yang alm .
    aku ambil pesan yang ada di postingan ini aja buat diterapin kekehidupanku

    Semoa terima di sisi nya. , amin

    BalasHapus
  11. Puisinya bikin merinding, keren keren :D

    Iya yg namanya kematian siapa yg tau? hanya Allah yg tau, dan kita sebagai manusia harus selalu mempersiapkan segala sesuatunya. Selalu ingat kepadaNya setiap waktu...

    Semoga mereka ditempatkan ditempat yg layak disisiNya, Amin Ya Allah :)

    BalasHapus
  12. kalau baca puisi ini sambil denger lagu opick yang judulnya bila waktu tlah berakhir, bakal bikin nangis deh pasti.

    Salah satu alarm yang oke banget nih postingan kamu. Tanda peringatan kalo kita semua punya batas waktu yang hanya Tuhan yang tahu :")

    Teriring doa juga untuk kedua teman kamu. Semoga mereka berada ditempat yang paling baik di surga, aamiin.

    BalasHapus
  13. Apik nal puisine,

    To my prend :
    Risqa a.k.a kempung dan irwan sunarto a.k.a gendut semoga kalian diampuni dosa-dosanya, dan diterima amal ibadahnya. Aamiin. :'(

    BalasHapus
  14. semoga diampuni dosanya, diberikan tempat yang layak di alam baqa,, aamiin

    BalasHapus
  15. owh itu temen lu cuyyy, iya kita kita yang masih diberi waktu dan kesempatan harus bisa jadi manfaat untuk diri sendiri juga buat orang lain cuyyy...hidup cuma satu kali juga yakk, abis itu dihitung dah tu, gue dulu apa lo dulu ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yoii, tumben lo dewasa :D

      nah itu, antara lo atau gue ga ada yang tahu selain Dia Yang Mengatur Segalanya

      Hapus
  16. deneng search box e elek yah neng blog mu :v

    BalasHapus
  17. Puisi ini cocok banget dibaca sambil ngedengerin lagunya Opick - Bila Waktu Tlah Memanggil, biar suasananya makin khitmad. To tell you the truth, puisi-puisi mu selalu bikin hati damai, Zal. Tapi kali ini aku merinding, merinding karena baca puisi mu, dan merinding lagi karena ada cerita nyata dibalik rangkaian aksara ini. Bikin kita semua yang baca inget bahwa hidup kita di dunia ga selamanya. Semoga temanmu itu ditempatkan di tempat terbaik di sisi-Nya. Aamiin. Terimakasih Zal sudah memberikan cerita sekaligus mengingatkan:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena gue bingung jadi gue panggil Zal, singkatan dari Zainal wkwkwk okee?

      Hapus
    2. aamiin, makasih Hen :)

      ga ada yang tahu batas waktu kita, dan kita harus nyiapin bekal kita nanti sebaik mungkin

      Oke deh Hen, panggil Zal juga boleh :D

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Do'a Anak Kecil Agar Ramadhan Setiap Hari

"Assalamu’alaikum. Mak, Udin habis dari rumah Pak Mamat." Lapor Udin pada Emaknya. Sebulan setelah bulan Ramadhan lewat. "Tapi Pak Mamat udah ga' mau ngasih makan lagi, ga' kaya' kemarin pas puasa. Pak Mamat selalu mau ngasih Udin makan." "Kata Pak Mamat sih buat bayar fidyahnya soalnya ga' kuat kalau puasa. Lucu ya Mak, Pak Mamat kok ga’ kuat puasa. Udin yang kelas 5 SD aja puasa penuh. Pak Mamat kan badannya gede, sehat.” “Eh, tapi ga' papa ding, kan kalau Pak Mamat puasa Udin malah ga' dapat makan. Hahaha....." Udin tertawa, meralat omongannya sendiri. Tapi Emaknya tidak ikut tertawa. "Jarang-jarang kan Udin bisa makan pakai telur, kemarin malah sempat ada potongan ayamnya." Kenang Udin, sambil mengusap air liur yang mengalir di sudut bibirnya. "Kenapa kalau pas bulan puasa orang-orang pada baik ya Mak?"

Ketika Gue Kehilangan Dompet

Bulan kemarin, gue mengalami kejadiaan naas. Bukan, gue bukan ketangkep satpol PP pas mangkal, karena gue ga pernah mangkal. Tapi kejadian naas gue kali ini karena bulan kemarin gue kehilangan dompet. Yap kalian ga salah baca, bulan kemarin gue kehilangan dompet. Dan karena kejadian kehilangan dompet ini gue jadi ga bisa posting selama sebulan. *ok, skip Kronologinya begini, pas hari Minggu gue iseng-iseng masuk atm buat sekedar ngadem sama ngecek saldo. Keluar dari atm dan udah ngestater motor, tiba-tiba muncul tukang parkir dari dalam botol . Gue yang udah niat ngegas terpaksa berhenti cuma buat ngambil duit receh di dompet buat bayar parkir. Setelah itu dompet masuk kantong lagi dengan asal-asalan, dan gue melanjutkan perjalanan buat pulang ke rumah. Gue memilih jalan yang agak sepi, yah siapa tahu ada kuntilanak iseng yang bisa digodain. Jalan yang gue pilih agak menantang, meliuk-liuk dan bergelombang. Singkat cerita gue udah sampai di depan indoapril, soalnya gue haus da

Recycle yang Unreuseable

Akhir-akhir ini gue ngerasa kalau gue harus bisa ikut andil dalam kegiatan menjaga lingkungan, salah satunya dengan melaksanakan prinsip reuse, reduce, recycle. Jadi barang-barang yang semula dianggap sampah bisa dimanfatkan lagi dengan cara digunakan lagi, atau didaur ulang menjadi sesuatu yang bermanfaat, dan kalau memang ga bisa ya dikurangi pemakaiannya. Dengan begitu akan mengurangi jumlah produksi sampah yang mengakibatkan pencemaran lingkungan. Tindakan-tindakan kecil yang udah gue lakuin antara lain gue udah pake botol isi ulang, jadi gue udah ga beli-beli air mineral kemasan lagi biar ga nambah jumlah produksi sampah plastik. Tiap belanja ke indoapril gue juga udah mulai bawa tas sendiri buat ngurangi pemakaian kantong plastik yang ujung-ujungnya juga jadi sampah. Selain itu gue juga ngumpulin foto-foto sama mantan, siapa tau bisa dipakai pas nikahan. *skip Nah kemarin ceritanya gue dapat paket yang pengirimannya dipacking pakai kayu, biar safety dan barang di dalamny