Langsung ke konten utama

Publikasi Ibadah

Marhaban ya Ramadhan

Alhamdulillah tahun ini kita bisa ketemu lagi sama bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah dan ampunan. So, mari kita sambut bulan Ramadhan ini dengan suka cita dan penuh persiapan untuk memperbaiki diri. *telaaaaaaaaaat, udah tengah bulan oey

Hehehe, maaf-maaf. Berhubung kemarin sibuk bikin takjil buat dijual pas mudik jadinya baru sempet nulis.

Btw, kali ini gue pengen ngebahas masalah "publikasi ibadah", iya publikasi ibadah, bukan kamu. Soalnya gue udah capek bahas tentang kamu.


Apa sih publikasi ibadah itu? Jadi bagi yang belum tahu, menurut KSAS (Kamus Sedang Arti Sendiri) publikasi ibadah itu adalah suatu kegiatan, tindakan, atau tingkah laku yang dilakukan oleh seseorang secara sadar dalam menyebarkan, memberitahukan, dan membuat khayalak ramai mengetahui tentang tindakan ibadah yang telah dilakukannya, dengan tujuan yang hanya dirinya sendiri dan Tuhan yang mengetahui.

Bukan fenomena baru sebenarnya, fenomena ini udah ada sejak dulu kala, bahkan sebelum sosial media ramai menjamur seperti sekarang. Hanya saja, publikasi ibadah sekarang lebih santer dan lebih mudah dilakukan siapa saja dan kapan saja, berkat jasa sosial media serta aplikasi sosial lainnya. Seseorang cukup menulis "sesuatu" yang berbau ibadah, dan secara otomatis orang lain yang berhubungan dengannya lewat aplikasi sosial media bisa mengetahuinya.

Dalam menyikapi fenomena ini, jujur gue ga mau ngejudge orang-orang itu salah, alay, ataupun riya'. Toh cuma dia sendiri dan Tuhan yang tahu apa tujuan dari publikasi ibadah yang dia lakukan. Bisa saja kan dia melakukan publikasi ibadah agar orang lain tahu dan ikut gabung sama dia buat melakukan ibadah seperti apa yang dia lakukan, atau setidaknya orang lain bisa termotivasi untuk ikut beribadah seperti dia. Kalau memang niatnya seperti itu, ya menurut gue dia bahkan sudah mengajak orang lain ikut ibadah.

So, saran gue sih daripada sibuk menghujat orang-orang yang melakukan publikasi ibadah, mending kita sibuk memperbaiki ibadah kita. Karena belum tentu ibadah kita lebih baik daripada ibadah orang yang kita sangka hanya melakukan publikasi ibadah dengan tujuan riya'. Kalau pun mereka memang melakukan publikasi ibadah dengan tujuan riya', toh kita juga ga' rugi kok.

Komentar

  1. ahaha
    bener nih

    bnyak banget pastinya yang publikasi ibadanya yang dia lakuin

    beda dengan status biasa yang sering diposting
    status tentang ibdah biasanya nggak pake foto

    jadi bisa aja itu hoax

    BalasHapus
  2. ya cuekin ajalah, hidupnya masing masing, setiap orang punya penilaiannya sendiri. mikirin orang yang begitu ga ada abisnya... haha :D

    BalasHapus
  3. Sebenernya, orang yang kayak gitu cuma butuh pengakuan "nih, gue sering ibadah." Emang sih niatnya bagus buat manas-manasin (ngajak) orang buat ibadah juga, tapi caranya jadi riya'.

    BalasHapus
  4. tapi bisa jadi ini semacam kebanggaan atas dirinya sendiri yg teramat berlebih sih. ah yang berlebihan tetap saja tidak baik ya.

    BalasHapus
  5. Publikasi semacam ini, menurut gue ada dua sudut pandang nal. Soalnya, gue sendiri ngerasa gak gitu. Tapi, orang lain ngerasa gitu, karena dia nyaman, kebanggan, jomblo juga iya, mungkin.

    Soal ibadah sendiri, itukan urusan manusianya sama Tuhannya masing2, soal baik, buruknya hanya Tuhan yang bisa menilai. Kita hanya mengira-ngira saja. Semoga dia gak publikasi kebohongan ya nal? Semoga..

    BalasHapus
  6. Cakeeepp. Daripada kita ngurusin orang yang kayak gitu, mending kita perbanyak ibadah kita. Belum tentu juga ibada kita lebih baik dari orang-orang yang suka publikasi ibadah.

    Tapi emang fenomena ini agak bikin resah orang-orang sih. Soalnya banyak yang bilang orang yang kayak gini itu ibadahnya dipamerin biar orang-orang pada tau. Tapi menurutku ada yang lebih parah dari publikasi ibadah. Yaitu publikasi ibada bareng pacar. Itu bikin jones nyesek.

    BalasHapus
  7. Bener niat dia update lagi tarawih dimana, check in di masjid mana itu cuma dia dan Allah saja yg tau. Tkutnya kalo kita mikir dia riya jatuhnya suudzon.

    Jadi mungkin biarin aja sih selama dia nggak mengganggu dan mempengaruhi kita, dia update lagi tarawih akhirnya kita ngikut update lagi tarawih niatnya pingin pamer doang.

    BalasHapus
  8. Terserah lah apa yang mau mereka lakuin
    Cuma mereka yang bisa merubah diri mereka sendiri kak
    Kita justru harus makin getol ibadahnya biar mereka malu dan ikut ibadah sama kita akhirnya :D

    BalasHapus
  9. suka aneh memang nengok orang yang pamer-pamer ibadah.
    antara ikhlas dan gak ikhlas. ibadah itu kan privasi bukan untuk publikasi.

    BalasHapus
  10. Engg, tema postingan kamu juga udah pernah aku bahas di blog aku, dan aku juga punya pendapat sama kayak kamu, mudah2an orang yang publikasi ibadah itu niatnya tuluas dan bukan riya. Lagipula kalaupun riya bukan urusan kita juga sih. Cuma aku sendiri merasa ibadah itu urusan aku sama Tuhan bukan sama mereka, lagipula ga ada gunanya juga sih pencitraan toh gue bukan calon presiden. Hehehe.

    BalasHapus
  11. Waaah bener! aku kira awalnya tulisan ini mau menghujat orang yang mempublikasikan ibadahnya, ternyata enggak.

    Aku setuju, aku juga nggak pernah komentarin orang yang publikasikan ibadahnya. Ya terserah mereka lah. Lagian nggak semua masalah di dunia ini kita perlu ikut campur kan :))

    BalasHapus
  12. klau niatnya emang mau ngajak orang biar ikutan ibadah juga kenapa nggak bikin status isinya tausiah ajah. :))

    Ria sih kalau menurut gue. banyak hal lain yang bisa kita tulis di socmed tapi nggak dengan mempulblikasikan amal ibadah kita. gue bukan menghujat tapi memperbaiki prilaku temen-temen kita sesama muslim :))

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Do'a Anak Kecil Agar Ramadhan Setiap Hari

"Assalamu’alaikum. Mak, Udin habis dari rumah Pak Mamat." Lapor Udin pada Emaknya. Sebulan setelah bulan Ramadhan lewat. "Tapi Pak Mamat udah ga' mau ngasih makan lagi, ga' kaya' kemarin pas puasa. Pak Mamat selalu mau ngasih Udin makan." "Kata Pak Mamat sih buat bayar fidyahnya soalnya ga' kuat kalau puasa. Lucu ya Mak, Pak Mamat kok ga’ kuat puasa. Udin yang kelas 5 SD aja puasa penuh. Pak Mamat kan badannya gede, sehat.” “Eh, tapi ga' papa ding, kan kalau Pak Mamat puasa Udin malah ga' dapat makan. Hahaha....." Udin tertawa, meralat omongannya sendiri. Tapi Emaknya tidak ikut tertawa. "Jarang-jarang kan Udin bisa makan pakai telur, kemarin malah sempat ada potongan ayamnya." Kenang Udin, sambil mengusap air liur yang mengalir di sudut bibirnya. "Kenapa kalau pas bulan puasa orang-orang pada baik ya Mak?"

Ketika Gue Kehilangan Dompet

Bulan kemarin, gue mengalami kejadiaan naas. Bukan, gue bukan ketangkep satpol PP pas mangkal, karena gue ga pernah mangkal. Tapi kejadian naas gue kali ini karena bulan kemarin gue kehilangan dompet. Yap kalian ga salah baca, bulan kemarin gue kehilangan dompet. Dan karena kejadian kehilangan dompet ini gue jadi ga bisa posting selama sebulan. *ok, skip Kronologinya begini, pas hari Minggu gue iseng-iseng masuk atm buat sekedar ngadem sama ngecek saldo. Keluar dari atm dan udah ngestater motor, tiba-tiba muncul tukang parkir dari dalam botol . Gue yang udah niat ngegas terpaksa berhenti cuma buat ngambil duit receh di dompet buat bayar parkir. Setelah itu dompet masuk kantong lagi dengan asal-asalan, dan gue melanjutkan perjalanan buat pulang ke rumah. Gue memilih jalan yang agak sepi, yah siapa tahu ada kuntilanak iseng yang bisa digodain. Jalan yang gue pilih agak menantang, meliuk-liuk dan bergelombang. Singkat cerita gue udah sampai di depan indoapril, soalnya gue haus da

Recycle yang Unreuseable

Akhir-akhir ini gue ngerasa kalau gue harus bisa ikut andil dalam kegiatan menjaga lingkungan, salah satunya dengan melaksanakan prinsip reuse, reduce, recycle. Jadi barang-barang yang semula dianggap sampah bisa dimanfatkan lagi dengan cara digunakan lagi, atau didaur ulang menjadi sesuatu yang bermanfaat, dan kalau memang ga bisa ya dikurangi pemakaiannya. Dengan begitu akan mengurangi jumlah produksi sampah yang mengakibatkan pencemaran lingkungan. Tindakan-tindakan kecil yang udah gue lakuin antara lain gue udah pake botol isi ulang, jadi gue udah ga beli-beli air mineral kemasan lagi biar ga nambah jumlah produksi sampah plastik. Tiap belanja ke indoapril gue juga udah mulai bawa tas sendiri buat ngurangi pemakaian kantong plastik yang ujung-ujungnya juga jadi sampah. Selain itu gue juga ngumpulin foto-foto sama mantan, siapa tau bisa dipakai pas nikahan. *skip Nah kemarin ceritanya gue dapat paket yang pengirimannya dipacking pakai kayu, biar safety dan barang di dalamny