Langsung ke konten utama

Setelah Hujan, Tak Selalu Ada Pelangi

"Setelah hujan pasti ada pelangi." Motivator ompong itu mulai bersajak.

"Itu artinya, setelah kesedihan pasti ada keceriaan. Jadi nikmati saja masalahmu, dan tunggu sampai masalahmu selesai dan berubah menjadi berkah." Lanjutnya lagi, seakan menjadi motivator ulung pengobar semangat.

Kutinggalkan acara seminar abal-abal ini, dari tadi hanya bersajak saja. Tak kupedulikan rayuan teman-teman untuk tetap bertahan.

"Telingaku sudah memerah, lihat ini." Jawabku sambil memamerkan telingaku yang benar-benar merah.

Kulangkahkan kaki meninggalkan aula tanpa semangat. Sapaan dari panitia hanya kujawab dengan senyum tipis. Pertanyaan kenapa aku pulang sebelum acara selesai hanya kujawab dengan seringai sesaat.

Langit yang memang sedari tadi mendung, sekarang mulai menitikkan airnya satu persatu seiring satu-persatu langkahku di trotoar.

Kutaruh pantat ini di bangku halte, tepat sebelum gerimis menjadi hujan.

"Beruntung" gumamku sambil menghela nafas.

Kulihat di seberang jalan, dua orang yang berteduh di bawah pohon beringin. Memang lebat, tapi tak seluruhnya melindungi dari hujan. Salah satu tampak menyerah, dan memilih menyeberang untuk berteduh di halte bersamaku. Yang satunya lagi, masih mencoba bertahan berlindung di bawah pohon beringin.

Setelah itu tak ada apa-apa lagi, hanya hujan.

Selintas terpikir kuliah umum yang baru kutinggalkan, Bukan, aku bukan memikirkan isi seminar tadi. Aku hanya memikirkan tentang motivator itu. Betapa mudahnya dia mengucapkan motivasi-motivasi dengan kata-kata indah. Betapa mudahnya dia mengiming-imingi perubahan hidup yang lebih baik tanpa usaha yang berat. Betapa mudahnya dia menjanjikan bahwa masalah akan hilang dengan sendirinya.

Aku mulai ragu, jangan-jangan dia hanya pintar bicara saja. Tanpa pernah mengalami masalah hidup yang sebenarnya.

Ah, sudahlah. Tak ada untungnya juga memikirkan semua itu.

Hujan mulai berhenti, angkot yang kutunggu sudah mendekat. Aku berdiri, kulihat orang yang tadi bertahan di bawah pohon beringin sudah basah kuyup. Pandanganku berputar ke sekitar. Tak kulihat adanya pelangi setelah hujan berhenti, hanya air yang membasahi mata kaki.

Bacan, 7 Desember 2014
untuk mereka yang percaya adanya perubahan yang lebih baik tanpa usaha

Komentar

  1. Nggak ada yang instan di dunia ini. Bikin mie instan aja mesti dimasak dulu. Kadang gue juga sebel mendengar sajak-sajak motivator yang seperti meringankan problema hidup.

    BalasHapus
  2. Ceritanya simpel, tapi itunya lo. Iya! itu.. Dapet banget fillnya. :D

    Seru deh, yang jelas, namanya hidup, yang berusaha adalah yang terbaik.

    BalasHapus
  3. yg pasti masalah tdk akan selesai jika kita g berusaha mencari jln keluar'y,apapun itu ya hrs ada usaha'y,g ada yg dihasilkn tanpa ada'y usaha,setidak'y diumur sy yg 34 thn begitulah yg sy alami,usaha... usaha... berdoa... baru pasrah/tawakkal kpd Allah. ^_^

    BalasHapus
  4. Saya kok ngerasa ini seminar MLM ya? Hehe. Bener ga sih?

    Semangatnya memang berapi-api, berusaha 'menggiring' pikiran pendengar. Tapi ya gitu, kalo udah ngerti & paham bakal bosen dengerinnya.

    BalasHapus
  5. Setelah Hujan, Tak Selalu ada pelangi. namun kita bisa menciptakan pelangi untuk diri sendiri. :D

    cerita simple yg keren banget kak. (y)

    BalasHapus
  6. ngebaca tulisan ini kaya berasa seminar MLM sebuah product bener kata renggo diatas, gue rasa si renggo pernah diprospek nih wkwk..piss..

    Perubahan adanya ketika kita melakukan usaha, kalo engga ada usaha ya engga ada perubahan,

    ketika hujan selesai terus kita tidak melihat pelangi ditempat itu, bukan berarti pelangi itu tidak ada, coba bergerak ke tempat lain, siapa tau ada pelangi ;D hhe

    BalasHapus
  7. owh, ini sih bukan berubah..cuman emang lu pingin nulis dengan feel yang lebih dalam aja jadi segala diksi and the way you write must be different daripada kayak yang dituduh nyopet misalnya. Ini itu ke "tere-liye tere-liye an" gituuuu...bagus sih, udah lu nulis yang model kayak gini aja cuyyy...biar aye aja yang komedii..wekekeke..soalnya aye udah nggak capek nulis dalem mulu, suka kebawa mimpi wahahaha...tapi kependekan keleus...

    BalasHapus
  8. Banyak juga tuh seminar2 yang kaya gini hehe
    Motivator2 memang terlihat mudah saat mengucapkan kata-kata motivasi. Tapi buktinya ? -_-
    Yang jelas kita tetap harus berusaha dan berdo'a. Karena usaha tanpa do'a itu sombong. Dan do'a tanpa usaha itu bohong hehe
    Nice post :D

    BalasHapus
  9. Walaupun post-nya gak panjang tapi dapet intinya nih, hehe.
    Bener tuh kata komen diatas. Di dunia ini gak ada yg instan. Harus ada usaha dulu. Dan jangan lupa, berdoa. :))

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Do'a Anak Kecil Agar Ramadhan Setiap Hari

"Assalamu’alaikum. Mak, Udin habis dari rumah Pak Mamat." Lapor Udin pada Emaknya. Sebulan setelah bulan Ramadhan lewat. "Tapi Pak Mamat udah ga' mau ngasih makan lagi, ga' kaya' kemarin pas puasa. Pak Mamat selalu mau ngasih Udin makan." "Kata Pak Mamat sih buat bayar fidyahnya soalnya ga' kuat kalau puasa. Lucu ya Mak, Pak Mamat kok ga’ kuat puasa. Udin yang kelas 5 SD aja puasa penuh. Pak Mamat kan badannya gede, sehat.” “Eh, tapi ga' papa ding, kan kalau Pak Mamat puasa Udin malah ga' dapat makan. Hahaha....." Udin tertawa, meralat omongannya sendiri. Tapi Emaknya tidak ikut tertawa. "Jarang-jarang kan Udin bisa makan pakai telur, kemarin malah sempat ada potongan ayamnya." Kenang Udin, sambil mengusap air liur yang mengalir di sudut bibirnya. "Kenapa kalau pas bulan puasa orang-orang pada baik ya Mak?"

Ketika Gue Kehilangan Dompet

Bulan kemarin, gue mengalami kejadiaan naas. Bukan, gue bukan ketangkep satpol PP pas mangkal, karena gue ga pernah mangkal. Tapi kejadian naas gue kali ini karena bulan kemarin gue kehilangan dompet. Yap kalian ga salah baca, bulan kemarin gue kehilangan dompet. Dan karena kejadian kehilangan dompet ini gue jadi ga bisa posting selama sebulan. *ok, skip Kronologinya begini, pas hari Minggu gue iseng-iseng masuk atm buat sekedar ngadem sama ngecek saldo. Keluar dari atm dan udah ngestater motor, tiba-tiba muncul tukang parkir dari dalam botol . Gue yang udah niat ngegas terpaksa berhenti cuma buat ngambil duit receh di dompet buat bayar parkir. Setelah itu dompet masuk kantong lagi dengan asal-asalan, dan gue melanjutkan perjalanan buat pulang ke rumah. Gue memilih jalan yang agak sepi, yah siapa tahu ada kuntilanak iseng yang bisa digodain. Jalan yang gue pilih agak menantang, meliuk-liuk dan bergelombang. Singkat cerita gue udah sampai di depan indoapril, soalnya gue haus da

Recycle yang Unreuseable

Akhir-akhir ini gue ngerasa kalau gue harus bisa ikut andil dalam kegiatan menjaga lingkungan, salah satunya dengan melaksanakan prinsip reuse, reduce, recycle. Jadi barang-barang yang semula dianggap sampah bisa dimanfatkan lagi dengan cara digunakan lagi, atau didaur ulang menjadi sesuatu yang bermanfaat, dan kalau memang ga bisa ya dikurangi pemakaiannya. Dengan begitu akan mengurangi jumlah produksi sampah yang mengakibatkan pencemaran lingkungan. Tindakan-tindakan kecil yang udah gue lakuin antara lain gue udah pake botol isi ulang, jadi gue udah ga beli-beli air mineral kemasan lagi biar ga nambah jumlah produksi sampah plastik. Tiap belanja ke indoapril gue juga udah mulai bawa tas sendiri buat ngurangi pemakaian kantong plastik yang ujung-ujungnya juga jadi sampah. Selain itu gue juga ngumpulin foto-foto sama mantan, siapa tau bisa dipakai pas nikahan. *skip Nah kemarin ceritanya gue dapat paket yang pengirimannya dipacking pakai kayu, biar safety dan barang di dalamny