Langsung ke konten utama

Tragedi Hercules

Sekali lagi Indonesia berduka, karena adanya insiden jatuhnya pesawat Hercules pada hari Rabu (1/7) di Medan yang merenggut korban lebih dari 140 jiwa. Semoga korban diberikan ampunan dosa dan dinaikkan kadar pahala, serta untuk keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan dan kesabaran.


Agak menyedihkan memang, kejadian ini terjadi di bulan Ramadhan. Meskipun memang maut itu ga mengenal waktu, dan semua dariNya akan kembali padaNya. Dan yang lebih menyentuh, ternyata korban dari pesawat bukan cuma dari militer, tapi juga dari pihak sipil yang ikut menjadi penumpang pesawat.

Memang bukan rahasia lagi kalau memang tiket pesawat Hercules "diperjualbelikan" untuk khalayak ramai, jadi pesawat yang seharusnya hanya khusus untuk kepentingan militer dan darurat malah dikomersilkan. Banyak pihak sipil dengan berbagai alasan lebih memilih menggunakan "fasilitas" pesawat Hercules dibandingkan pesawat yang memang ditujukan untuk sarana transportasi umum, mulai dari alasan lebih murah, sampai keterbatasan sarana.

Jika ditelisik lagi, sebenarnya fenomena "penghematan" ini bukan cuma terjadi di transportasi udara, bahkan mungkin di semua moda transportasi. Ketika gue dulu masih smp gue dan temen-temen sekolah pernah (pernah loh ya, bukan sering apalagi selalu) numpang mobil pick up buat sekedar menghemat ongkos. Dan bukan cuma gue sih, kaya'nya dari Sabang sampai Merbabu juga banyak yang ngelakuin.

Kalau diinget-inget lagi, sebenernya juga bukan karena ga punya duit sih. Tapi jaman smp dulu kok kaya' sayang, dengan numpang pick up duit yang seharusnya buat ongkos bisa buat jajan beli cilok sebungkus. Kan lumayan.

Masalah kenyamanan jelas bukan hal yang diharapkan. Jika disinggung masalah keamanan dan keselamatan, mungkin jawaban yang keluar antara ngeyel dan ga sadar.

"Kalau ditanya takut ga ada kecelakaan, ya takut. Tapi kecelakaan kan ga lihat-lihat, sarana transportasi umum juga bisa kecelakaan. Yang namanya maut ya maut, ga bisa ditolak." Mungkin dulu itu juga yang jadi jawaban gue kalau ditanya. Tapi kalau sekarang mungkin sudah beda, berhubung sekarang gue udah dewasa (ehem).

Ya memang bener sih, maut ya maut. Tapi kan semua tetap ada usahanya. Misalkan pick up sama angkot dua-duanya kecelakaan, kebalik misalnya, kalau pick up ya penumpangnya kegencet, kalau angkot masih ada harapan selamat. Dengan kata lain "presentase keselamatan lebih besar".

Tapi toh hal ini tetap kembali ke pribadi dan pilihan masing-masing. Pasti ada pertimbangan-pertimbangan yang mendasari pilihan. Dan gue cuma bisa berdo'a dan berharap semoga sarana transportasi di Indonesia lebih dan lebih diperbaiki lagi.

Komentar

  1. naas sih emang tragedi pesawat jatuh kayak gini. belum bisa move on dari qz8501, udah muncul lagi aja pesawat jatuh ya ")

    BalasHapus
  2. tragedi seperti ini bisa sebagai Ujian ataupun sebagai Azab.
    emang bener semua akan kembali padaNya. kadang ketika sesuatu diambil sedihnya iya bnget. saya selalu menekankan ga apa kok diambil, emang udah hakNya.

    Hahaha itu buat kisah smpnya :D yang ongkosnya dpke buat beli cilok

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Do'a Anak Kecil Agar Ramadhan Setiap Hari

"Assalamu’alaikum. Mak, Udin habis dari rumah Pak Mamat." Lapor Udin pada Emaknya. Sebulan setelah bulan Ramadhan lewat. "Tapi Pak Mamat udah ga' mau ngasih makan lagi, ga' kaya' kemarin pas puasa. Pak Mamat selalu mau ngasih Udin makan." "Kata Pak Mamat sih buat bayar fidyahnya soalnya ga' kuat kalau puasa. Lucu ya Mak, Pak Mamat kok ga’ kuat puasa. Udin yang kelas 5 SD aja puasa penuh. Pak Mamat kan badannya gede, sehat.” “Eh, tapi ga' papa ding, kan kalau Pak Mamat puasa Udin malah ga' dapat makan. Hahaha....." Udin tertawa, meralat omongannya sendiri. Tapi Emaknya tidak ikut tertawa. "Jarang-jarang kan Udin bisa makan pakai telur, kemarin malah sempat ada potongan ayamnya." Kenang Udin, sambil mengusap air liur yang mengalir di sudut bibirnya. "Kenapa kalau pas bulan puasa orang-orang pada baik ya Mak?"

Ketika Gue Kehilangan Dompet

Bulan kemarin, gue mengalami kejadiaan naas. Bukan, gue bukan ketangkep satpol PP pas mangkal, karena gue ga pernah mangkal. Tapi kejadian naas gue kali ini karena bulan kemarin gue kehilangan dompet. Yap kalian ga salah baca, bulan kemarin gue kehilangan dompet. Dan karena kejadian kehilangan dompet ini gue jadi ga bisa posting selama sebulan. *ok, skip Kronologinya begini, pas hari Minggu gue iseng-iseng masuk atm buat sekedar ngadem sama ngecek saldo. Keluar dari atm dan udah ngestater motor, tiba-tiba muncul tukang parkir dari dalam botol . Gue yang udah niat ngegas terpaksa berhenti cuma buat ngambil duit receh di dompet buat bayar parkir. Setelah itu dompet masuk kantong lagi dengan asal-asalan, dan gue melanjutkan perjalanan buat pulang ke rumah. Gue memilih jalan yang agak sepi, yah siapa tahu ada kuntilanak iseng yang bisa digodain. Jalan yang gue pilih agak menantang, meliuk-liuk dan bergelombang. Singkat cerita gue udah sampai di depan indoapril, soalnya gue haus da

Recycle yang Unreuseable

Akhir-akhir ini gue ngerasa kalau gue harus bisa ikut andil dalam kegiatan menjaga lingkungan, salah satunya dengan melaksanakan prinsip reuse, reduce, recycle. Jadi barang-barang yang semula dianggap sampah bisa dimanfatkan lagi dengan cara digunakan lagi, atau didaur ulang menjadi sesuatu yang bermanfaat, dan kalau memang ga bisa ya dikurangi pemakaiannya. Dengan begitu akan mengurangi jumlah produksi sampah yang mengakibatkan pencemaran lingkungan. Tindakan-tindakan kecil yang udah gue lakuin antara lain gue udah pake botol isi ulang, jadi gue udah ga beli-beli air mineral kemasan lagi biar ga nambah jumlah produksi sampah plastik. Tiap belanja ke indoapril gue juga udah mulai bawa tas sendiri buat ngurangi pemakaian kantong plastik yang ujung-ujungnya juga jadi sampah. Selain itu gue juga ngumpulin foto-foto sama mantan, siapa tau bisa dipakai pas nikahan. *skip Nah kemarin ceritanya gue dapat paket yang pengirimannya dipacking pakai kayu, biar safety dan barang di dalamny