Langsung ke konten utama

Resolusi Menulis

"Nal, apa resolusi lo di tahun 2015?" Tanya salah satu teman gue di awal tahun kemarin, lewat chat bbm.

"Resolusi? Apaan tuh? Makanan yang bentuknya lonjong itu?"

"Itu resoles kampret, resolusi itu yang buat nempel-nempel kertas." Teman gue mencoba nerusin plesetan.

"Oh." Bales gue singkat, yang langsung di endchat sama teman gue.

*****

Jujur, kalau ditanya resolusi apa di tahun 2015 gue ga begitu ngeh. Bukan apa-apa sih, karena gue sendiri sebenernya ga pernah nyusun rencana di awal tahun. Lebih seringnya gue nyusun rencana ketika gue pengen aja, entah itu di awal bulan, di tengah bulan, bahkan pas datang bulan. *maksudnya pas bulannya nongol di langit. Jadi ga harus pas awal tahun.

Tapi toh ga ada salahnya gue nyomot salah satu harapan yang sebenernya udah dari dulu gue cita-citain, tapi belum terlaksana sampai sekarang. Yap, harapan terbesar gue yang belum kesampaian adalah menerbitkan tulisan dalam bentuk buku. Itu merupakan harapan terbesar setelah harapan gue pindah kerja ke tempat yang deket rumah, dan harapan gue untuk buka usaha sendiri.

Balik lagi ke harapan gue untuk menerbitkan tulisan dalam bentuk buku, yang selanjutnya gue sebut resolusi menulis. Berhubung gue seorang blogger, dimana blogger itu tugasnya adalah ngeblog, dan menulis merupakan salah satu aktifitas terbesar blogger. Dan demi melihat dan mendengar temen-temen gue sesama blogger yang sudah menelurkan karya berbentuk buku, gue jadi pengen punya karya seperti itu.

Coba bayangin, gue main ke toko buku. Bukan buat numpang baca gratisan loh, tapi buat nyari referensi bacaan. *ok, bahasanya cuma sedikit elit. Secara ga sengaja gue sampai di rak yang jual buku gue, dan buku itu ada foto gue sebagai penulis. Dan di sana ada cewek cakep lagi baca buku gue. Mungkin percakapan yang terjadi seperti ini.

Gue  : *ehem "Bukunya bagus ya."

Dia   : "Iya, lumayan bagus covernya."

Gue  : "Kalau isinya?"

Dia   : "Lumayan, lumayan surem."

Gue  : *ngelus dada, dada gue sendiri lo! "Yang nulis siapa tuh?"

Dia   : "Ga tahu nih, penulis baru sepertinya. Ada fotonya nih."

Gue  : "Cakep ga."

Dia   : "Lumayan cakep."

Gue  : "Mirip saya ga."

Dia   : "Mirip mas, jangan-jangan masnya yang nulis ya?"

Gue  : "Hehehe, iya. Mau minta tanda tangan?"

Dia  : "Ga' ah mas. Saya cuma numpang baca di sini. Kalau ditandatangani nanti saya disuruh beli bukunya."

Gue  : *speechless

Yap, mungkin begitulah kira-kira percakapan yang terjadi. Mungkin agak absurd, tapi ya sudahlah.

Tapi apapun itu pasti ada rasa bangga ketika tulisan gue bisa diterbitin dalam bentuk buku. Tapi berhubung gue masih blogger bau kencur, berhubung gue baru aja minum jamu beras kencur, salah satu cara pemula agar tulisannya bisa dibukukan dan gratis, sekaligus nyari nama adalah dengan cara nulis bareng-bareng yang diadakan dalam suatu event ataupun ikutan lomba nulis.

Dan berhubung gue belum pernah ikutan yang kayak gini, gue mencoba bertanya sama teman yang biasa ikutan. Berhubung dia orangnya baik, dia langsung ngasih link rekomendasi suatu event yang sekiranya cocok buat gue ikuti. Tapi setelah gue buka link yang dia kasih, rasanya gue pengen nimpuk temen gue pakai iphone 6. Bukan karena dendam sih, tapi karena link yang dikasih temen gue merupakan link lomba nulis "Berbagi Pengalaman Selama Mengandung".

Apapun itu, mungkin menerbitkan tulisan dalam bentuk buku merupakan salah satu harapan terbesar gue yang belum kesampaian. Semoga aja, dengan diiringi tekat, do'a, dan usaha yang keras, harapan gue ini bisa terwujud di tahun 2015 ini.

Komentar

  1. Ngomongin resolusi emang ga ada habisnya. Ada yang bilang resolusi cuma basa-basi. Tapi ada serius juga sih. Berawal dari punya resolusi (sebenernya lebih tepat disebut niat) buat ini-itu, pada akhirnya kesampaian juga.

    Semoga bisa segera nerbitin buku ya, bro. Aamiin.

    BalasHapus
  2. itu percakapan sama ceweknya bneran kejadian nggak hehehehe...
    Jujur aja aku juga punya resolusi yang mirip sama kamu, bro.... semangat ya buat resolusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. yah, mungkin bisa kejadian nyata suatu saat nanti
      ok, mari berjuang bersama

      Hapus
  3. Wah abis baca ini gue jadi punya resolusi juga.. Wahahah pengen nulis buku juga.. Ya mungkin dalam bentuk antologi dulu. Ya walaupun rame-rame yg penting nama gue ada di buku. Hahaha

    Semoga resolusinya terwujud yo.. Masih awal tahun, masih banyak waktu. :D

    BalasHapus
  4. Hahaha, anjir, ngakak gue. Yang percakapan sama yang lomba itu. :D
    Semoga resolusinya terkabul broh dan semoga kita bisa jadi penulis buku best-seller. Aamiin. :)

    BalasHapus
  5. Semoga resolusinya tercapai. Dan coba dulu rekomendasi dari temenmu yang tentang pengalaman selama mengandung, kali aja bisa menang, kan lumayan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin. iya ya, nanti gue curhat2an sm kucing dulu

      Hapus
  6. Ga ada salahnya sih mencoba untuk menulis yang lebih baik dan menerbitkan sebuah buku. Tapi kan memang butuh perjuangan dan prosesnya gak pendek. Jadi, tetap semangat, ya! :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Do'a Anak Kecil Agar Ramadhan Setiap Hari

"Assalamu’alaikum. Mak, Udin habis dari rumah Pak Mamat." Lapor Udin pada Emaknya. Sebulan setelah bulan Ramadhan lewat. "Tapi Pak Mamat udah ga' mau ngasih makan lagi, ga' kaya' kemarin pas puasa. Pak Mamat selalu mau ngasih Udin makan." "Kata Pak Mamat sih buat bayar fidyahnya soalnya ga' kuat kalau puasa. Lucu ya Mak, Pak Mamat kok ga’ kuat puasa. Udin yang kelas 5 SD aja puasa penuh. Pak Mamat kan badannya gede, sehat.” “Eh, tapi ga' papa ding, kan kalau Pak Mamat puasa Udin malah ga' dapat makan. Hahaha....." Udin tertawa, meralat omongannya sendiri. Tapi Emaknya tidak ikut tertawa. "Jarang-jarang kan Udin bisa makan pakai telur, kemarin malah sempat ada potongan ayamnya." Kenang Udin, sambil mengusap air liur yang mengalir di sudut bibirnya. "Kenapa kalau pas bulan puasa orang-orang pada baik ya Mak?"

Ketika Gue Kehilangan Dompet

Bulan kemarin, gue mengalami kejadiaan naas. Bukan, gue bukan ketangkep satpol PP pas mangkal, karena gue ga pernah mangkal. Tapi kejadian naas gue kali ini karena bulan kemarin gue kehilangan dompet. Yap kalian ga salah baca, bulan kemarin gue kehilangan dompet. Dan karena kejadian kehilangan dompet ini gue jadi ga bisa posting selama sebulan. *ok, skip Kronologinya begini, pas hari Minggu gue iseng-iseng masuk atm buat sekedar ngadem sama ngecek saldo. Keluar dari atm dan udah ngestater motor, tiba-tiba muncul tukang parkir dari dalam botol . Gue yang udah niat ngegas terpaksa berhenti cuma buat ngambil duit receh di dompet buat bayar parkir. Setelah itu dompet masuk kantong lagi dengan asal-asalan, dan gue melanjutkan perjalanan buat pulang ke rumah. Gue memilih jalan yang agak sepi, yah siapa tahu ada kuntilanak iseng yang bisa digodain. Jalan yang gue pilih agak menantang, meliuk-liuk dan bergelombang. Singkat cerita gue udah sampai di depan indoapril, soalnya gue haus da

Recycle yang Unreuseable

Akhir-akhir ini gue ngerasa kalau gue harus bisa ikut andil dalam kegiatan menjaga lingkungan, salah satunya dengan melaksanakan prinsip reuse, reduce, recycle. Jadi barang-barang yang semula dianggap sampah bisa dimanfatkan lagi dengan cara digunakan lagi, atau didaur ulang menjadi sesuatu yang bermanfaat, dan kalau memang ga bisa ya dikurangi pemakaiannya. Dengan begitu akan mengurangi jumlah produksi sampah yang mengakibatkan pencemaran lingkungan. Tindakan-tindakan kecil yang udah gue lakuin antara lain gue udah pake botol isi ulang, jadi gue udah ga beli-beli air mineral kemasan lagi biar ga nambah jumlah produksi sampah plastik. Tiap belanja ke indoapril gue juga udah mulai bawa tas sendiri buat ngurangi pemakaian kantong plastik yang ujung-ujungnya juga jadi sampah. Selain itu gue juga ngumpulin foto-foto sama mantan, siapa tau bisa dipakai pas nikahan. *skip Nah kemarin ceritanya gue dapat paket yang pengirimannya dipacking pakai kayu, biar safety dan barang di dalamny