Langsung ke konten utama

Waktu, yang Tak Bisa Dibeli

Banyak yang bisa gue beli pakai uang hasil ngejual keringet sendiri ketika udah masuk ke dunia kerja, yang belum tentu bisa gue beli waktu gue masih sekolah ataupun kuliah. Padahal gue juga bingung, siapa yang mau beli keringet yang wangi bau itu. Hehehe.

Ga kayak masa-masa sekolah ataupun kuliah, ketika uang saku gue terbatas, dan ngikutin alur keuangan orang tua. Ketika orang tua rejekinya lancar, uang saku guepun mengalir deras. Ketika rejeki orang tua agak seret, guepun minum obat pencahar biar lancar, eh maksudnya uang saku gue memprihatinkan.

Kalau gue pengen beli sesuatu, gue harus pikir-pikir gimana kondisi keuangan orang tua. Apalagi gue berasal dari keluarga biasa-biasa aja. Gue ga mungkin minta duit ke orang tua buat sekedar beli barang yang ga mendesak sifatnya kalau ga kepaksa. Jadi dulu pas sekolah atau kuliah kalau gue pengen beli sesuatu dan harganya jauh di atas uang saku, ya ujung-ujungnya ngepet, eh nabung maksudnya. Kalaupun minta ke orang tua cuma dipakai buat subsidi, kalau uang tabungan gue masih kurang.

Gue biasa ngumpulin uang jajan buat beli barang yang emang gue kepengen banget beli. Kayak dulu pas lagi musim-musimnya hape n gage. Gue yang emang dasarnya anak gahol abisss, ga mau ketinggalan pengen punya hape model gituan. Tapi berhubung harganya tinggi, *yang jualan di lantai 3 ya gue ga bisa langsung beli.

Gue pun mulai rajin nabung, sedikit demi sedikit. Kalau dikasih uang saku ditabung, gue bahkan rela puasa Senin - Kamis *Senin sampai Kamis loh, bukan cuma hari Senin sama hari Kamis. Tapi pas uangnya udah kumpul, malah gue ga jadi beli.
Kenapa? Karena gue nabungnya 4 tahun, jadi udah ga model lagi hape gituan. hehehe.

Gue ga jadi beli, karena setelah mikir-mikir lagi pengorbanan gue buat ngumpulin duit ga sepadan kalau cuma dituker sama sebatang hape. Dan gue lebih memilih beli sekarung beras buat gue sumbangin ke yang membutuhkan. *hoax.

Atau dulu pas jamannya kuliah, gue pengen banget punya laptop spek tinggi yang kalau maen PES gue bisa ikutan nendang wasitnya bolanya, atau kalau pas dipakai nonton Spiderman, si Mary Jane bisa keluar. Kan mantep, jadinya gue bisa semangat ngerjain tugas.

Tapi berhubung laptop yang speknya kayak gitu harganya aje gile, ya gue harus terima kenyataan kalau duit hasil tabungan ditambah subsidi orang tua masih belum cukup buat beli laptop kayak gitu. Bisa beli laptop aja gue udah bersyukur.

Nah pas gue udah mulai kerja, gue mulai bisa beli barang yang gue pengen. Pas gue pengen sesuatu bisa kebeli, jikapun gue perlu nabung, nabungnya ga bakal kelamaan. Selain itu gue udah ga perlu minta subisidi ke orang tua lagi.

Pas gue pengen beli hape, bisa kebeli. Pas gue pengen beli baju baru, bisa kebeli. Pas gue pengen makan enak, bisa kebeli. Pas gue pengen Lamborghini Veneno, belum bisa kebeli. hehehe.

Ga semua juga bisa gue beli, tapi seengga'nya kondisi keuangan gue lebih baik daripada jaman gue sekolah atau kuliah. Kondisi keuangan gue ga lagi tergantung sama kondisi keuangan orang tua.

Tapi ada satu hal yang ga bisa gue dapetin sebanyak waktu gue sekolah ataupun kuliah, dan pakai uang pun gue ga bisa beli. Apa itu? T-I-M-E a.k.a waktu.

Dulu pas gue sekolah dan kuliah, kewajiban gue selain ibadah dan menghormati orang tua ya belajar dan ngerjain tugas. Waktu luang gue banyak banget. Dengan waktu luang yang banyak, gue bisa maen ataupun sekedar nongkrong sama temen-temen. Gue bisa travelling ke tempat-tempat yang asik. Gue bisa ngelakuin apa yang gue suka. Gue biasa ngembangin hobi dan bakat gue. Gue bisa dateng ke acara yang menarik.

Sekarang, ketika gue udah kerja, waktu buat diri gue sendiri berkurang. Tanggung jawab gue semakin besar, karena apa yang gue kerjakan berimbas langsung sama keuangan gue.

Maksudnya apaan sih?

Maksudnya gini loh, ketika gue masih sekolah atau kuliah dulu, kalau gue males ngerjain tugas dan lebih milih maen, gue ngerjain tugas elek-elekan atau asal-asalan. Efeknya? Ya cuma nilai gue yang jelek, uang saku masih sama. Atau kalau pas ada acara yang lebih menarik daripada belajar di kelas *kayaknya semua acara lebih menarik daripada belajar di kelas gue bolos. Efeknya? Ya paling dimarahin sama guru atau dosen, mentok-mentoknya paling diskors. Intinya apapun yang gue lakuin, ga berimbas langsung ke uang yang masuk ke saku gue. Kalaupun berkurang paling juga cuma buat beberapa hari, kalau udah pasang tampang melas dan orang tua udah ga tega ya balik lagi seperti semula. hehehe.

Bukannya gue ngajarin supaya kalian elek-elekan ya, soalnya apapun yang kalian kerjakan tetep berpengaruh sama masa depan kalian sendiri, meskipun ga secara langsung. Kan diri kalian sendiri yang bertanggung jawab sama masa depan masaing-masing. *nah lo.

Sekarang, ketika gue udah kerja, kalau gue mau kerja elek-elekan selain kena teguran juga berimbas langsung sama pendapatan. Uang yang masuk ke saku berkurang. Kalau ada acara yang menarik dan bentrok sama waktu kerja, gue tetep harus milih kerja. Kenapa? Ya kalau gue bolos, gue kena teguran, pendapatan berkurang, ujung-ujungnya dipecat.

Dan satu lagi yang bikin nyesek, waktu libur gue berkurang drastis. Kalau biasanya habis semesteran, gue bisa libur lamaaaaa banget, sampai kalau udah waktunya masuk gue lupa caranya nulis. Waktu libur itu biasa gue manfaatin buat maen bareng keluarga ataupun temen-temen.

Tapi sekarang? selain waktu libur yang berkurang, gue juga udah jarang maen bareng temen-temen gue. Karena mereka juga udah punya tanggung jawab atas kerjaan mereka sendiri. Kalaupun emang dikasih jatah cuti sama perusahaan, waktu gue cuti sama waktu cutinya temen yang lain juga belum tentu sama. Selain itu waktu cuti yang terbatas memaksa gue untuk lebih mengutamakan quality time sama keluarga.

Kalau pengen balik lagi ke masa-masa sekolah ataupun kuliah, jujur gue pengen banget bisa balik lagi. Tapi sayang, uang yang gue kumpulin pun ga bisa gue pakai buat ngebeli waktu. Makanya kalau lihat anak yang suka anti sosial dan menghabiskan waktu dengan mengurung diri di rumah, gue ikut prihatin.

Kenapa? Karena gue dulu sempet jadi orang yang anti sosial, meskipun cuma sebentar. Dan itu masih gue sesali, bahkan sampai sekarang. Gue kehilangan sepenggal moment yang harusnya bisa jadi lebih indah buat dikenang, daripada moment mengurung diri di kamar sambil ngegalau.

Akhir kata, gue cuma mau ngasih tau ke kalian adek-adek yang manis, yang masih duduk ataupun berdiri, jongkok pun ga apa-apa, yang jelas status kalian masih sebagai pelajar ataupun mahasiswa. *jujur gue berasa tua dewasa.


Komentar

  1. yups..
    bagaimanapun, waktu gak akan pernah bisa ke beli, semakin dewasa semakin sempit pula waktu yang terasa dimiliki...

    BalasHapus
    Balasan
    1. yoi jim, kita ga bisa ngebeli yang namanya waktu
      semoga kita selalu bisa menghargai waktu :)

      Hapus
  2. betul!betapa berharga'y waktu hingga byk surat di alqur'an yg di awali dgn waktu.... wal-ashr... wadh-dhuhaa...

    BalasHapus
  3. hiksss... sedih bacanya... :(
    tapi jadi dapat pelajaran berharga bahwa kita harus bisa manfaatkan waktu sebaik mungkin... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga kita selalu bisa introstop, eh intropeksi diri ya
      :D

      Hapus
  4. iya bener, ketika kecil pengen cepetan gede.. ketika gede ingin kembali ke masa kanak-kanak.. terkadang prosesnya itu yang sulit dilupakan..

    masa kecil itu never dies lah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. masa kecil emang never dies kok :D

      sekarang gue juga pengen balik lagi ke masa kecil

      Hapus
  5. jiahh waktu kurang dikit aja drama banget lu akh. Besoknya gue juga ikutan ndrama.

    Pingin punya waktu quality? Makannya impian "punya usaha yang tetep jalan walaupun ditinggal jalan2" segera di realisasi! Lamborghini bisa kebeli, waktu buat boker ga keganggu, dan yg penting waktu nyari selingkuhan juga makin banyak. Jangan lagi berprinsip TALK LESS DO MORE karena itu prinsipnya karyawan tingkat bawah, Sekarang saatnya berprinsip CEO:

    "DOING LESS, GETTING MORE".

    BalasHapus
  6. Uang emang bisa beli banyak hal, tapi ada beberapa hal yang nggak bisa dibeli. Contohnya waktu. Kebahagiaan juga.

    Btw, bacanya jadi sedih. Huhu... Aku juga termasuk orang yang jarang main. Mungkin mainnya sama orang-orang terdekat aja. Habisnya kadang suka nggak nyaman kalo main sama yang rame-rame gitu. Tapi kalo nyamannya diem di rumah gimana? :D

    Hikmahnya, hargai waktu karena kita nggak akan pernah kembali meski sedetik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha, coba main temen baru yang baik2
      temen2 BE misalnya:D

      seengga'nya coba manfaatin waktu sebaik mungkin :)

      Hapus
  7. aku setuju karo sampeyan mas zainal :D
    aku kok dadi terharu kelingan masa mas kuliah berbanding terbalik karo saiki

    BalasHapus
  8. Iya. benar. waktu kecil dulu, waktu terasa berjalan lambat. dari kelas satu naik ke kelas 2 aja rasanya harus nunggu setahun. *eh, emang setahun ya.... duh...

    Tapi sekarang, nggak terasa, baru pulang kerja, pulang, besoknya udah kerja lagi. duh. waktu berlalu begitu cepat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yoi bro, yang sama2 udah ngrasain nih :D

      Hapus
  9. oh, mas nya udah tua yah,, iyain aja deh. Coba deh rasain kalo udah berkeluarga, punya anak-istri, punya kerjaan utama, punya kerjaan sampingan, nyari panggung sana sini, pulang ga bawa uang.. tapi tetep bagaimanapun, kebahagiaan orang yang kita sayangi itu adalah kebahagaan buat kita sendiri,, ciaelah

    BalasHapus
    Balasan
    1. ciaelah, masnya juga udah tua ya?
      hahaha

      kebahagiaan orang yang kita sayangi adalah kebahagiaan buat kita sendiri, bijak sekali ya :D

      Hapus
  10. waktu itu emang berharga banget dan gak bisa di beli dengan uang. gue baru aja udah ngelewatin masa-masa SMA, Bang, dan alhamdulillah gue menggunakan waktu masa SMA dengan baik. gue bener-bener ngerasain apa yang orang bilang kalo masa SMA itu emang masa yang paling indah.

    tapi setelah SMA ini tentu saja kehidupan pasti berubah. mau gak mau gue juga harus kuliah atau bekerja. jadi porsi waktu luang gue juga pasti akan semakkin berkurang, apalagi kalo udah kerja nanti.

    kalo urusan uang sih bener banget apa kata lo, Bang. waktu SMA emang gue sering banget kekurangan uang, dan ujung-ujungnya minta orang tua, tapi gue masih punya banyak waktu luang. tapi kalo udah kerja besok, gue punya uang banyak, tapi waktu yang semakin menipis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yoii, selamat ya yang udah mau kuliah :D

      semoga waktu kuliah nanti lebih indah daripada masa SMA :)

      Hapus
  11. Waktu dan kesempatan emang hal yang paling berharga bro.

    uang banyak ga ngejamin akan datang waktu lalu yang ingin kita rasain,
    well, saking berharganya waktu, kadang kita juga begitu merindukan sedetik saja yang baru kita lewati.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yoi mel, semoga kita selalu bisa menghargai waktu ya
      meskipun cuma sedeti

      Hapus
  12. sok tua...!!!
    sok bijak...!!!
    bakar...!!!

    penyesalan pasti datangnya terlambat, tapi masih ada waktu untuk memperbaikinya sekarang untuk masa depan *sok lebih tua

    buat adik-adik yang manis, dengerin ya apa kata Kak Anshori. pesennya Kan Anshori itu udah bener banget walaupun mukanya rada enggak bener.
    N Gage? bisa diperkirakan lah kelahiran berapa itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh yang lebih tua datang :D

      kayaknya itu gue salah nulis deh, harusnya c100 *lebih tua lagi

      Hapus
  13. Aaahhh gue jadi kepikiran gini, eh tapi jujur aja gue sekarang malah lagi punya banyak waktu dirumah, kuliah yg tinggal menunggu akhir membuat gue sering dirumah, sekarang gue bosan. Pengennya sih kerja, cuma belum dapat2. Hehe... Gue pengen ngerasain kerja kek gitu. Kayaknya asik juga, apalagi dapat kerja jadi wartawan aiihh... Pengen banget. :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha,manfaatin itu waktu luang bro
      semoga segera jadi wartawan deh :D

      Hapus
  14. Ahhh kampret!! kalo sampai marry jeannya bisa keluar dari laptop. gue juga pengen punya. Hahaha

    Setuju, jangan kan udah kerja, semester akhir aja udah susah banget ngumpulnya, pada sibuk skripsi semua. apalagi kalo udah kerja. Cara menggunakan wkatu sebaik mungkin itu emang cara jitunya, jangan sampai waktu terbuang percuma

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengen punya juga?
      saingan sama gue berarti :D

      semangat buat skripsinya bro

      Hapus
  15. bener banget
    semoga kita termasuk manusia yang bisa memanfaatkan waktu sebaik mungkin :)

    BalasHapus
  16. asek juga nih postingannya ...
    waktu emang gak bisa kebeli, tinggal bagaimana kita menggunakan hal itu untuk sesuatu yang mengesankan, walaupun menurut gue pasti akan ada 'waktunya' untuk merenungi penyesalan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. waktu untuk merenungi penyesalan, cuma jangan terlalu larut sama penyesalan :)

      Hapus
  17. Uh... Aku jadi tertegun. Waktu emang nggak bisa dibeli. Mungkin bisa, tapi dengan cara yang berbeda. Yaitu dengan memanfaatkan waktu itu dengan sebaik-baiknya. Kalaupun ada penyesalan disana, waktu dapat digunakan untuk memahami penyesalan itu, agar bisa bangkit lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget bro, dengan memanfaatkan waktu sebaik mungkin

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Do'a Anak Kecil Agar Ramadhan Setiap Hari

"Assalamu’alaikum. Mak, Udin habis dari rumah Pak Mamat." Lapor Udin pada Emaknya. Sebulan setelah bulan Ramadhan lewat. "Tapi Pak Mamat udah ga' mau ngasih makan lagi, ga' kaya' kemarin pas puasa. Pak Mamat selalu mau ngasih Udin makan." "Kata Pak Mamat sih buat bayar fidyahnya soalnya ga' kuat kalau puasa. Lucu ya Mak, Pak Mamat kok ga’ kuat puasa. Udin yang kelas 5 SD aja puasa penuh. Pak Mamat kan badannya gede, sehat.” “Eh, tapi ga' papa ding, kan kalau Pak Mamat puasa Udin malah ga' dapat makan. Hahaha....." Udin tertawa, meralat omongannya sendiri. Tapi Emaknya tidak ikut tertawa. "Jarang-jarang kan Udin bisa makan pakai telur, kemarin malah sempat ada potongan ayamnya." Kenang Udin, sambil mengusap air liur yang mengalir di sudut bibirnya. "Kenapa kalau pas bulan puasa orang-orang pada baik ya Mak?"

Ketika Gue Kehilangan Dompet

Bulan kemarin, gue mengalami kejadiaan naas. Bukan, gue bukan ketangkep satpol PP pas mangkal, karena gue ga pernah mangkal. Tapi kejadian naas gue kali ini karena bulan kemarin gue kehilangan dompet. Yap kalian ga salah baca, bulan kemarin gue kehilangan dompet. Dan karena kejadian kehilangan dompet ini gue jadi ga bisa posting selama sebulan. *ok, skip Kronologinya begini, pas hari Minggu gue iseng-iseng masuk atm buat sekedar ngadem sama ngecek saldo. Keluar dari atm dan udah ngestater motor, tiba-tiba muncul tukang parkir dari dalam botol . Gue yang udah niat ngegas terpaksa berhenti cuma buat ngambil duit receh di dompet buat bayar parkir. Setelah itu dompet masuk kantong lagi dengan asal-asalan, dan gue melanjutkan perjalanan buat pulang ke rumah. Gue memilih jalan yang agak sepi, yah siapa tahu ada kuntilanak iseng yang bisa digodain. Jalan yang gue pilih agak menantang, meliuk-liuk dan bergelombang. Singkat cerita gue udah sampai di depan indoapril, soalnya gue haus da

Recycle yang Unreuseable

Akhir-akhir ini gue ngerasa kalau gue harus bisa ikut andil dalam kegiatan menjaga lingkungan, salah satunya dengan melaksanakan prinsip reuse, reduce, recycle. Jadi barang-barang yang semula dianggap sampah bisa dimanfatkan lagi dengan cara digunakan lagi, atau didaur ulang menjadi sesuatu yang bermanfaat, dan kalau memang ga bisa ya dikurangi pemakaiannya. Dengan begitu akan mengurangi jumlah produksi sampah yang mengakibatkan pencemaran lingkungan. Tindakan-tindakan kecil yang udah gue lakuin antara lain gue udah pake botol isi ulang, jadi gue udah ga beli-beli air mineral kemasan lagi biar ga nambah jumlah produksi sampah plastik. Tiap belanja ke indoapril gue juga udah mulai bawa tas sendiri buat ngurangi pemakaian kantong plastik yang ujung-ujungnya juga jadi sampah. Selain itu gue juga ngumpulin foto-foto sama mantan, siapa tau bisa dipakai pas nikahan. *skip Nah kemarin ceritanya gue dapat paket yang pengirimannya dipacking pakai kayu, biar safety dan barang di dalamny