Langsung ke konten utama

Menghargai yang Dimiliki

Seorang cewek bernama Siti, yang berparas biasa-biasa aja tengah terduduk lesu di kamar kosnya yang gelap. Di luar kilat dan rombongan air menetes dari langit. Lampu di kamar kosnya ga bisa nyala, begitu juga di kamar-kamar yang lain. Bukan karena konsleting listrik, bukan juga karena sekeringnya putus, tapi karena kWh meter prabayarnya lupa diisi pulsa.

Berhubung week end, orang di kosnya pada pulang kampung semua. Sedangkan Siti ga bisa pulang karena dia lagi ikut program pelatihan diet massal yang diselenggarakan kampusnya setiap hari Minggu. Otomatis sekarang Siti berteman sepi di kosnya yang gelap.

Siti bingung, galau, pikirannya kalut. Dia bingung mau gimana, dia takut sendirian, gelap-gelapan lagi. Mau beli pulsa di luar hujan, jauh lagi, harus lewat jalan darat 50 km, nyebrang pake boat 40 menit, dilanjut renang diantara buaya. Pokoknya jauh lah.

Di tangan kanannya, Siti udah megang segelas minuman anggur. Saking galaunya Siti sampai haus, untung aja sebelum mati lampu tadi Siti sempet bikin jus anggur duluan.

Di tangan kirinya, Siti megang hape jadulnya. Pada bagian tulis pesan tertulis susunan huruf, yang kalo ga salah isinya kayak gini.

"Bisa minta tolong ga Bang? Siti galau."

Sementara di kolom penerima, tertulis nomer hape Joko, mantannya yang baru aja dia putusin.

Emang sih dulu pas masih masa-masa pacaran, Joko selalu siap sedia ngebeliin pulsa listrik buat Siti. Joko rela naek motor bututnya 50 km, entah itu hujan atau panas terik. Joko rela renang bermil-mil kalo pas ga punya duit buat naik boat. Joko rela bertarung sama buaya. Semua itu demi Siti, biar Siti ga gelap-gelapan.

Ga cuma itu, Joko juga selalu siap sedia kalo dibutuhin. Kalo Siti haus, Joko ngebuatin jus pete. Pas Siti laper, Joko masakin Siti jengkol asam  manis. Kalo Siti sakit, Joko siap ngerokin manggilin mantri. Pokoknya Joko udah pas disebut Pacar Siaga, Pacar Siap Antar Jaga.

Tapi seminggu yang lalu, Siti mutusin Joko karena alesan sepele. Joko ga sengaja bersin pas diajakin makan malem sama keluarga Siti. Cuma itu doang! Habis itu Joko diputusin.

Yah meski sebenernya pas Joko bersin, tangannya ga sengaja nyenggol dengkul Emaknya Siti. Sialnya lagi, pas nyenggol itu tangan Joko sedang megang pisau buat ngiris steak. Jadinya mau ga mau Emaknya Siti di opname dengkulnya 4 hari di RS. Tapi kan Joko ga sengaja.

Sejak saat itulah Siti ga mau komunikasi lagi sama Joko. Berhubung pulsanya habis dan dia emang lagi males ngehubungin Joko. Sms Joko ga pernah dibales. Tiap Joko mencoba nelpon juga selalu direject, tapi ga pake senam direject.

Tapi kini, Siti baru ngerasa kehilangan. Siti bener-bener ngerasa ngebutuhin Joko, hatinya mulai ngerasa bersalah. Tapi untuk ngehubungin Joko duluan, Siti bingung ga tau gimana caranya. Jangan-jangan Joko nanti mikirnya kalo Siti cuma ngehubungin pas lagi minta bantuan doang, begitu pikirnya.

Tak kuasa menahan kegalauannya, Siti pun menenggak jus anggur di tangannya. 5 menit kemudian Siti  tak sadarkan diri, berhubung anggur yang tadi dia buat jus udah kadaluarsa.

*****

Oke, cerita di atas cuma ilustrasi. Pemain-pemain dalam adegan dilakukan oleh stuntman berpengalaman dan ga ada yang terluka. *mulai nglantur.

Pengen ngebahas apa sih nal lo kali ini?

Kali ini gue mau ngebahas trik-trik biar listrik di rumah kalian bisa nyala tanpa kalian ngeluarin duit buat beli pulsa listrik, jadi kalian ga perlu galau kayak Siti. Ikutin langkahnya bener-bener ya, jangan sampai ada yang kelewat.

1. Catat ID Pelanggan dan Nama Pelanggan, kalo ga punya bisa nyatet dari data yang ketempel di kWh meter.

2. Pastikan pulsa lebih dari 1 kWh, jangan sampai nunggu habis duluan, ntar keburu listriknya mati lagi.

3. MCB pada posisi ON, jangan OFF.

4. Pastikan selama ini kWh meter bekerja dengan normal, dalam artian ga ada masalah yang diakibatkan oleh diri sendiri ataupun orang lain.

5. Setelah yakin itu semua, kalian bisa pergi ke tempat yang ngejual pulsa listrik.

6. Buat yang cewek cari penjual yang cowok, yang cowok cari yang cewek. Habis itu kalian spik-spik dah tuh penjual sampai kepikat dan kegoda sama kalian.

7. Nah, kalo penjual udah kegoda kalian bisa minta ke penjual buat ngebeliin pulsa listrik buat kalian.

Udah, gitu aja caranya. Gampang kan?

Hehehe.

Oke fokus, balik lagi ke cerita di atas. Dari cerita di atas kita semua bisa metik mangga hikmah dari kejadian yang dialami Siti. Siti ngerasa kehilangan Joko, ketika dia ngerasa ngebutuhin Joko. Pas dulu dia masih pacaran sama Joko, dia ga begitu bersyukur, dan dia ga begitu sadar seberapa penting Joko buat bulu keteknya, eh buat hidupnya. Siti benar-benar ngerasa kehilangan dan sadar seberapa penting Joko buat hidupnya, setelah dia ga lagi memiliki Joko.

Mungkin ga cuma Siti, tapi kita juga pernah ngalamin masa kayak gitu, ga harus dengan mantan. Seperti gue misalnya, dulu gue punya hape jadul yang baterenya ga habis-habis meskipun tuh hape gue buat nelpon sampai mulut monyong. Udah gitu hapenya serba guna dan tahan banting, udah pernah gue jadiin keset, gue jadiin bola bekel, gue jadiin ganjel pintu, kadang-kadang kalo lagi laper gue jadiin alat buat nyari cacing. *cacingnya gue jadiin umpan mancing.

Habis itu muncul tren hape yang bisa ditunyuk (baca = touchscreen). Berhubung gue anaknya gahol abisss, *gaulnya udah habis, jadi ga gaul gue beli hape model gitu. Gue udah ga mau make hape yang jadul, dan akhirnya gue sumbangin ke Pak RT. Hape yang baru gue jaga banget, ga pernah gue jadiin bola bekel, ga pernah gue jadiin ganjel pintu, cuma gue elus-elus layarnya.

Sekarang gue nyesel, karena kemana-mana harus bawa abang-abang bertenaga (baca = power bank). Hape gue yang baru ternyata baterenya cepet banget habis, apalagi pas gue dapet tugas ke pedalaman daerah yang jarang ada colokannya. Gue jadi kangen sama hape jadul gue yang baterenya ga habis-habis, dan nyesel kenapa dulu harus gue sumbangin ke Pak RT, padahal dia lebih kaya daripada gue.

Emang udah sifat manusia kali ya, yang kadang lupa mensyukuri apa yang dimiliki dan selalu mencari lebih. Padahal ketika kita udah kehilangan apa yang kita miliki kadang kita nyesek banget, nyesel sampai guling-guling.

Dulu, ketika gue lagi asik atau sibuk sama kegiatan, gue juga kadang ngecuekin temen yang ngehubungin gue. Tapi pas gue lagi sepi ga ada kegiatan, ujung-ujungnya gue yang nyesel dan bingung gimana mau ngehubungin mereka lagi.

Semoga aja mulai sekarang kita semua bisa menghargai dan mensyukuri apa aja yang kita miliki untuk saat ini, entah itu pasangan hidup, keluarga, temen, barang, apapun itu.

"Seperti kata pepatah, kita ga akan menyadari pentingnya memiliki sebelum kehilangan. Oleh karena itu, jaga, syukuri serta hargai apa yang kita miliki saat ini. Karena yang sudah hilang, kadang sulit untuk kembali."

Komentar

  1. Asik bangettt diangkat dari pengalaman pribadi nih kayaknya kakakk...iya sih bener, sekali dihappp!! dapaaat..jangan mudah dilepasin...tapi oh tapi, terkadang emang kita harus melepaskan sesuatu yang memang alangkah lebih baiknya dilepaskan demi sesuatu yang lebih baek.

    dan kehilangan memang pasti tidak bisa dipisahkan oleh kehidupan. Toh hidup hanya ada dua macem, bertemu dan hilang, bertemu dan pisah...bertemu dan....putusss...#eaaaaaaaaaaaaaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang hape iyaaa,

      siklus melepas dan hilang emang ada, tapi ketika kita bener-bener menghargai sesuatu yang kita miliki, maka ketika hilang kita ga nyesek-nyesek banget

      trus ngelepasnya juga bukan karena emosi sesaat, tapi dengan persiapan dan pertimbangan matang.

      tapi kalo pacar jangan disiapin buat dilepas juga kali, disiapin buat dinikahin aja. hahaha

      Hapus
    2. iye, lu bener dah lah biar cpet

      Hapus
  2. hihihi ceritanya asik kak, apa lagi cerita situ, masalah sepele banget sama joko, coba kalo di omonginnya baik-baik tuh :D
    oh ya serem juga kalo mau beli pulsa listrik harus melewati jarak yang jauh, belum lagi kalo ketemu buaya. emang di maluku kaya gitu yah kak? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. yoii, kita biasa kok ketemu buaya sama komodo, versi kecil tapi (baca : cicak, kadal) hahaha
      cuma ilustrasi kok, di sini ga parah2 amat, :D

      Hapus
  3. khusus untu triknya harus dilakukan oleh profesional, jam terbang juga menentukan kesuksesan. kalau dilakukan oleh orang-orang yang belumterlatih, niscaya hasilnya juga gak akan sesuai dengan harapan.

    baru sadar kalau selama ini aku jarang bersyukur, baru aja kemarin buang celana dalam. tapi sekarang saat stok celana dalam di lemari habis jadi nyesel banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jiaaaa, celana dalem.
      jangan panik, cemban dapet 3 kok :D

      Hapus
  4. sip broo.. setuju sama luu..
    intinya kalo mau mutusin sesuatu, pikirin dulu matang2.
    dan kita juga mesti belajar menghargai apa yang kita miliki, bersyukur. karena ga semua orang memiliki yg kita miliki

    BalasHapus
    Balasan
    1. yap, betul banget bro.
      karena ada orang yg ga seberuntung kita.

      Hapus
  5. Hahaha... dari awal udah ngelantur. tapi asik sih.. lucu...

    Bener banget tuh. kita itu seringkali lupa dengan hal-hal yang sbnrnya membantu banget buat kita. kita lupa karena udah ketinggalan mode lah, ketinggalan zaman lah, ketinggalan inilah, itu lah.... ah... gubrak...

    Btw, gomongin hp jadul, alhamdulillah gue juga punya hape jadul. kata teman2 gue sih BBS alias black berry senter. serbaguna banget. buat ganjal truk di tanjakan juga bisa. dan alhamdulillah sampai sekarang masih gue rawat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha. BBS.
      rawat yang bener bang, nanti kalo udah beranak pinak gue dikasih satu.

      Hapus
  6. Bener banget. jangan lupa bersyukur atas apa yang kita punya. Ah, postingan ini jadi ngingetin saya buat bersyukur. Makasih sudah ngingetin :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. akhirnya blog ini ada gunanya juga, jadi seneng :D

      Hapus
  7. ini postingan lomba apa gimana?

    eh, tulisanmu bagus loh, cerpennya keren. nilai moralnya dapat banget. tapi harusnya penyesalan si siti lebih di buat nyesal lagi tuh. tips listrik juga keren, cuma di rumahku nggak pakai vocer listrik sih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha, makasih masukannya. bolehlah nanti di lain cerita :D

      Hapus
  8. Benar banget. Hargai apa yang kita miliki saat ini, karena akan begitu terasa saat ia sudah pergi:D

    Cerita Sitinya jadul banget, pake bertarung sama buaya lagi Jokonya. Hehehe. Tapi keren kok. Semangat ngeblog ya:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan jadul kok, tapiii..... *garuk2 kepala

      tau deh settingnya apa, di pelosok tapi ada listrik sama steak jg -_-

      Hapus
  9. Ya ampuuun, sebenernya aku udah kesel pas nyeritain siti eh malah jari trik trik -_- Tapi untung malah ngelanjutin kisahnya siti, good job ka ceritanya bikin aku manyu,kesel,nyengir sendiri.
    Sebenernya cewek tuh ya emang,macem si siti, hal sepeleh bisa bikin ilfeel gak ketulungan dan akhirnya udahin hubungannya, dan yap betul, cewek itu kalo lagi kepepet suka gak tau malu buat minta tolong sama org yg udah diabaikan gitu, kata orang sih, ada butuhnya doang. Tapiiiii, gak semua cewek gitu kok, banyak juga cewek yang nerima apa ada nya si cowok, tapiiiii jangan si cowok itu,plis jangan bikin ilfeel terus -,-

    BalasHapus
    Balasan
    1. eeemmmmmmmmmm
      *mencoba memahami sifat cewek

      Hapus
  10. Ceritanya bagus.
    Makasih ya bro atas triknya, hehehe. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih bro, langsung diparaktekin ya :D

      Hapus
  11. haha gile udah banyak yang komentar nal, keren keren haha sukses nal!

    BalasHapus
  12. Ya ampun Kak tips listriknya bermanfaat banget. Sumpah-_- aku bingung dikira niatnya mau ngasih tips begituan. Habis jauh banget dari judulnya hahaha.

    Ilustrasi yang nyambung sama temanya. Kadang emang bener, aku suka nggak bersyukur sama apa yang dipunya sampe setelah itu hilang, baru ngerasa kehilangan. Ya namanya manusia. Kadang kalo lagi seneng suka lupa sama hal sepele yang mungkin nanti dirindukan.

    Aduh semoga setelah baca postingan ini jadi tambah sadar sama yang namanya menghargai :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. tips listriknya langsung diaplikasiin nih? hehehe. :D

      aamiin, semoga selalu bisa menjadi pribadi yang lebih baik

      Hapus
  13. aku suka gaya tulisan kamu :)
    oyaaa aku uga pake listrik pulsa nih, minimal amperenya berapa sih? soalnya aku isi 20rb tetep ga bisa dipake buat nntn tv huffc

    oke fokus, btw emang bener setiap apa yg sudah kita dapatkan sepantasnya harus disyukuri, jgn sampe sia2in
    (suka kisahnya joko sama siti nih)

    kadang kalao sudah hilang kita baru bisa merasakan kesedihan yg sangat mendalam :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih. :D
      ga bisa nyalain tipi? daya berapa emng?
      silakan hubungi pln terdekat, hehe

      yap, seperti itulah, ujung2nya ngegalau.

      Hapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. keren keren nal :3 telus nulis yaak yee ada temennya nulis cuma aku masih nulis fiksi belum motivasi gini fufufu

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih rik, :D
      semangat dong
      apa perlu motivasi dari si *ehem ? hehehe

      Hapus
  16. Astri Fakhrunnisa28 Mei 2014 pukul 17.15

    Lucuu Nal, untung aku bacanya di Kasur jadi bisa gulung-gulung :D
    Bener banget itu harus menghargai yang dimiliki.
    Aku ngrasain banget setelah Bapak gak ada semakin kesini semakin ngerasa dulu belum bisa bikin bangga beliau.
    Makanya salah satu niat pengen nikah cepet yaa biar bisa segera punya Ayah lagi (mertua) biar bisa belajar lebih menghargai kehadiran Ayah, berusaha terus buat jadi anak sholehah. Meski sosok Bapak gak akan terganti. Eeeh kok malah curhat yaa :|

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo gitu berarti jangan baca di aspal ya :D

      aamiin,semoga bisa nikah secepatnya dan bisa berbakti sama suamidan mertua :)

      Hapus
  17. Tak banyak komentar, intinya Nilainya dapet dari tulisan ini. Maknanya dapet :) Well Done :)

    BalasHapus
  18. aku masih pake pasca bayar, jadinya lebih enak, cuma memang belakangan ini sering mati listrik, entah pemadaman bergilir apa gimana, ga tau juga -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin karena pemadaman, perusahaan listrik sedang kekurangan suply bahan bakar -_-

      Hapus
  19. Meski cerita ending agak aneh nenggak anggur kadaluarsa atau gimana, but saya dapat intinya kok. Bener banget. Hargai apa yang kita miliki. Kalau udah pergi tuh baru kerasa. Sakitnya di sini *nunjuk hati :(

    BalasHapus
  20. haduuuh, ngakak dah baca kisah siti dan joko. segitunya buat beli pulsa listrik, ampe ngelawan buaya segala -_- naah, jus anggur yg diminum siti pke kadaluarsa lagi. lengkap dah tuh penderitaan sisiti.

    bener banget tuh, kita akn menyesal saat sesuatu itu udh gk kita miliki lagi. memang jdi manusia ini harus pandai bersyukur kan yah?

    lagian knapa hp jadulny pke acara dibgiin pak rt sgala? mnding bg k aku *upst*

    BalasHapus
  21. Pertama, ceritanya rada absurd yaaa XD tapi sayang kurang dialog, jadi agak datar-datar gimanaaa gitu. Kedua, kenapa kok ada bagian ttg tips listrik ya di tengah2? Aneh-aneh aja XD Ketiga, ya ampuuun ini gue banget. Dulu, pernah juga sih gak menghargai yg dimiliki. Tapi skrg itu jadi pelajaran buat gue.

    BalasHapus
  22. Maaf nih ya, nggak terlalu ngerti soal cerpen fiksi. Tapi, gaya cerita sampean kaya yang lagi nyerita face to face. Asik sih, gaya cerita yang harusnya serius. Diakhir malah dimuat humor-humor gitu. Dan Tips listriknya juga makasih, tapi di kosan nggak ada make listrik pulsa sih. Oh ya, kok kaya kebalik gitu ya antara si Siti dan Joko, kaya si Joko yang seolah jadi cewenya, nggak bener tuh si Siti.

    Bener banget, hape jadul itu berguna banget kalo pas mau bertugas ke pedalaman. Dan, dizaman modern ini semuanya serba kembali ke jaman dulu deh, sekarang Hp makin gede *tablet*, malah melebihi gedenya hp jadul, tapi tetep nggak tahan banting kaya hp jadul. Dan, nyesek banget tuh, hp jadul disumbangin ke orang yang lebih kaya. ckckck

    BalasHapus
  23. iya, emang kita kita ga akan menyadari pentingnya memiliki sebelum kehilangan.
    di kost, karena aku udah ga tau mau taro baju yg banyak ini dimana, akhirnya aku sortir terus aku jualin sebagian, nah sekarang, aku malah bingung bajuku tinggal sedikit dan uang yang dihasilkan jual baju itu cuma sedikit aja -____-
    yah, intinya kita harus selalu bersyukur sama apa yang udah kita dapat

    BalasHapus
  24. wakakakaka... :v absurd bener bang cerita ilustrasi lo antara siti dan joko, lumayan menghibur :D

    memang bener bang, kita ga akan menyadari pentingnya memiliki sebelum kehilangan. mungkin kita kudu lebih menghargai apa yang udah kita miliki sekarang, tapi kadang kita cuekin yang udah ada dan lebih mengharapkan yang baru. rumput tetangga terlihat jauh lebih hijau -__-

    BalasHapus
  25. Wahahaha, cerita simpel tapi gayanya lebay ala fitri tropica hahaha

    Sekilas karakter si Siti itu manja dan matre, soalnya dia ngerasa kehilangan Joko karena gak ada yang bisa di suruh-suruh. Tapi sebenernya bukan karena bisa di suruh-suruh yang bikin Siti ngerasa nyesel mutusin si joko, tapi dia kangen dengan perhatiannya, so simpel banget ya.

    Joko bisa tuh jadi mantan terindahnya si siti, yah meskipun mukanya kaya knalpot motor misalnya hahaha

    Dan ngomongin listrik, kan kostan gue meterannya satu kamar satu, gue sh gak pernah mati lampu, tapi kadang suka kasian sama kamar sebelah, biasanya kan kalau listriknya mau abis suka bunyi-bunyI gitu, jadi ketahuan lagi bokenya hahaha

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Do'a Anak Kecil Agar Ramadhan Setiap Hari

"Assalamu’alaikum. Mak, Udin habis dari rumah Pak Mamat." Lapor Udin pada Emaknya. Sebulan setelah bulan Ramadhan lewat. "Tapi Pak Mamat udah ga' mau ngasih makan lagi, ga' kaya' kemarin pas puasa. Pak Mamat selalu mau ngasih Udin makan." "Kata Pak Mamat sih buat bayar fidyahnya soalnya ga' kuat kalau puasa. Lucu ya Mak, Pak Mamat kok ga’ kuat puasa. Udin yang kelas 5 SD aja puasa penuh. Pak Mamat kan badannya gede, sehat.” “Eh, tapi ga' papa ding, kan kalau Pak Mamat puasa Udin malah ga' dapat makan. Hahaha....." Udin tertawa, meralat omongannya sendiri. Tapi Emaknya tidak ikut tertawa. "Jarang-jarang kan Udin bisa makan pakai telur, kemarin malah sempat ada potongan ayamnya." Kenang Udin, sambil mengusap air liur yang mengalir di sudut bibirnya. "Kenapa kalau pas bulan puasa orang-orang pada baik ya Mak?"

Ketika Gue Kehilangan Dompet

Bulan kemarin, gue mengalami kejadiaan naas. Bukan, gue bukan ketangkep satpol PP pas mangkal, karena gue ga pernah mangkal. Tapi kejadian naas gue kali ini karena bulan kemarin gue kehilangan dompet. Yap kalian ga salah baca, bulan kemarin gue kehilangan dompet. Dan karena kejadian kehilangan dompet ini gue jadi ga bisa posting selama sebulan. *ok, skip Kronologinya begini, pas hari Minggu gue iseng-iseng masuk atm buat sekedar ngadem sama ngecek saldo. Keluar dari atm dan udah ngestater motor, tiba-tiba muncul tukang parkir dari dalam botol . Gue yang udah niat ngegas terpaksa berhenti cuma buat ngambil duit receh di dompet buat bayar parkir. Setelah itu dompet masuk kantong lagi dengan asal-asalan, dan gue melanjutkan perjalanan buat pulang ke rumah. Gue memilih jalan yang agak sepi, yah siapa tahu ada kuntilanak iseng yang bisa digodain. Jalan yang gue pilih agak menantang, meliuk-liuk dan bergelombang. Singkat cerita gue udah sampai di depan indoapril, soalnya gue haus da

Recycle yang Unreuseable

Akhir-akhir ini gue ngerasa kalau gue harus bisa ikut andil dalam kegiatan menjaga lingkungan, salah satunya dengan melaksanakan prinsip reuse, reduce, recycle. Jadi barang-barang yang semula dianggap sampah bisa dimanfatkan lagi dengan cara digunakan lagi, atau didaur ulang menjadi sesuatu yang bermanfaat, dan kalau memang ga bisa ya dikurangi pemakaiannya. Dengan begitu akan mengurangi jumlah produksi sampah yang mengakibatkan pencemaran lingkungan. Tindakan-tindakan kecil yang udah gue lakuin antara lain gue udah pake botol isi ulang, jadi gue udah ga beli-beli air mineral kemasan lagi biar ga nambah jumlah produksi sampah plastik. Tiap belanja ke indoapril gue juga udah mulai bawa tas sendiri buat ngurangi pemakaian kantong plastik yang ujung-ujungnya juga jadi sampah. Selain itu gue juga ngumpulin foto-foto sama mantan, siapa tau bisa dipakai pas nikahan. *skip Nah kemarin ceritanya gue dapat paket yang pengirimannya dipacking pakai kayu, biar safety dan barang di dalamny