Langsung ke konten utama

Memimpin Negeri Ga' Semudah Main SimCity

Akhir-akhir ini kita sering mendengar berita reshuffle kabinet dalam pemerintahan Jokowi-JK setelah kurang lebih 6 bulan masa kepemimpinan Jokowi sebagai Kepala Negara, terutama bagi yang suka nonton acara berita, bukan cuma ngikutin sinetron tukang haji naik bubur. Dan gue cuma bisa mendo'akan, semoga hal ini didasari oleh pertimbangan untuk kemajuan dan kebaikan Indonesia.


Peristiwa perombakan kabinet ini memang bukan hal yang baru, sudah pernah terjadi dan dilakukan oleh para pemimpin bangsa ini sebelumnya. Gue ga' bisa ngebayangin anak-anak jaman sekarang kalau seumpama disuruh ngapalin nama-nama menteri kaya' jaman gue dulu. 6 bulan baru ngapalin semua nama menteri, eh udah diganti lagi. Kan galau jadinya, bisa-bisa nama mantan jadi terlupakan karena slot memori tergantikan sama nama-nama menteri. Padahal menteri-menteri ini belum tentu sudah memberikan kenangan seindah mantan. *tsiaaaah

Harapan dan do'a gue, semoga menteri-menteri yang baru bisa mendukung kinerja Jokowi-JK sebagai Kepala Negara, serta menjalankan kewajiban-kewajiban dan tugas-tugas yang diberikan dengan baik. Ga' harus langsung berubah secara spektakuler, karena perubahan itu ga' bisa instan. Bahkan bikin mie instan yang katanya instan pun harus pakai usaha. Mungkin satu-satunya hal yang instan ya cuma jatuh cinta pada pandangan pertama, ngeliat trus jatuh cinta. Udah gitu doang, simple ga' harus pakai ngerebus air.

Sudah bukan rahasia lagi, kalau selama masa pemerintahan Jokowi-JK ada beberapa kebijakan-kebijakan dan tindakan yang menjurus pada beberapa pertanyaan, bahkan kritikan. Masyarakat juga banyak mengeluhkan persoalan sarana umum, infrastruktur, dan terutama masalah ekonomi serta tuntutan-tuntutan yang belum terpenuhi.

Semoga saja Kepala Negara kita sabar, dan orang-orang pilihan yang baru bisa melaksanakan kewajibannya dengan baik. Juga rakyat Indonesia harus mau bergotong royong demi Indonesia yang lebih baik. Karena mengatur suatu negara itu ga' gampang, apalagi sebesar Indonesia. Memimpin suatu negeri memang ga' semudah main SimCity.

-nyomot gambar dari sini

Komentar

  1. baca paragraf pertama, langsung dapet kesan "wah ini tulisan berat nih"
    tapi setelah dilanjutkan, ternyata lumayan santai, tapi berbobot.. cocok dibaca sama kaula muda karna bawa2 masalah2 percintaan kayak mantan dan mi instan..haha
    gue baru tau kalo jaman dulu kita wajib ngapalin nama2 menteri, gila.. untung ga pernah ngalamin.. hehe
    pesan nya dapet, sebagai pemain SimCity, gue ngerti betul.. gimana susahnya pekerjaan para pemimpin negeri ini, tanggung jawab nya gede... gue cuma bisa dukung aja dan ikut serta bangun negeri ini dengan kapasitas yang gue miliki sebagai warga

    BalasHapus
  2. iyanih, gue setuju sama koment diatas. postingannya tentang politik, bakal berat nih. haha

    dan... guue nggak ngerti apa2 tentang politik. Setahu gue, jokowi udah naikin BBm 3 kali, dan udah nuruninnya juga. Labil kan yah ? -,-
    Belum lagi masalah RUU Penghinaan Presiden yg lagi dibahas.. hah , apalah apalah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. seperti yang gue tulis di atas sih, banyak kebijakan yang memang seperti minta dipertanyakan, bahkan dikritik

      Hapus
  3. Mas ane gak ngerti :3 aslinya ini berat banget perasaan -_- tapi sih tulisannya agak nyantai2 gitu

    BalasHapus
  4. Kalau ngomongin sim city jadi inget sama bu Risma, walikotaku tuh.. Emang iya sih ngatur negara gak mudah main game sim city, apalagi gamenya sudah dipasangin cheat engine.

    Sayangnya aku masih belum 17 tahun, jadi masalah politik masih bingung. Semoga dengan shuffle kabinet ini bisa membawa perubahan yang lebih baik kedepannya

    BalasHapus
  5. Ahh reshuffle reshuffle, udah kayak lagu aja. Tapi yg gue harapakan kali ini adalah, mentri pendidikan nya di ganti dong yg lebih mengerti ke adaan siswa, busuk bgt dah gue ngerasain kurikulum 2013 -__-

    BalasHapus
    Balasan
    1. yah semoga ada menteri yang mereformasi total sistem pendidikan menjadi lebih bermutu dan efektif, ga memberatkan siswa tapi juga ga membuat siswa lupa dengan kewajibannya

      Hapus
  6. moga-moga aja dengan di rushuffle bisa nguatin nilai tukar rupiah.
    kalo masih sama aja ya percuma. -___-
    jadi males kalo beli sesuatu, soalnya jadi pada mahal, apalagi kalo beli produk import, serasa harga naik terus tiap hari.

    BalasHapus
  7. saya denger dri berita yang di ganti kebanyakan dari bidang ekonomi

    moga aja bisa memperbaiki perekonomian negara walau nggak bisa langsung cepet . ini harga barang makin naik mulu rasanya apalagi gara-gara nilai tukar rupiah yang anjlok

    kalau soal kebijakan...hem...saya rasa walau banyak menuai kritikan tapi setidaknya merka udah berusaha buat negara.

    BalasHapus
  8. Sama kayak komentarnya Kak Irwan, kirain ini tulisannya berat, trnyata enggak jg deng, ada lawak2annya juga, aku jrang ngikutin berita sih, bkan brrti aku ngikutin tukang haji naek bubur yak!-_- nonton berita cuma seliwatan doang tp tau klo ada reshuffe kabinet gtu..

    Dulu aku SD jg kyaknya suruh ngapalin nama mentri jg deh, ampe niat aku beli poster yg isinya poto2 menteri bserta nama dan jabatannya. Bener jg tuh klo anak skrg disuruh ngapalin nama mentri puyeng juga yak, org mentrinya gonta ganti mulu. Hahah

    Ohiya simcity.. aku gak pernah maen, jd gak tau. Wkwk.
    Betul tuh, perubahan itu gak instan, mie instan aja bkinnya jg susah kudu ngerebus aer dulu, butuh perjuangan, blm lagi kalo gasnya abis.. Kan kudu beli dulu kewarung.....:(

    Kalo soal politik gini sih aku gak trlalu suka dan gak ngerti2 amat, ya udahlah itu td, sbagai warga Indonesia yg baik dan aku blm bsa berkontribusi apa2 untuk Indonesia, jd aku cuma bsa mendukung dan mendoakan yg terbaik aja untuk Indonesia kedepannya:D

    BalasHapus
  9. masalah politik. gue malah ga pernah nulis beginian di blog gue. hahah

    tapi yg gue rasain sekarang sih, turunnya rupiah. berasa banget men, kebetulan gue kuliah d negri orang lain. yah, smoga udah reshufle, smoga kinerjanya lebih baik deh. amin. kita tggu janji yg d berikan ketika seblum mnjabat presiden. tsaelah.

    BalasHapus
  10. wah aku kok gak denger ya kalo JOKOWI-JK mau resuffle kabinetnya.. hmmm maklum aku jarang nonton tv, ih aku gak updet hihihii
    Tapi moga2 benar ya, segala janji2 pak Jokowi dl seoga segera terpenuhi, karena masih banyak masyarakat yg jauh dari kata hidup layak
    Mg2 presiden kita kuat mnghadapinya, yeeeaaaaaaa

    BTW SIMCITY permainan apaan ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu mainan anak2 mei, gue kan masih anak2 :D

      Hapus
  11. wah aku kok gak denger ya kalo JOKOWI-JK mau resuffle kabinetnya.. hmmm maklum aku jarang nonton tv, ih aku gak updet hihihii
    Tapi moga2 benar ya, segala janji2 pak Jokowi dl seoga segera terpenuhi, karena masih banyak masyarakat yg jauh dari kata hidup layak
    Mg2 presiden kita kuat mnghadapinya, yeeeaaaaaaa

    BTW SIMCITY permainan apaan ya?

    BalasHapus
  12. Ngomongin dunia politik, ini materi yang ringan menurut gue. Ya, meskipun pak JK kuadrat harus reshuffle. Gak masalah menurut gue, pasalnyakan, dunia politik semakin lama semakin jadi ajang untuk meramaikan jeruji besi.

    Emang bener sih, kasihan anak zaman sekarang kalo harus menghafal nama menteri, jelas bisa galau. Baru kemaren beli poster, eh besoknya udah diganti. Hahahaha

    Semoga Indonesia gak jadi Sim City.

    BalasHapus
  13. Iyeeee...dan yg perlu diperhatikan kita sbgai bangsa indonesia ga cuman bisa caci maki presiden doang tapi kerjaannya cman nonton tipi sma ongkang2 kaki. Kayak gtu kan hina abis, orng orng kayak gtu. Yg mengeluhkan ini dan itu tpi bisanya cman protes doang, kontribusi kagak. Kan bikin emosiiii..lo emosi ga?? Gue sih emosi

    BalasHapus
  14. Waduh kalau jaman mas nya harus hapalin nama menteri berarti kita tuanya samaan dong mas.Maklumsaya juga termasuk jajaran siswa yang susah buat menghapal nama-nama menteri apalagi yang gak pernah sama sekali keliatan gerak geriknya.

    Ngomong tentang game SimCity, tuh kayaknya bikin emosi juga mainnya soalnya kita harus bisa ngimbangin antara ekonomi,infrastruktur dan lain-lain. Kalau Pak Jokowi berani ambil langkah cepet sih, saya doakan semoga Indonesia bisa lebih baik lagi

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Do'a Anak Kecil Agar Ramadhan Setiap Hari

"Assalamu’alaikum. Mak, Udin habis dari rumah Pak Mamat." Lapor Udin pada Emaknya. Sebulan setelah bulan Ramadhan lewat. "Tapi Pak Mamat udah ga' mau ngasih makan lagi, ga' kaya' kemarin pas puasa. Pak Mamat selalu mau ngasih Udin makan." "Kata Pak Mamat sih buat bayar fidyahnya soalnya ga' kuat kalau puasa. Lucu ya Mak, Pak Mamat kok ga’ kuat puasa. Udin yang kelas 5 SD aja puasa penuh. Pak Mamat kan badannya gede, sehat.” “Eh, tapi ga' papa ding, kan kalau Pak Mamat puasa Udin malah ga' dapat makan. Hahaha....." Udin tertawa, meralat omongannya sendiri. Tapi Emaknya tidak ikut tertawa. "Jarang-jarang kan Udin bisa makan pakai telur, kemarin malah sempat ada potongan ayamnya." Kenang Udin, sambil mengusap air liur yang mengalir di sudut bibirnya. "Kenapa kalau pas bulan puasa orang-orang pada baik ya Mak?"

Ketika Gue Kehilangan Dompet

Bulan kemarin, gue mengalami kejadiaan naas. Bukan, gue bukan ketangkep satpol PP pas mangkal, karena gue ga pernah mangkal. Tapi kejadian naas gue kali ini karena bulan kemarin gue kehilangan dompet. Yap kalian ga salah baca, bulan kemarin gue kehilangan dompet. Dan karena kejadian kehilangan dompet ini gue jadi ga bisa posting selama sebulan. *ok, skip Kronologinya begini, pas hari Minggu gue iseng-iseng masuk atm buat sekedar ngadem sama ngecek saldo. Keluar dari atm dan udah ngestater motor, tiba-tiba muncul tukang parkir dari dalam botol . Gue yang udah niat ngegas terpaksa berhenti cuma buat ngambil duit receh di dompet buat bayar parkir. Setelah itu dompet masuk kantong lagi dengan asal-asalan, dan gue melanjutkan perjalanan buat pulang ke rumah. Gue memilih jalan yang agak sepi, yah siapa tahu ada kuntilanak iseng yang bisa digodain. Jalan yang gue pilih agak menantang, meliuk-liuk dan bergelombang. Singkat cerita gue udah sampai di depan indoapril, soalnya gue haus da

Recycle yang Unreuseable

Akhir-akhir ini gue ngerasa kalau gue harus bisa ikut andil dalam kegiatan menjaga lingkungan, salah satunya dengan melaksanakan prinsip reuse, reduce, recycle. Jadi barang-barang yang semula dianggap sampah bisa dimanfatkan lagi dengan cara digunakan lagi, atau didaur ulang menjadi sesuatu yang bermanfaat, dan kalau memang ga bisa ya dikurangi pemakaiannya. Dengan begitu akan mengurangi jumlah produksi sampah yang mengakibatkan pencemaran lingkungan. Tindakan-tindakan kecil yang udah gue lakuin antara lain gue udah pake botol isi ulang, jadi gue udah ga beli-beli air mineral kemasan lagi biar ga nambah jumlah produksi sampah plastik. Tiap belanja ke indoapril gue juga udah mulai bawa tas sendiri buat ngurangi pemakaian kantong plastik yang ujung-ujungnya juga jadi sampah. Selain itu gue juga ngumpulin foto-foto sama mantan, siapa tau bisa dipakai pas nikahan. *skip Nah kemarin ceritanya gue dapat paket yang pengirimannya dipacking pakai kayu, biar safety dan barang di dalamny