Langsung ke konten utama

Jungwok

Jungwok? Apaan itu? Sejenis momok ya?

Hehehe, sengaja gue ngasih judul satu kata biar kalian penasaran. Jungwok tuh sebenernya nama salah satu pantai di Gunung Kidul.

Kok namanya Jungwok?

Kalau kalian nanya ke gue, gue nanya ke siapa dong? Hehehe. Jujur gue juga ga tahu kenapa bisa dinamain Jungwok, jomplang banget sama nama pantai di sebelahnya, Sri Wedari.

Jadi ini cerita gue dulu pas masih kuliah, *iya, dulu gue pernah kuliah.

Rencana awalnya kami mau main ke Pantai Sri Wedari. Kami berangkat malam hari dan nginep di rumah temen di Jogja, biar paginya bisa langsung berangkat ke pantai dan bisa puas-puas ke pantainya.

Pagi harinya kami langsung meluncur ke arah pantai, seperti rencana awal ke arah Pantai Sri Wedari. Tapi pas mau sampai ke pantai yang dituju, ternyata di tengah jalan kami ketemu sesuatu. Kami ketemu sama raksasa. Iya raksasa. Coba bayangin.

. . . . . . . . . . . . . . . . . . . 

Udah bayangin?

Padahal gue cuma becanda, hahaha. *tertawa puas.
Di tengah jalan kami ketemu plang penunjuk arah yang ditulis pakai arang pada sebuah papan, tulisannya Jungwok dan dikasih arah panah. *kalau ini serius.

Waktu ngelihat plang itu, kami masang wajah bingung. Saling melempar tanya apa itu Jungwok, sejenis makanan, atau binatang spesies baru, atau malah sejenis genderuwo.

Akhirnya daripada berasumsi ngawur, kami semua pun mencari pencerahan dari bapak-bapak yang kami temui. Dari bapak-bapak itu akhirnya kita tahu bahwa Jungwok itu bukan nama makanan, apalagi nama makhluk halus. Tapi Jungwok itu nama pantai.

Alih-alih ke Pantai Sri Wedari, kamipun akhirnya melenceng dan murtad dari rencana semula. Yang semula berniat ke Pantai Sri Wedari, selanjutnya kami memutuskan main ke Pantai Jungwok itu. Tapi berhubung kata bapak-bapak jalan ke Pantai Jungwok susah dilewati mobil, dan jarak tempat parkir Pantai Sri Wedari emang udah deket, kamipun memutuskan parkir mobil disana dan melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki.

Lumayan jauh sih, lebih dari 100 dekameter. Noh bayangin jauhnya.

Tapi perjalanan yang cukup melelahkan kami terbayar ketika melihat pemandangan pantai dari atas.


Ombak yang berdeburan serasa melambai-lambai mengajak dan meminta dihampiri. *oposih?

Pas beneran sampai di tempatnya, kita diem, bingung dan akhirnya guling-guling. Iya, kami bingung soalnya dsana ga ada orang sama sekali. Di sana cuma ada gue dan temen-temen gue aja. Jadi meskipun kecil, tapi serasa pantai milik sendiri, saking sepinya.

Karena saking sepinya itu kami sampai berprasangka jangan-jangan kami udah pindah dunia. *lebay.

Karena masih sepi itu, pantainya masih bersih. Saking jarangnya kesentuh tangan manusia kali ya.


Kamipun puas-puasin main di Pantai Jungwok, kayak anak ayam yang ga pernah lihat pantai. Lari dari ujung ke ujung. Nyari keong-keongan. Mainan ombak. Berhubung ga ada orang lain yang ngelihat, kami serasa balik lagi ke masa kecil. Ga ada jaim-jaiman deh. Udah kayak anak kecil semua.


Tapi pas ada yang kebelet, kami jadi bingung. Iya, ga ada kamar kecil di sana. Ya mau ga mau yang kebelet kencing di belakang pohon, padahal jujur gue juga ga tahu bagian belakangnya pohon tuh sebelah mana. Hehehe.
Sayang siang hari mendung datang, dan memaksa kami untuk pulang.

Untuk yang pengen lihat foto-foto lainnya bisa dilihat di sini.

Komentar

  1. hmm...jadi kamu Travelnista. Lu Travel dan Lu Nista :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, sepertinya begitu :D
      keduanya sangat cocok dipadukan.

      Hapus
  2. Keren euyyy....kayak Pantai Sawarna di Banten =9

    BalasHapus
    Balasan
    1. yoii, dan yang jelas masih sepi loh itu :D

      Hapus
  3. take me kakaaaaakkkk....take me thereeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Do'a Anak Kecil Agar Ramadhan Setiap Hari

"Assalamu’alaikum. Mak, Udin habis dari rumah Pak Mamat." Lapor Udin pada Emaknya. Sebulan setelah bulan Ramadhan lewat. "Tapi Pak Mamat udah ga' mau ngasih makan lagi, ga' kaya' kemarin pas puasa. Pak Mamat selalu mau ngasih Udin makan." "Kata Pak Mamat sih buat bayar fidyahnya soalnya ga' kuat kalau puasa. Lucu ya Mak, Pak Mamat kok ga’ kuat puasa. Udin yang kelas 5 SD aja puasa penuh. Pak Mamat kan badannya gede, sehat.” “Eh, tapi ga' papa ding, kan kalau Pak Mamat puasa Udin malah ga' dapat makan. Hahaha....." Udin tertawa, meralat omongannya sendiri. Tapi Emaknya tidak ikut tertawa. "Jarang-jarang kan Udin bisa makan pakai telur, kemarin malah sempat ada potongan ayamnya." Kenang Udin, sambil mengusap air liur yang mengalir di sudut bibirnya. "Kenapa kalau pas bulan puasa orang-orang pada baik ya Mak?"

Ketika Gue Kehilangan Dompet

Bulan kemarin, gue mengalami kejadiaan naas. Bukan, gue bukan ketangkep satpol PP pas mangkal, karena gue ga pernah mangkal. Tapi kejadian naas gue kali ini karena bulan kemarin gue kehilangan dompet. Yap kalian ga salah baca, bulan kemarin gue kehilangan dompet. Dan karena kejadian kehilangan dompet ini gue jadi ga bisa posting selama sebulan. *ok, skip Kronologinya begini, pas hari Minggu gue iseng-iseng masuk atm buat sekedar ngadem sama ngecek saldo. Keluar dari atm dan udah ngestater motor, tiba-tiba muncul tukang parkir dari dalam botol . Gue yang udah niat ngegas terpaksa berhenti cuma buat ngambil duit receh di dompet buat bayar parkir. Setelah itu dompet masuk kantong lagi dengan asal-asalan, dan gue melanjutkan perjalanan buat pulang ke rumah. Gue memilih jalan yang agak sepi, yah siapa tahu ada kuntilanak iseng yang bisa digodain. Jalan yang gue pilih agak menantang, meliuk-liuk dan bergelombang. Singkat cerita gue udah sampai di depan indoapril, soalnya gue haus da

Recycle yang Unreuseable

Akhir-akhir ini gue ngerasa kalau gue harus bisa ikut andil dalam kegiatan menjaga lingkungan, salah satunya dengan melaksanakan prinsip reuse, reduce, recycle. Jadi barang-barang yang semula dianggap sampah bisa dimanfatkan lagi dengan cara digunakan lagi, atau didaur ulang menjadi sesuatu yang bermanfaat, dan kalau memang ga bisa ya dikurangi pemakaiannya. Dengan begitu akan mengurangi jumlah produksi sampah yang mengakibatkan pencemaran lingkungan. Tindakan-tindakan kecil yang udah gue lakuin antara lain gue udah pake botol isi ulang, jadi gue udah ga beli-beli air mineral kemasan lagi biar ga nambah jumlah produksi sampah plastik. Tiap belanja ke indoapril gue juga udah mulai bawa tas sendiri buat ngurangi pemakaian kantong plastik yang ujung-ujungnya juga jadi sampah. Selain itu gue juga ngumpulin foto-foto sama mantan, siapa tau bisa dipakai pas nikahan. *skip Nah kemarin ceritanya gue dapat paket yang pengirimannya dipacking pakai kayu, biar safety dan barang di dalamny