Langsung ke konten utama

Lembaran Baru, di Buku yang Sama

Jalan hidup sepertinya tak semulus paha cherrybelle keinginan. Ketika hati sudah menetapkan dan mulai memantapkan untuk tinggal di Makassar, turun SK yang mengharuskan gue untuk pindah, pindah dari Makassar, karena perusahaan emang lebih membutuhkan tenaga di tempat yang baru.

Dan di Surat Kampret itu menyebutkan bahwa gue harus pindah ke Pulau Bacan. Bacan? Mana itu?

Bagi kalian yang ga tau Bacan, kalian perlu 2 barang utama. Yang pertama kalian butuh peta, bisa beli, kalo ga beli ya pinjem lah. Peta Indonesia ya, jangan peta Amerika, apalagi peta Uni Emirat Arab. Ga ada di situ. Karena Bacan itu punyanya Indonesia.

Kalo peta udah di tangan, kalian bisa lihat di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Barang kedua yang kalian butuhin adalah kaca pembesar, loop, atau alat semacamnya. Pake loop itu kalian bisa lihat pulau kecil di peta, di bagian bawah Provinsi Maluku Utara, bukan di Provinsi Nusa Tenggara Timur loh.

Nah disitu letak pulau Bacan. Hahahaha
Trus tadi kenapa suruh liat Provinsi Nusa Tenggara Timur? Biar kalian tahu kalo Indonesia punya Provinsi Nusa Tenggara Timur. Hehehe


Pulau Bacan

Noh yang ga punya sama ga mau pinjem udah gue kasih peta Pulau Bacan, baek kan gue.

Buat kalian yang ga tahu, gue maklum kok. Indonesia emang punya banyak banget pulau. Jadi wajar kalau kalian ga apal semua.

Nah, berdasarkan Surat Kampret yang gue terima, gue pun berangkat ke Bacan. Sempet pulang ke Ambarawa dan ketemu sama keluarga. Berangkatnya mampir ke Ambon dan Ternate. Pas naek pesawat sempet songong juga sih, berhubung duit gue agak banyak, gue sengaja beli tiket khusus buat tas.


Dan akhirnya gue sampai juga di Bacan. Kalo dari Ternate Pulau Bacan bisa ditempuh selama 8 jam naek kapal biasa, 4 jam naek kapal cepat, atau 45 menit naek pesawat. Berhubung gue ke Pulau Bacan naek kapal, gue bisa foto beberapa pemandangan bagus selama perjalanan.




Kesan pertama? Well, ewel ewel lah pokoknya. Belum tau juga medan gimana, setahu gue sih medan baek-baek aja di Pulau Sumatera. *nglantur.

Dari mbah google, gue baru tahu 2 hal. Yang pertama Batu Bacan yang mahal tapi ga bisa dimakan, yang kedua Duku Bacan yang murah dan enak dimakan. Gue udah buktiin kalo Duku Bacan emang enak, manis-manis semua. Kalo batunya, nabung dulu lah buat beli. *mahal gila.

Ok, mungkin petualangan baru emang harus dimulai lagi. Episode perjalanan baru, meneruskan episode perjalanan yang udah ada sebelumnya. Menggoreskan tinta di lembaran baru, meskipun masih di buku yang sama. *opo sih?

Haha, taulah. Intinya gue cuma mau ngasih tau kalo gue udah ga di Makassar lagi. Gue harus menjalani episode kehidupan baru di tanah Bacan.

Sedih? Iya lah!

Banyak kenangan yang udah keukir di bumi Sulawesi, kenangan bareng temen-temen, kenangan sama tempat-tempat di sana. Tapi gue yakin, Allah ngasih gue jalan ke Bacan bukan tanpa maksud. Semoga maksud serta kehendakNya bisa gue tangkep dengan bener, dan setiap langkah yang gue pilih adalah langkah yang diberkahi dan diridhoi. Aamiin.

Bacan, Mei 2014.

Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. taaeeee ITU TAS GUE BUKAN TAS ELUU!!! (" `з´ )_,/*(>_ < )

    BalasHapus
  3. Gak nyangka km malah ke pulau bacan :')
    Km juga sih suka sama tanjung bira, makanya penempatan disono *opo tho, rag nyambung* :p
    Nghaaaanghaaanghaaaa

    BalasHapus
  4. Gak nyangka km malah ke pulau bacan :')
    Km juga sih suka sama tanjung bira, makanya penempatan disono *opo tho, rag nyambung* :p
    Nghaaaanghaaanghaaaa

    BalasHapus
  5. terima aja bray, dimanapun tempatnya kalo bisa bawa diri. semua akan terkendali.
    sekali2 baliklah ke makassar. hehehe

    btw pemandangan nya indah. itu lagi di kapal ya? ap udh nyandar di plabuhan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha, iya bro

      itu pemandangan di kapal, pas masih perjalanan dari ternate ke bacan

      Hapus
  6. wah aku turut mengaminkan doamu yang dikalimat terakhir itu bang..
    emang ga enak jauh dari keluarga, tapi pasti ada hikmahnya :)
    siapa tau rezeki abang di sana lebih bagus drpd di tempat sebelumnya.. aamiin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih ya :)

      aamiin, semoga ga cuma rejeki, tapi semuanya jadi lebih baik :)

      Hapus
  7. Wahh baru tau pulau bacan?? nggak tau liat peta sih gue, jadi nya nggak tau kan tentang negara nya sendiri, parah nya gue ini.

    wah si aabang sampek hapal banget waktu nya kalo naik kapal cepat dan biasa. pesawat juga, berarti udah tau semua nya nih, keren sangat bang, gue belum pernah sama sekali.

    Semoga di tempat yang baru yang tepat nya di pulau bacan, makin lancar riqki nya bnag dan sukses. *aminnn

    BalasHapus
    Balasan
    1. santai aja bib, ga semua orang tau bacan kok
      Indonesia punya banyak banget pulau

      aamiin, makasih bib do'anya

      Hapus
  8. Eh bentar, itu awalnya ke pulau Bacan .. lah kok tiba-tiba tembus Sumatra? Wkwkwkwk pesawatnya muter-muter kali bang :D

    Hemm, jadi pindah ke luar pulau itu karna tuntutan profesi ya. Ada semacam urusan pekerjaan gitu? Atau gimana?
    Btw itu foto2 nya WAW banget, hidup di daerah yang semi-kota jadi sedikit silau sama pemandangan laut kayak begituan. Keren! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha, cuma ke bacan kok, ga sampe sumatra

      iya bro, pindah tugas
      hehe, sini2 main2 ke bacan

      Hapus
  9. namanya agak asing-asing gtu ya.. Indonesia emang punya banyak pulau, tahu 15 pulau yang ada di Indonesia aja udah waw banget tuh.

    Tapi ada baiknya juga ke bacan, jadi bisa nyeritain hal-hal yang bahkan orang Indonesia aja enggak tahu. Terus pengalaman hidup dan wawasan juga terancam bertambah luas, kan asik.

    Semangat dah ya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. yoi, hapal 15 aja bagus

      iya pengalaman baru nih :D

      Hapus
  10. Baru tahu juga kalo ada polu namanya Bacan, tapi kayaknya kalo dilihat-lihat bagus juga tempatnya, enak kayaknya kalo bulan madu, hehe

    Tugas perusahaan emang gak bisa ditolerin, tapi gakpapa, nikmatin aja biar jadi berkah

    BalasHapus
    Balasan
    1. eeemmm, udah mikirin bulan madu bay?
      sama siapa nih? :D

      yoi, semoga jadi berkah

      Hapus
  11. Udah tau kalo ada namanya pulau Bacan. Iya taunya barusan dari baca postingan ini :D

    Keren banget itu pemandangannya. Jadi pengen banget kesana, sometime hahaha

    Percayalah setiap apa yang diberikan Tuhan saat ini pasti yang terbaik untuk ke depannya. Kita nggak selalu tau apa rahasia Tuhan, meskipun terlihat sulit untuk jauh dari keluarga, tapi pasti ada kemudahan kok :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, berarti sebelumnya belum tau dong :D

      pasti ada kemudahan, aamiin

      Hapus
  12. pernah denger..tapi belum pernah kesana...mungkin ada niat buat ngajakin tadabbur alam disana..boleh juga...ekekekekeke

    indah banget pemdangannya...keliatannya sih juga sejuk..keliatannya

    nanti pasti bkal dipertemuai lagi sama sahabat-sahabat..kalau nggak di dunia..mungkin bisa nanti di surga

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh2 tadabur alam di sini

      tapi panas loh, berhubung deket katulistiwa
      yoi, aamiin :)

      Hapus
  13. Sama kayak komentar di atas-atas... Aku juga baru tau kalau ada pulau yang namanya Bacan... Dan keliatannya emejing banget ya... Lagi-lagi ketambahan satu, daftar tempat-tempat yang harus aku kunjungi, Pulau Bacan... Ini kalau dikunjungi bareng temen-temen bakal seru nih...

    Uuuhh... Aku jadi makin kagum aja ama negeri ini... Penuh dengan alam yang menawan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, bahkan banyak banget tempat yang lebih indah yang kita pun belum tahu
      Indonesia emang kaya, sebenernya

      Hapus
  14. Pertama, pasti sedih banget ya saat harus dapet SK harus pindah? Ya meskipun beda tingkatan, tapi aku juga pernah ngerasain lagi nyaman di sebuah tempat, tiba-tiba dapet kabar kalau bapak harus pindah kerja. Otomatis keluarga pun ikut. Sekolahku pun ikut pindah.

    Kedua, ternyata aku masih belum bisa dibilang WNI yang baik. Pulaunya banyak banget jadi nggak begitu hapal. Ya taunya cuma yang 5 besar aja :D btw, pulau Bacan bagus banget ya. Viewnya juga indah. Ya ambil hikmahnya aja, jadi bisa ngeliat view bagus gitu Kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, sk emng memberi sejuta rasa *oposih?

      santai2, banyak temennya kok yang ga tau dimana itu Bacan

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Do'a Anak Kecil Agar Ramadhan Setiap Hari

"Assalamu’alaikum. Mak, Udin habis dari rumah Pak Mamat." Lapor Udin pada Emaknya. Sebulan setelah bulan Ramadhan lewat. "Tapi Pak Mamat udah ga' mau ngasih makan lagi, ga' kaya' kemarin pas puasa. Pak Mamat selalu mau ngasih Udin makan." "Kata Pak Mamat sih buat bayar fidyahnya soalnya ga' kuat kalau puasa. Lucu ya Mak, Pak Mamat kok ga’ kuat puasa. Udin yang kelas 5 SD aja puasa penuh. Pak Mamat kan badannya gede, sehat.” “Eh, tapi ga' papa ding, kan kalau Pak Mamat puasa Udin malah ga' dapat makan. Hahaha....." Udin tertawa, meralat omongannya sendiri. Tapi Emaknya tidak ikut tertawa. "Jarang-jarang kan Udin bisa makan pakai telur, kemarin malah sempat ada potongan ayamnya." Kenang Udin, sambil mengusap air liur yang mengalir di sudut bibirnya. "Kenapa kalau pas bulan puasa orang-orang pada baik ya Mak?"

Ketika Gue Kehilangan Dompet

Bulan kemarin, gue mengalami kejadiaan naas. Bukan, gue bukan ketangkep satpol PP pas mangkal, karena gue ga pernah mangkal. Tapi kejadian naas gue kali ini karena bulan kemarin gue kehilangan dompet. Yap kalian ga salah baca, bulan kemarin gue kehilangan dompet. Dan karena kejadian kehilangan dompet ini gue jadi ga bisa posting selama sebulan. *ok, skip Kronologinya begini, pas hari Minggu gue iseng-iseng masuk atm buat sekedar ngadem sama ngecek saldo. Keluar dari atm dan udah ngestater motor, tiba-tiba muncul tukang parkir dari dalam botol . Gue yang udah niat ngegas terpaksa berhenti cuma buat ngambil duit receh di dompet buat bayar parkir. Setelah itu dompet masuk kantong lagi dengan asal-asalan, dan gue melanjutkan perjalanan buat pulang ke rumah. Gue memilih jalan yang agak sepi, yah siapa tahu ada kuntilanak iseng yang bisa digodain. Jalan yang gue pilih agak menantang, meliuk-liuk dan bergelombang. Singkat cerita gue udah sampai di depan indoapril, soalnya gue haus da

Recycle yang Unreuseable

Akhir-akhir ini gue ngerasa kalau gue harus bisa ikut andil dalam kegiatan menjaga lingkungan, salah satunya dengan melaksanakan prinsip reuse, reduce, recycle. Jadi barang-barang yang semula dianggap sampah bisa dimanfatkan lagi dengan cara digunakan lagi, atau didaur ulang menjadi sesuatu yang bermanfaat, dan kalau memang ga bisa ya dikurangi pemakaiannya. Dengan begitu akan mengurangi jumlah produksi sampah yang mengakibatkan pencemaran lingkungan. Tindakan-tindakan kecil yang udah gue lakuin antara lain gue udah pake botol isi ulang, jadi gue udah ga beli-beli air mineral kemasan lagi biar ga nambah jumlah produksi sampah plastik. Tiap belanja ke indoapril gue juga udah mulai bawa tas sendiri buat ngurangi pemakaian kantong plastik yang ujung-ujungnya juga jadi sampah. Selain itu gue juga ngumpulin foto-foto sama mantan, siapa tau bisa dipakai pas nikahan. *skip Nah kemarin ceritanya gue dapat paket yang pengirimannya dipacking pakai kayu, biar safety dan barang di dalamny