Langsung ke konten utama

Tanjung Bira, Pasir Putih nan Eksotis

Kemaren pas gue di Makassar, gue sempet main ke beberapa tempat wisata di Makassar dan sekitarnya. Salah satu tempat yang gue kunjungi dan sangat berkesan adalah Tanjung Bira. Tanjung Bira atau Pantai Bira nama salah satu pantai destinasi wisata di Sulawesi Selatan. Kalau dari Makassar kira-kira 4 jam perjalanan, naek mobil loh bukan jalan kaki.

Awalnya gue ga ngeh kalau ada pantai indah di Sulawesi Selatan, sampai salah satu temen ngasih foto, pamer dia pernah ke Tanjung Bira. Pas lihat foto yang dipamerin sama temen gue, langsung gue excited. Pengen kesana sampe ngiler-ngiler. *iya ngiler, di depannya ada ayam panggang.

Gue mulai nyari-nyari temen yang mau diajakin ke sana. Bagai gayung bertemu air *peribahasa apaan? Pas gue mau nyari temen ke sana, ada temen dari kantor lain yang ngajakin duluan. Ga gue sia-siain ajakan temen, gue sambut dengan pelukan hangat. *oke, ini juga cuma peribahasa.

Setelah rencana yang disusun busuk matang, akhirnya gue sama 7 orang temen berangkat ke Tanjung Bira dengan mobil sewaan. Berangkat Sabtu pagi, sesek-sesekan di mobil selama 4 jam ga kerasa, berhubung di jalan ketawa ketiwi saling ledek satu sama lain.
Sayang, pas di jalan ketemu sama pete-pete nyungsep ke kali. Ini bukan nama makanan bau yang nyemplung ke kali ya, di Makassar pete-pete itu nama laen dari angkot.

Buat pengalaman biar hati-hati kalau di jalan.

Setelah 4 jam perjalanan, akhirnya sampai juga di Tanjung Bira, gue speechless. Bukan karena kagum, tapi laper. *hehehe.

Ga ding, gue kagum kok. Sama pasir putih dan beningnya air di Tanjung Bira.

Tanjung Bira

Noh fotonya, gimana ga kagum coba. Subhanallah banget dah.

Sayang, baru nyampe dan foto beberapa kali kami disambut sama tetesan air dari atas, alias hujan. Sambil nangis berlapang dada, kami pun memutuskan nyari penginapan. Dapetlah penginapan berupa kamar rumah panggung.

Penginapan = Tempat Menginap

Setelah solat ashar, alhamdulillah hujan reda. Dengan semangat sentosa, kami kembali ke pantai, menyerbu sisi pantai yang sepi. Kata orang sih emang lebih privat, soalnya emang jalan ke sana lebih susah daripada pantai yang utama, harus lewat jalan batu di antara hutan-hutan belantara. *lebay.

Perjalanan kami ga sia-sia, nemu pantai yang beneran sepi, bagus dengan pasir putih selembut tepung. Di sana cuma ada beberapa orang, ada bule sama anak-anaknya juga yang lagi main pasir bikin istana-istanaan. Pengen kenalan ikutan bikin istana-istanaan sebenernya, tapi indahnya pantai lebih membuai. *opo sih?

Pasir Putih nan Eksotis

Puas-puasin main di pantai sama berenang. Sambil menikmati indahnya senja Tanjung Bira. Menunggu waktu matahari tenggelam meninggalkan warna jingganya.

Matahari Senja Tanjung Bira

Puas melototin matahari, dan nunggu dia nyungsep ke tempatnya. Kami pulang ke penginapan. Persiapan buat hari minggunya.

*****

Hari minggu pagi, kami nyewa perahu kecil menuju ke spot snorkling. *aye. Perjalanan menuju spot snorkling dapet momen matahari yang mulai kelihatan.

Matahari Pagi Tanjung Bira

Di perahu gue ngambil posisi di posisi paling depan. *feel like luffy. Biar bisa puas nikmatin pemandangan.

Feel Like Luffy

Sampai di spot, gue speechless lagi. Liat susunan karang yang terliat dari beningnya air.

Foto Kaki Karang

Sempet foto kaki, biar dikira gaul juga. Hahahaha

Foto Karang yang Asli

Cakep kan? Mana airnya bening lagi. Dsana kami puas-puasin snorkling, berenang kesana kesini.

Itu Gue

Cukup lama snorkling, sampai waktupun ga kerasa kalau udah lama berendam di air. Mengingat waktu, acara snorkling pun terpaksa kami akhiri.

Habis snorkling, kami makan siang, dilanjut berbanana boat ria. Dan cuma gue yang bisa bertahan di atas boat. *sombong.

Acara terakhir kami pulang, sempet juga mampir ke tempat pembuatan kapal phinisi, berhubung tempatnya deket. Gede juga ternyata tuh kapal.

Kapal Phinisi Belum Jadi

Dalemnya ternyata gede banget, padahal belum jadi. Kebayang kan kalau udah jadi segede apa. Pantesan harganya mahal. Jadi bangga sama Indonesia.

Bagian Dalem Kapal Phinisi

Oke, Sekian dulu gue ceritain tentang liburan singkat gue. Semoga di laen waktu gue bisa liburan lagi dan berbagi cerita ke kalian, biar kalian iri bisa ikut nikmatin liburan gue. Bagi yang belum puas liat fotonya, bisa kalian lihat disini.

1. wuihh seru banget bisa snorkling. gue sendiri dari kecil pengen banget bisa ngerasain menyelam sambil melihat keindahan karang. tapi gak pernah kesampaian karna lokasi gue cukup jauh dari tempat-tempat seperti itu. subhanallah banget pemandangan pantainya. apa lagi sunsetnya. pantainya juga bersih ya.
    nah kalau lokasi pembuatan kapal sih gue pernah lihat, tapi gak segede yang itu deh kayaknya. dan itu udah lama banget.

oh iya, gue kira tadi beneran pete yang nyungsep ke kali. :D

1. hahaha, pete-pete rit

tenang, gue udah bagi-bagi fotonya kok
      biar kalian bisa ikut nikmatin gitu :D

Hapus
  2. pertama kali bacanya aku kira tanjung bra hahahhahaha ternyata tanjung bira.

penginapannya perkamar apa rame2 men...

itu di fotonya kelihatan kok warna air nya juga putih ya... pas dipantai.

1. bro, bira bro bira

perkamar buat rame2, hehehe
      biar irit :D

iya, pasirnya alus banget soalnya,
      analisis gue sih karena saking alusnya jadi kecampur sama air laut dan jadilah air putih *ojopercoyo

3. anjrti!! snorkling men.. *lebay
    seumur hidup gue belum pernah ke pantai dan bisa snorlking-ria kek gitu. bener2 bikin iri ajah nih.

itu ngiinepnya bayar? atau gratis (mental gratisan) ;))

1. hahaha, enak loh snorkling
      gue sampai beli alatnya sendiri buat snorkling

bayar lah bro, lumayan bikin perih itu penginapannya

Hapus
  4. postingannya bikin envy!
    tanjung bira alami bgt dgn pasir putihnya.
    palagi sambil snorklingan, makin asyik deh tamasyanya.
    itu di sulawesi selatan ya.
    pengen ke sana -___-

1. iya, di pucuknya sulawesi selatan

gue juga pengen kesana lagi kok, ketagihan
      hehehe

Hapus
  5. Wuiihh gilaa.. Pasir putihnya awsomee!!
    Gue baru denger nih tentang tanjung bira. Apalagi perjalannya dari makasar cuma 4 jam. Kalo di tempat gue, pengen lihat pantai kek gitu harus nyebrang pake perahu dulu trus sampe ke pulaunya. Haha.. :D
    Snorkling pulaakk... Airnya jernihh. Kerenn dah. Kalo ke makasar bisa nih singgang ke tanjung bira. :D

1. iya, di makassar juga ada yang deket kok
      cuma setengah jam dari makassar

tapi ya ga sebagus tanjung bira juga
      udah pernah gue posting, bisa dibaca di http://www.anewsimplelife.com/2014/04/samalona-pantai-penuh-pesona.html :D

Hapus
  6. woooowwww, indahhh banget Nal.

gw pernah ngerasain sensasi bermain dipasir puti di bengkulu.
    memang pantai selalu menyimpan keindahan nan eksotisss.
    bawa akuuuu ke tanjung biraaaa Zainaaaaal :D *lebay

1. yoiii, pantai emang indah dan eksotis

haha, boleh2, pakai pintu kemana aja ya

7. iya, niatnya kan emang bikin iri, eh berbagi maksudnya
    hehehe

iyaa, deket sama tanjung bira tempatnya

8. Langsung saya masukin agenda!!

9. Pasir di pantainya keren banget. Aaaaaak, belum kesampaian mau kesana dari tahun lalu. Semoga tahun ini bisa. Aamiiin.

Kapalnya itu besar banget yak? Wah, bisa dimasukkan ke agenda juga tuh, biar tahu sejarah kalau Indonesia tuh keren, bisa buat kapal gede juga.^^

Hiks, pengin snorkling kaya gitu. Kapan ya bisa? *mupeng

1. iya, gede buanget
      semakin gede semakin mahal

ayo snorkling bareng2 :D

Hapus
  10. giilaaa indah banget pantai nya di Tanjung bira. terutama foto pas matahari tenggelam itu. senja nya muncrat wkwk. sumpah itu keren banget, meskipun senja nya cuman keliatan sebagian sih.

keesokan harinya lo lanjut snorkling. mantep banget tuh snorkling sambil melihat terumbu karang yang indah banget. memang lautan di Indonesia ini penuh dengan keindahannya.

bangga sama Indonesia!

1. iyaa, ga ada habis2nya sebenernya nyari keindahan alam Indonesia
      gue juga bangga, sama alamnya :D

Hapus
  11. waaaah, keren banget kakak, udah gitu liat sunset sama sunrise juga. udah gitu duduk di kapalnya super songong di pucuknya gtu..udah gitu meliuk liuk di atara terumbu karang terus poto, udah gitu kagak ngajak ngajak. udah gtu aja.

Balasan
    1. udah gitu pengen, udah gitu nangis minta diajak, udah gitu ngambeg, udah gitu ngaku rapopo, udah gitu aja.

Hapus

Postingan populer dari blog ini

Do'a Anak Kecil Agar Ramadhan Setiap Hari

"Assalamu’alaikum. Mak, Udin habis dari rumah Pak Mamat." Lapor Udin pada Emaknya. Sebulan setelah bulan Ramadhan lewat. "Tapi Pak Mamat udah ga' mau ngasih makan lagi, ga' kaya' kemarin pas puasa. Pak Mamat selalu mau ngasih Udin makan." "Kata Pak Mamat sih buat bayar fidyahnya soalnya ga' kuat kalau puasa. Lucu ya Mak, Pak Mamat kok ga’ kuat puasa. Udin yang kelas 5 SD aja puasa penuh. Pak Mamat kan badannya gede, sehat.” “Eh, tapi ga' papa ding, kan kalau Pak Mamat puasa Udin malah ga' dapat makan. Hahaha....." Udin tertawa, meralat omongannya sendiri. Tapi Emaknya tidak ikut tertawa. "Jarang-jarang kan Udin bisa makan pakai telur, kemarin malah sempat ada potongan ayamnya." Kenang Udin, sambil mengusap air liur yang mengalir di sudut bibirnya. "Kenapa kalau pas bulan puasa orang-orang pada baik ya Mak?"

Ketika Gue Kehilangan Dompet

Bulan kemarin, gue mengalami kejadiaan naas. Bukan, gue bukan ketangkep satpol PP pas mangkal, karena gue ga pernah mangkal. Tapi kejadian naas gue kali ini karena bulan kemarin gue kehilangan dompet. Yap kalian ga salah baca, bulan kemarin gue kehilangan dompet. Dan karena kejadian kehilangan dompet ini gue jadi ga bisa posting selama sebulan. *ok, skip Kronologinya begini, pas hari Minggu gue iseng-iseng masuk atm buat sekedar ngadem sama ngecek saldo. Keluar dari atm dan udah ngestater motor, tiba-tiba muncul tukang parkir dari dalam botol . Gue yang udah niat ngegas terpaksa berhenti cuma buat ngambil duit receh di dompet buat bayar parkir. Setelah itu dompet masuk kantong lagi dengan asal-asalan, dan gue melanjutkan perjalanan buat pulang ke rumah. Gue memilih jalan yang agak sepi, yah siapa tahu ada kuntilanak iseng yang bisa digodain. Jalan yang gue pilih agak menantang, meliuk-liuk dan bergelombang. Singkat cerita gue udah sampai di depan indoapril, soalnya gue haus da

Recycle yang Unreuseable

Akhir-akhir ini gue ngerasa kalau gue harus bisa ikut andil dalam kegiatan menjaga lingkungan, salah satunya dengan melaksanakan prinsip reuse, reduce, recycle. Jadi barang-barang yang semula dianggap sampah bisa dimanfatkan lagi dengan cara digunakan lagi, atau didaur ulang menjadi sesuatu yang bermanfaat, dan kalau memang ga bisa ya dikurangi pemakaiannya. Dengan begitu akan mengurangi jumlah produksi sampah yang mengakibatkan pencemaran lingkungan. Tindakan-tindakan kecil yang udah gue lakuin antara lain gue udah pake botol isi ulang, jadi gue udah ga beli-beli air mineral kemasan lagi biar ga nambah jumlah produksi sampah plastik. Tiap belanja ke indoapril gue juga udah mulai bawa tas sendiri buat ngurangi pemakaian kantong plastik yang ujung-ujungnya juga jadi sampah. Selain itu gue juga ngumpulin foto-foto sama mantan, siapa tau bisa dipakai pas nikahan. *skip Nah kemarin ceritanya gue dapat paket yang pengirimannya dipacking pakai kayu, biar safety dan barang di dalamny