Langsung ke konten utama

Hidup Tanpa Sinyal di Madopolo

Gimana perasaan kalian kalau bbm pending, jaringan sibuk, sms ga' kekirim, atau internet lemot? Kalau kalian sering dongkol, marah, bahkan sampai gigitin pinggiran meja karena masalah-masalah di atas, mungkin kalian perlu ngebaca postingan gue kali ini.

*****

Minggu kemarin, gue dapat tugas dari perusahaan untuk mengunjungi daerah di dekat Bacan. Nama daerahnya Madopolo. Sebenernya ga' begitu jauh sih tempatnya dari Bacan, kira-kira cuma 5 centimeter. Iya beneran 5 centimeter. Tapi 5 centimeternya di peta.

Gue berangkat ke Madopolo dari Bacan kira-kira jam 8 WIT. Niat awalnya gue pengen naik naga, tapi berhubung solarnya habis gue pun pasrah ketika sarana transportasi yang tersisa tinggal kapal laut.

Kapal Laut yang Berjasa Mengantar Tubuh Hingga ke Tempat Tujuan

Kurang lebih 4 jam gue naik kapal itu, gue juga ga' tahu kenapa bisa lama. Mungkin karena jaraknya emang jauh, mungkin juga karena kapal bergerak pelan. Tapi berdasarkan analisa gue yang paling kuat, nahkodanya iseng dan sengaja ngambil rute yang ga' wajar biar kerasa jauh.

Garis Merah Kemungkinan Rute yang Diambil Nahkoda

Setelah 4 jam bergoyang ria di dalam kapal dengan kondisi laut berombak, akhirnya gue sampai juga di Madopolo. Jangan tanya di sana gue disambut pakai apa, yang jelas ga' ada tarian penyambutan sama sekali. Gue disambut sama tukang ojek yang berebut penumpang.

Gue ga' bisa milih tukang ojek yang cewek, karena emang ga' ada. Apalagi harus ngadain casting biar gue bisa dapat tukang ojek yang mirip Revalina S. Temat. Karena gue udah terlanjur mabok akibat perjalanan laut, gue cuma asal milih tukang ojek.

Jangan dikira gue nemu pasir putih di Madopolo, karena di sana ga' ada pantai yang bagus. Jalanan juga masih berupa jalan tanah berbatu.

Begitu sampai di tempat tujuan, gue segera ngecek hp untuk sekedar ngabarin kalau gue udah sampai. Tapi gue kecewa, karena gue ga' nemu sinyal sama sekali. Gue cuma bisa nelan ludah dicampur es buah, ketika gue dengar jawaban ke penduduk sekitar pas gue tanya tentang sinyal.

"Di sini ga' semua tempat ada sinyal Mas." Begitu kira-kira jawabannya.

Dan gue pun ngehabisin es buah dengan syahdu.

Malamnya kerjaan gue udah selesai, gue minta diantar sama penduduk sekitar ke lokasi yang emang ada sinyal. Ternyata di sana bukan cuma gue yang nyari sinyal, tapi ada beberapa orang lagi yang emang nyari sinyal.

Kalau biasanya di kota-kota ada yang namanya hotspot area, di Madopolo ada juga tempat seperti itu, tapi tempat buat nyari sinyal. Mungkin lebih tepatnya disebut signal area.

Para Pemburu Sinyal

Gue pun nimbrung sama mereka untuk mendapatkan sinyal. Satu menit, dua menit, tiga puluh menit kemudian . . . . . . GUE MASIH BELUM DAPAT SINYAL. Sementara pemburu sinyal yang lain udah pada asik smsan. Hati gue teriris ketika sadar, hape yang katanya smart kalah sama hape senter milik pemburu sinyal yang lain.

Gue pun nyerah untuk memburu sinyal dan memutuskan pulang, untuk selanjutnya mengerjakan sesuatu yang lebih penting. Tidur.

Pagi harinya gue udah packing mau pulang secepatnya dari Madopolo. Tapi sepertinya gue belum diijinin buat pulang dan menikmati sinyal. Pas gue mau pulang dikasih kabar dari penduduk sekitar bahwa kapal ga' ada yang berangkat ke Bacan. Gue pun cuma bengong, setengah ga' percaya harus bertahan satu hari lagi tanpa sinyal.

Mau gimana lagi. Gue ga' mungkin berenang sampai Bacan. Gue pun balik lagi ke tempat gue menginap. Ketika membuka hape untuk sekedar ngegame, gue baru sadar kalau gue emang ga' jodoh sama yang namanya hape.

Gue lupa ngecharge baterainya hingga cuma tersisa beberapa persen. Dan gue ga' bisa ngecharge karena mati listrik. Yap, di Madopolo listrik cuma nyala selama 12 jam dari jam 6 malam sampai 6 pagi. Itu artinya siang hari ga' ada listrik di Madopolo.

Gue manyun, dan cuma bisa mandangin hape dengan sedih.

Gue memutuskan untuk jalan-jalan, sekedar menghabiskan waktu di pinggir pantai. Gue pengen nyari tempat nongkrong yang enak, yang kira-kira bisa membuat gue lupa sama masalah sinyal. Akhirnya, setelah menempuh perjalanan yang cukup jauh gue nemu satu tempat di pinggir pantai yang enak dibuat nongkrong.

Tempat Gue Nongkrong

Yap, tempat itulah yang gue pergunakan buat nongkrong. Tempat "nongkrong" yang gue jadiin nongkrong. Gue jadi kepikiran seandainya gue punya jamban seperti itu, pasti gue nikmatin waktu boker gue. Boker sambil menikmati deburan ombak, pasti syahdu sekali.

Di tempat itu pula gue merenung, bahwa selama ini gue kurang bersyukur kalau gue bisa menikmati sinyal setiap saat, meskipun ga' setiap saat gue bisa dapat sinyal 3G. Gue juga merasa kurang bersyukur, meskipun internet di kantor lemot tapi seengga'nya gue bisa menikmati wifi di kantor maupun di mess dengan gratis. Gue juga kurang sadar, bahwa gue termasuk beruntung bisa menikmati listrik selama 24 jam.

Bandingkan dengan masyarakat Madopolo. Jangankan internet, sinyal aja mereka harus susah payah untuk mendapatkannya. Bayangkan jika seandainya dalam kondisi terdesak, dan butuh memberi kabar ke  keluarga yang jauh.

Belum masalah transportasi antar pulau yang cuma sekali sehari, itupun belum tentu ada. Tergantung kondisi cuaca di laut. Juga masalah listrik yang cuma menyala 12 jam sehari.

Ah, terlalu banyak masalah yang belum teratasi di negeri ini. Dan terlalu banyak hal yang ga' gue syukuri. . . . .

1. Inaaallll km hebat sekaliii, terharuu :')

1. lebih hebat yang penempatan sana, mereka bisa kuat tiap hari kayak gitu

2. hauhahahaahhahaha *boleh ngakak bang sambil jingkrak jingkrak gitu
    untuk tulisan awal hingga pertengahan pengin ngakak.
    membayangkan gimana unyunya mukanya orang lagi nyari signal.
    kebiasaan di kota sih.. hahahaha

tapi itu tempat "nongkrong"nya romantis yaa... huahahah
    sambil nyantai dengarin ombak.

hahahaha, nikmatin aja bang selagi bisa di nikmati,
    tapi itu didaerah mana ya bang ;3
    vina nggak tahu,
    terus dalam rangka apa bang kesananya.?

iya bener bang, mesti bersyukur bang. kita udah diberi kemudahan, di banding mereka cuma diberi dengan batasan waktu dan keterbatasan signal yang ya begitu :|

1. nongkrong bareng di sana yok, hahaha

dalam rangka kerja, yang jelas bukan pindah penempatan ke sana *ga mau

Hapus
  3. syukurlah hal hal yang engkau dapati bisa membuatmu lebih sadar tentang arti hidup ini, nak...memang hidup begitu..yang ada ingin selalu makin ada apa apa, padahal ada juga banyak yang nggak punya apa apa...

ahh, asik banget pasti naik kapaaaal, aku mau dooong, sambil liat sunseeet terus terjun ke laut berenang sama emo dan karang karangnyaaaa, huaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa.....

tuh petanya ngeselin banget, yang bikin pasti lagi stress akut

4. wahhhh tempatnya seru bangeet.
    aku kangen tempat susah sinyal macam madopolo wkwkwk....

apalagi ke sananya naik kapal lat.
    senang tuh pengalaman baru.
    plus tempat tongkrongan baru.
    sering2 aja kamu ditugasin ke sana ya hehehehe

aku pernah hidup setahun di tempat sejenis itu dan rasanya nyeni, luar biasa :-D

1. jangan, do'anya ga' gue amini kok :p

bukan nyeni, tapi nyeri. nyerinya tuh di sini *nunjuk hape

5. hmmmm.... Madopolo deket yaaaa, deket tapi boong hahahaha
    btw pemandangannya bagus tuh, mau ke sana aja mesti nyebrang laut..wow pengiiin naik kapal juga :p

oh iya betapa beruntungnya kita ya bisa dapat fasilitas listrik 24 jam, beda di daerah terpencil susah banget sinyal. Aku jg gitu, saat ga ada sinyal pasti marah2, kita kadang lupa bersyukur yaaaaa

6. Ketauan nih, kalo elu mau ngeksis di path atau sosmed lain buat bilang "Touchdown Madopolo" yeaahh :D
    hehehe....
    nggak bisa ngebayangin juga tempat tinggal orang2 yang susah sinyal kaya gitu, mereka nggak bisa smsan, telpon-telponan apalagi buat ngeksis di sosmed -_-

7. Haha tulisannya lucu... kayak sule. Nah, bener tuh. Akhirnya jadi bersyukur karena melihat ada yg hidupnya lebih sulit dari kita. Dan btw, Bacan sama Madopolo itu di mana ya? Baru denger soalnya.

8. Asik banget tulisannya bang. Keren bikin ngakak. Hahaha

Emang kita yang warga kota rada aneh ngeliat orang yang lagi sibuk nyari sinyal, kalo warga kota malah sibuk nyari wifi.

Endingnya juga gak kalah kerne, emang mungkin kita dicentil biar bisa menyukuri apa yang telah kita miliki, jangan ngeluh mulu

9. bukan sedikit lagi, tapi emang pedalaman :D

yap, seperti itulah kenyataan. masih banyak daerah tertinggal di Indonesia

10. Ga ada sinyal? itu namanya bencana, kak. Sangat nyata bisa terbayang gimana dunia tanpa ada sinyal,apalagi di daerah terpencil dengan perjalanan rumit begitu. Nggak kebayang gimana bingungnya kita. -_-

Memang negeri ini kekurangan syukur dan kekurangan makmur. Fasilitas segala macam, nikmat segala macem bisa pupus gitu aja jika nggak ada rasa syukur. Efeknya wow banget kak, pas baca posting ini.

Terlebih endingnya yang kece gila. Nusuk banget!

Postingan populer dari blog ini

Do'a Anak Kecil Agar Ramadhan Setiap Hari

"Assalamu’alaikum. Mak, Udin habis dari rumah Pak Mamat." Lapor Udin pada Emaknya. Sebulan setelah bulan Ramadhan lewat. "Tapi Pak Mamat udah ga' mau ngasih makan lagi, ga' kaya' kemarin pas puasa. Pak Mamat selalu mau ngasih Udin makan." "Kata Pak Mamat sih buat bayar fidyahnya soalnya ga' kuat kalau puasa. Lucu ya Mak, Pak Mamat kok ga’ kuat puasa. Udin yang kelas 5 SD aja puasa penuh. Pak Mamat kan badannya gede, sehat.” “Eh, tapi ga' papa ding, kan kalau Pak Mamat puasa Udin malah ga' dapat makan. Hahaha....." Udin tertawa, meralat omongannya sendiri. Tapi Emaknya tidak ikut tertawa. "Jarang-jarang kan Udin bisa makan pakai telur, kemarin malah sempat ada potongan ayamnya." Kenang Udin, sambil mengusap air liur yang mengalir di sudut bibirnya. "Kenapa kalau pas bulan puasa orang-orang pada baik ya Mak?"

Ketika Gue Kehilangan Dompet

Bulan kemarin, gue mengalami kejadiaan naas. Bukan, gue bukan ketangkep satpol PP pas mangkal, karena gue ga pernah mangkal. Tapi kejadian naas gue kali ini karena bulan kemarin gue kehilangan dompet. Yap kalian ga salah baca, bulan kemarin gue kehilangan dompet. Dan karena kejadian kehilangan dompet ini gue jadi ga bisa posting selama sebulan. *ok, skip Kronologinya begini, pas hari Minggu gue iseng-iseng masuk atm buat sekedar ngadem sama ngecek saldo. Keluar dari atm dan udah ngestater motor, tiba-tiba muncul tukang parkir dari dalam botol . Gue yang udah niat ngegas terpaksa berhenti cuma buat ngambil duit receh di dompet buat bayar parkir. Setelah itu dompet masuk kantong lagi dengan asal-asalan, dan gue melanjutkan perjalanan buat pulang ke rumah. Gue memilih jalan yang agak sepi, yah siapa tahu ada kuntilanak iseng yang bisa digodain. Jalan yang gue pilih agak menantang, meliuk-liuk dan bergelombang. Singkat cerita gue udah sampai di depan indoapril, soalnya gue haus da

Recycle yang Unreuseable

Akhir-akhir ini gue ngerasa kalau gue harus bisa ikut andil dalam kegiatan menjaga lingkungan, salah satunya dengan melaksanakan prinsip reuse, reduce, recycle. Jadi barang-barang yang semula dianggap sampah bisa dimanfatkan lagi dengan cara digunakan lagi, atau didaur ulang menjadi sesuatu yang bermanfaat, dan kalau memang ga bisa ya dikurangi pemakaiannya. Dengan begitu akan mengurangi jumlah produksi sampah yang mengakibatkan pencemaran lingkungan. Tindakan-tindakan kecil yang udah gue lakuin antara lain gue udah pake botol isi ulang, jadi gue udah ga beli-beli air mineral kemasan lagi biar ga nambah jumlah produksi sampah plastik. Tiap belanja ke indoapril gue juga udah mulai bawa tas sendiri buat ngurangi pemakaian kantong plastik yang ujung-ujungnya juga jadi sampah. Selain itu gue juga ngumpulin foto-foto sama mantan, siapa tau bisa dipakai pas nikahan. *skip Nah kemarin ceritanya gue dapat paket yang pengirimannya dipacking pakai kayu, biar safety dan barang di dalamny