Langsung ke konten utama

17 Agustus dan 69 Tahun Indonesia

Apa yang terlintas di pikiran warga Indonesia ketika mendengar kata "tujuh belas Agustus"?


Begitulah kira-kira yang terlintas. Ada yang kepikiran tentang Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, ada yang kepikiran tentang Proklamasi, tapi ada juga yang kepikiran tentang lomba tujuhbelasan, bahkan ada yang kepikiran tentang libur. *aduhdek

Setiap tanggal tujuh belas Agustus, rakyat Indonesia selalu memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, untuk mengenang sejarah bahwa Indonesia telah merdeka yang ditandai dengan dibacakannya Proklamasi Kemerdekaan tanggal 17 Agustus 1945 oleh Proklamator kita Soekarno dan Hatta.
Mengingat sekarang sudah menginjak tahun 2014, berarti kalau dihitung pakai sempoa umur Indonesia sebagai bangsa yang merdeka udah sampai di angka 69 tahun. 69 tahun itu kalau ibarat manusia ya udah jadi kakek nenek yang menimang cucu. Tapi toh Indonesia bukan manusia,

Jadi Indonesia baiknya dianggap apa nih? Dewasa? Masih muda?

Emmmmm, baca dulu deh.

"Indonesia su anam sambilan tahun, tapi torang masih begini-begini saja. Tarada perubahan." Begitu kira-kira kalimat yang diucapkan oleh Bapak penjual cilok.

"Iyo mas, wes suwidak sanga taun. Tapi yo isih ngene-ngene wae. Beras larang, minyak larang, ora ono sing murah." Kalau ini kalimat dari Ibu penjual jamu.

"Indonesia tanah air beta. Tanahnya nyewa airnya bayar." Yang ini status temen gue.

Jujur gue heran sama orang-orang yang berpikiran seperti itu. Anggapan mereka bisa diumpamakan dengan persamaan berikut :

A. Semakin berumur Indonesia, semakin baik perekonomian Indonesia
B. Semakin baik perekonomian Indonesia, semakin baik perekonomian rakyatnya

Maka A+B = C. Semakin berumur Indonesia, semakin baik perekonomian rakyatnya.

Dengan kata lain rakyat Indonesia akan semakin kaya dengan sendirinya, dengan cara menunggu Indonesia semakin tua. Padahal kita sendiri tahu kalau itu ga' mungkin.

Memang semakin berumur Indonesia, perekonomiannya seharusnya semakin baik. Tapi itu juga banyak faktor yang mempengaruhi. Bukan faktor harga kerupuk dalam negeri yang paling mempengaruhi, tapi salah satunya adalah faktor masyarakatnya.

Bayangkan kalau semua rakyat Indonesia berpikiran seperti Bapak penjual cilok atau Ibu penjual jamu di atas, bisa dipastikan Indonesia akan diam ditempat, bahkan bisa semakin mundur dibandingkan negara yang lain. Ga' mungkin Indonesia bisa membaik dengan sendirinya, jika semua rakyatnya hanya menunggu dan menunggu.

Perekonomian mereka akan semakin membaik jika mereka mau bergerak maju, ga' hanya menunggu. Dengan semakin membaiknya perekonomian rakyatnya, maka tingkat ekonomi Indonesia juga akan semakin membaik. Dengan demikian bisa dikatakan kalau semakin baik tingkat perekonomian rakyat, akan membuat perekonomian Indonesia semakin baik. Bukan malah seabaliknya.

Indonesia memang sudah 69 tahun, namun jika ada yang bertanya

"Apakah Indonesia sudah dewasa dengan umur segitu?"

Bakal gue jawab 

"Tergantung, tergantung bagaimana rakyatnya. Jika rakyat Indonesia memang dewasa berarti Indonesia sudah dewasa. Tetapi jika sebaliknya, maka hal itu juga yang berlaku bagi Indonesia."

Semoga saja rakyat Indonesia semakin dewasa, agar Indonesia juga semakin dewasa. Dengan demikian mereka ga' hanya menunggu umur Indonesia semakin tua agar perekonomian mereka semakin baik, akan tetapi mereka mau bergerak maju agar mereka juga berperan dalam memperbaiki perekonomian Indonesia. Karena mau 1000 tahun pun, kalau yang dilakukan hanya menunggu toh ga' akan ada perubahan, bahkan yang ada juga cuma kemunduran.

Selamat Ulang Tahun Negeriku, jayalah selalu . . . . . .

Komentar

  1. kalo menurutku, untuk usia sebuah negara, Indonesia masih belum tua.
    karena banyak negara lain yg makmur pada saat usianya suah lebih dari 100 tahun.

    BalasHapus
  2. indonesia masih muda, dan masih berkembang. yah, mungkin indonesia juga masih fitting, terutama di bidang pendidikan.

    semoga indonesia makin maju :)

    BalasHapus
  3. Semoga Indonesia semakin dewasa, tapi
    "Orang dewasa belum tentu dia lebih baik dari yang lebih muda, bisa saja yang muda memiliki ide baru maka dari itu kita harus saling menghormati baik yang muda maupun yang tua"

    BalasHapus
  4. Semoga Indonesia semakin Dewasa , dan semakin bisa menciptakan hal hal baru (positif) bagi kemajuan negara :D

    umur segitu masih belum apa apanya :3 mungkin tunggu 100 ato dua ratus tahun lagi :D

    BalasHapus
  5. Indonesia tanah air beta. Tanahnya nyewa airnya bayar." ---> sumpah ini JLEB bgt...

    BalasHapus
  6. Setuju sama quote lu. Dan kebangetan itu status temen lu. Sama negara sendiri tega nian -.-

    BalasHapus
  7. selamat ulang tahun indonesiaku. artikelnya bagus (y) setuju banget sama pendapat kamu.

    indonesia tanah air beta, tanahnya nyewa airnya bayar. ckck. ada-ada tuh temenmu.

    BalasHapus
  8. setujuh nih! gausah menunggu, tapi langsung lakukan perubahan.
    gue juga nulis serupa di blog gue :v

    BalasHapus
  9. bener kata mbak yulita di atas. banyak juga negara yg udah 100 tahun ke atas merdekanya, tapi belum maju juga.
    kalo menurut aku indonesia udah cukup dewasa sih... kita udah termasuk negara maju kan ya?

    BalasHapus
  10. asseeeeeek.... yang udah bisa bahasa selain bahasa Jawa ciee...wekekekeke

    oh tapi kalo aku sih bilang yess, udah dewasa soalnya udah 23 is y age gitu, jadi sebagai rakyat Indonesia aku pilih Indonesia udah dewasa..gitu aja sih..
    ngemen ngemeng, dulu lu menang apa pas ikutan lomba tujuh belasan di lapangan TPR?? lu ikutan yang nurunin karet dari hidung ke leher nggak sih??? wekekekekekekeke

    BalasHapus
  11. pokoknya semoga Indonesia semakin baik.. semoga juga ada perubahan untuk tahun ini dan seterusnya...

    BalasHapus
  12. SELAMAT... abang dapat "absurd blog award", banner silahkan dipasang. Syarat posting laksanakan sesuai ketentuan berlaku. cek kode dan syarat lebih teliti di posting dengan judul yang sama dengan awardnya :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Do'a Anak Kecil Agar Ramadhan Setiap Hari

"Assalamu’alaikum. Mak, Udin habis dari rumah Pak Mamat." Lapor Udin pada Emaknya. Sebulan setelah bulan Ramadhan lewat. "Tapi Pak Mamat udah ga' mau ngasih makan lagi, ga' kaya' kemarin pas puasa. Pak Mamat selalu mau ngasih Udin makan." "Kata Pak Mamat sih buat bayar fidyahnya soalnya ga' kuat kalau puasa. Lucu ya Mak, Pak Mamat kok ga’ kuat puasa. Udin yang kelas 5 SD aja puasa penuh. Pak Mamat kan badannya gede, sehat.” “Eh, tapi ga' papa ding, kan kalau Pak Mamat puasa Udin malah ga' dapat makan. Hahaha....." Udin tertawa, meralat omongannya sendiri. Tapi Emaknya tidak ikut tertawa. "Jarang-jarang kan Udin bisa makan pakai telur, kemarin malah sempat ada potongan ayamnya." Kenang Udin, sambil mengusap air liur yang mengalir di sudut bibirnya. "Kenapa kalau pas bulan puasa orang-orang pada baik ya Mak?"

Ketika Gue Kehilangan Dompet

Bulan kemarin, gue mengalami kejadiaan naas. Bukan, gue bukan ketangkep satpol PP pas mangkal, karena gue ga pernah mangkal. Tapi kejadian naas gue kali ini karena bulan kemarin gue kehilangan dompet. Yap kalian ga salah baca, bulan kemarin gue kehilangan dompet. Dan karena kejadian kehilangan dompet ini gue jadi ga bisa posting selama sebulan. *ok, skip Kronologinya begini, pas hari Minggu gue iseng-iseng masuk atm buat sekedar ngadem sama ngecek saldo. Keluar dari atm dan udah ngestater motor, tiba-tiba muncul tukang parkir dari dalam botol . Gue yang udah niat ngegas terpaksa berhenti cuma buat ngambil duit receh di dompet buat bayar parkir. Setelah itu dompet masuk kantong lagi dengan asal-asalan, dan gue melanjutkan perjalanan buat pulang ke rumah. Gue memilih jalan yang agak sepi, yah siapa tahu ada kuntilanak iseng yang bisa digodain. Jalan yang gue pilih agak menantang, meliuk-liuk dan bergelombang. Singkat cerita gue udah sampai di depan indoapril, soalnya gue haus da

Recycle yang Unreuseable

Akhir-akhir ini gue ngerasa kalau gue harus bisa ikut andil dalam kegiatan menjaga lingkungan, salah satunya dengan melaksanakan prinsip reuse, reduce, recycle. Jadi barang-barang yang semula dianggap sampah bisa dimanfatkan lagi dengan cara digunakan lagi, atau didaur ulang menjadi sesuatu yang bermanfaat, dan kalau memang ga bisa ya dikurangi pemakaiannya. Dengan begitu akan mengurangi jumlah produksi sampah yang mengakibatkan pencemaran lingkungan. Tindakan-tindakan kecil yang udah gue lakuin antara lain gue udah pake botol isi ulang, jadi gue udah ga beli-beli air mineral kemasan lagi biar ga nambah jumlah produksi sampah plastik. Tiap belanja ke indoapril gue juga udah mulai bawa tas sendiri buat ngurangi pemakaian kantong plastik yang ujung-ujungnya juga jadi sampah. Selain itu gue juga ngumpulin foto-foto sama mantan, siapa tau bisa dipakai pas nikahan. *skip Nah kemarin ceritanya gue dapat paket yang pengirimannya dipacking pakai kayu, biar safety dan barang di dalamny