Langsung ke konten utama

Antara Konvoi, Arogansi, dan Toleransi

Sebulan yang lalu, tepatnya tanggal 15 Agustus 2015 santer diberitakan tentang adanya pengendara sepeda menghadang rombongan motor gede yang sedang konvoi di Jogja. Setelah ditelurusi lebih lanjut, ternyata pengendara sepeda yang melakukan penghadangan adalah seorang aktivis, dan bukan sekedar orang lewat yang iseng-iseng kurang kerjaan terus melakukan aksi penghadangan motor gede yang sedang konvoi.

Pun konvoi yang dilakukan para rider moge juga bukan konvoi geng motor, yang cuma bikin rusuh dan bikin onar di jalan. Toh nyatanya konvoi moge ini mendapatkan pengawalan dari pihak kepolisian kok.
Gambarnya Bang Azer

Lepas dari mana yang benar dan mana yang kurang sesuai, gue cuma mau menyikapi dan menanggapi dari sudut pandang gue sebagai masyarakat biasa, yang awam masalah hukum.

Selama ini, gue sering memandang kalau konvoi ataupun iring-iringan merupakan salah satu kegiatan yang disisipi arogansi di dalamnya, entah itu besar ataupun kecil. Mungkin itu juga yang membuat gue kurang suka sama yang namanya konvoi ataupun iring-iringan yang "memakan" hak orang lain. Gue sering kesel ketika pas gue naik motor di jalan dengan kondisi ga' terlalu lancar dan entah dari arah berlawanan, dari arah belakang, atau arah persimpangan muncul konvoi atau iring-iringan yang "meminta ijin" untuk didahulukan lewat. Terlebih lagi kalau pengendaranya menggunakan kendaraan yang mengganggu kenyamanan, asepnya banyak, atau bising misalnya. Udah minta lewat duluan, ganggu kenyamanan lagi.

Beda halnya kalau yang lewat itu ambulans, mobil pemadam kebakaran, ataupun kendaraan lain yang membutuhkan tepo seliro dan kita memang ikhlas jika mereka lewat terlebih dahulu, karena memang menyangkut hajat hidup orang lain, gue dengan senang hati memberikan jalan agar mereka bisa lewat terlebih dahulu.

Tapi kalau konvoi ataupun iring-iringan, gue ngerasa belum ikhlas kalau mereka diprioritaskan lewat terlebih dahulu, apalagi sampai memakan hak pengendara lain. Jangankan konvoi, kendaraan pejabat negara saja gue kadang masih mangkel, apalagi kalau kondisinya gue lagi terburu-buru.

Yah, mungkin karena memang ga' dalam posisi gue yang dikawal, kalau gue yang dikawal mah gue selow aja. Menikmati kawalan tanpa kemacetan. Urusan gue cepet beres, dan gue bisa lebih lama santai-santai.

Dari dua sisi itu bisa dilihat perbedaan, mana yang sebenernya "dirugikan". Apalagi jika konvoinya diikuti sama ratusan, bahkan ribuan kendaraan. Bukan mengganggu lagi, tapi ya ngamburadul sistem lalu lintas dan juga jadwal orang lain.

Mungkin kalau gue mencoba memposisikan diri sebagai orang yang "butuh" pengawalan, gue harus bisa menimbang-nimbang lagi seberapa penting posisi dan urusan gue menyangkut kepentingan orang banyak hingga gue akhirnya memutuskan butuh pengawalan. Dari situ juga bersikap bagaimana caranya agar ga' terkesan arogan, dan menang sendiri, meskipun memang urusannya sangat penting.

Jikapun konvoi itu melibatkan banyak kendaraan, yang sekiranya akan "mengacaukan" sistem lalu lintas, ya sebaiknya dibagi jadi beberapa grup. Seperti kasus konvoi di Jogja misalnya, para pengendara moge beralasan jika mereka harus hadir di beberapa acara yang terpisah di beberapa tempat, jadi mereka membutuhkan pengawalan agar acara mereka bisa lancar dan tepat waktu. La pengendara lain? -__-

Seumpama memang acaranya di banyak tempat dan diikuti banyak kendaraan, sebaiknya kan dibagi beberapa grup di beberapa tempat. Dengan begitu acara bisa tetap dilaksanakan dan juga tidak terlalu mengganggu hak pengendara lain.

Jika haknya tidak terlalu diganggu, mungkin pengendara lain juga lebih bisa mengerti dan lebih bisa bertoleransi. Serta bisa menekan sifat "arogansi" yang mungkin bisa muncul dari pihak konvoi.

Setidaknya memang harus ada yang mengerti, pun yang dimengerti juga harus lebih bisa menghargai. Bukan melulu tentang arogansi, tapi lebih ke toleransi.

NB: tulisan kali ini emang sengaja telat diposting, biar adem dulu. *ngeles

Komentar

  1. Hehe... emang aku juga kurang setuju sama konvoi moge yg kemaren...
    masuk tipi... mana marah2 lagi si pengendara mogenya *ada artis juga...

    Tapi untung udah damai tuh si pengendara moge sm aktivisnya... mudah2an kedepannya ga ada konvoi lagi... maksudnya konvoi yg ga penting kek konvoi moge kemaren...

    BalasHapus
  2. Konvoi mah, emang sering banget bikin gue bilang "kok kamfret, ya. Dama2 bayar pajak, lampu merahpun mereka serobot." Hadeh....

    Entahlah, yg paling gue herankan ya sikap mereka dgn egoisnya mementingkan urusan mereka tanpa melihat berapa orang yg telah dikorbankan gegara ulah mereka. Jujur, gue kecewa sama tingkat keamanan yg dikawal begitu. Kalo presiden sekalipun, pake kendaraan tanpa pengawalan yg merusak hal orang lainkan, malah gak jadi tatapan banyak mata. Mungkin misi orang konvoi dengan pengawalan adalah Mencari Perhatian Orang Lain...

    BalasHapus
  3. saya pernah ikut konvoi. pas 1 mei kemarin menyangkut hari buruh

    ya, ngerasa jadi raja sih karena itu jalan dikuasai sama orang konvoi. tapi ya itu, ngerasa gk enak juga dan udh mikirin gimana tanggapan orang yang terhalangi.

    BalasHapus
  4. Apalagi namanya kalo bukan arogansi. Daripada konvoi gak jelas kayak gitu, mending buat kegiatan sosial ya kan

    BalasHapus
  5. Inilah salah satu hal yg menyebabkan kenapa Indonesia ga maju-maju. Sementara negara lain udah sibuk mencari sumber energi alternatif dan ekspedisi ke luar angkasa, rakyat Indonesia masih sibuk berantem sendiri. Gua ga mau nunjuk siapa yg bener, siapa yg salah, tapi ya kalo hal kecil kayak gini aja masih bisa bikin heboh dalam skala nasional, berarti emang negara kita ini rakyatnya masih kurang maju pikirannya, masih egois, masih mementingkan kepentingan pribadi atau golongannya saja.

    Ga aneh kan, banyak generasi muda Indonesia yg punya potensi luar biasa, yg akhirnya memilih untuk tinggal dan berkarya di luar negeri. Kenapa? Lah wong Indonesia belum pengen maju, masih sibuk saling sikut dan saling menjatuhkan dengan sesama saudara sendiri. Cape deh.

    BalasHapus
  6. Emang sih konvoi semacam itu bikin gue KZL juga, pernah sekali gue di klakson dari belakang sama konvoi gitu tapi gak tau itu apaan, yg gue tau cuma ada sepeda motor banyak gitu ajah. dan akhirnya dengan berat hati gue menepi dulu, emang jalanan ngak luas agak rame.. tapi kasus d jogja kemaren mungkin wujud kekesalan yang udah memuncak.

    gue pernah sih konvoi atau lebih tepatnya touring, waktu itu mau ke semarang. satu rombongan ngak ada yang mecah jalan, jadi kena macet2 semua. dan ujung2nya kita saling tunggu biar gak ada yg ketinggalan.

    kalo gue ada iringan mobil pejabat atau polisi biasanya gue ngikut di belakangnya sih :D dan menghayal seperti gue yang di kawal mereka :D

    BalasHapus
  7. Aku juga gak setuju kalo ada rombongan kayak gitu apalagi mesti dikawal pakai polisi segala. Emang hak mereka pakai jalan umum, tapi perhatikan orang lain juga. Biasanya mereka mesti bunyikan klakson keras-keras biar semua minggir lalu dia lewat.

    Semoga nanti semua bisa saling ngerti lah kalo jalan bukan hanya punya moge doang, tapi punya bersama.

    BalasHapus
  8. gue angkat tangan deh, gak tau mesti komen apa, yang yang kaya gitu suka enggak benci juga enggak sih,

    BalasHapus
  9. Iya, gue juga suka kesel.untung belum pernah disalip sama moge huehehehe..tpi emang gitu sih ya, ganggu banget kayak jalan milik sendiri..tpi orng kayak kita mah bisa apa, cuman remah remah roti mari doang..kan syedih....

    BalasHapus
  10. setujulah! aku juga suka kesel kalo ada konvoi-konvoi gitu. Apalagi kalo pada sengaja mainin klaksonnya, bikin tambah berisik :(

    BalasHapus
  11. buenerrrr bangett.. paling bikin kesel tuh kalo klaksonnya yg gak berenti2 itu loh.. emang penting gitu kita ngasi jalan buat dia duluan... klo ambulan sih gpp...

    itu kan udah gak di ragukan lagi, buat apa konvoi klo bukan buat pamer. ini loh moge guee... gitu... ih sebel deh pokoknya klo ada yg konvoi2 gitu... aapalgi yg moge... gak jelas juntrungnya tujuan mrk konvoi itu apa. ya pasti pamer kan..

    klo konvoi demo sih masi mendng, atau konvoi supporter sepak bola. masih jelas tujuannya

    BalasHapus
  12. Kalau lagi tenang di jalan terus ada yang konvoi rasanya kaget banget! Tau-tau aja ada sirine dan... wuzzzzz, motor/mobil beriringan menyerobot jalan. Aduh x'D

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Do'a Anak Kecil Agar Ramadhan Setiap Hari

"Assalamu’alaikum. Mak, Udin habis dari rumah Pak Mamat." Lapor Udin pada Emaknya. Sebulan setelah bulan Ramadhan lewat. "Tapi Pak Mamat udah ga' mau ngasih makan lagi, ga' kaya' kemarin pas puasa. Pak Mamat selalu mau ngasih Udin makan." "Kata Pak Mamat sih buat bayar fidyahnya soalnya ga' kuat kalau puasa. Lucu ya Mak, Pak Mamat kok ga’ kuat puasa. Udin yang kelas 5 SD aja puasa penuh. Pak Mamat kan badannya gede, sehat.” “Eh, tapi ga' papa ding, kan kalau Pak Mamat puasa Udin malah ga' dapat makan. Hahaha....." Udin tertawa, meralat omongannya sendiri. Tapi Emaknya tidak ikut tertawa. "Jarang-jarang kan Udin bisa makan pakai telur, kemarin malah sempat ada potongan ayamnya." Kenang Udin, sambil mengusap air liur yang mengalir di sudut bibirnya. "Kenapa kalau pas bulan puasa orang-orang pada baik ya Mak?"

Ketika Gue Kehilangan Dompet

Bulan kemarin, gue mengalami kejadiaan naas. Bukan, gue bukan ketangkep satpol PP pas mangkal, karena gue ga pernah mangkal. Tapi kejadian naas gue kali ini karena bulan kemarin gue kehilangan dompet. Yap kalian ga salah baca, bulan kemarin gue kehilangan dompet. Dan karena kejadian kehilangan dompet ini gue jadi ga bisa posting selama sebulan. *ok, skip Kronologinya begini, pas hari Minggu gue iseng-iseng masuk atm buat sekedar ngadem sama ngecek saldo. Keluar dari atm dan udah ngestater motor, tiba-tiba muncul tukang parkir dari dalam botol . Gue yang udah niat ngegas terpaksa berhenti cuma buat ngambil duit receh di dompet buat bayar parkir. Setelah itu dompet masuk kantong lagi dengan asal-asalan, dan gue melanjutkan perjalanan buat pulang ke rumah. Gue memilih jalan yang agak sepi, yah siapa tahu ada kuntilanak iseng yang bisa digodain. Jalan yang gue pilih agak menantang, meliuk-liuk dan bergelombang. Singkat cerita gue udah sampai di depan indoapril, soalnya gue haus da

Recycle yang Unreuseable

Akhir-akhir ini gue ngerasa kalau gue harus bisa ikut andil dalam kegiatan menjaga lingkungan, salah satunya dengan melaksanakan prinsip reuse, reduce, recycle. Jadi barang-barang yang semula dianggap sampah bisa dimanfatkan lagi dengan cara digunakan lagi, atau didaur ulang menjadi sesuatu yang bermanfaat, dan kalau memang ga bisa ya dikurangi pemakaiannya. Dengan begitu akan mengurangi jumlah produksi sampah yang mengakibatkan pencemaran lingkungan. Tindakan-tindakan kecil yang udah gue lakuin antara lain gue udah pake botol isi ulang, jadi gue udah ga beli-beli air mineral kemasan lagi biar ga nambah jumlah produksi sampah plastik. Tiap belanja ke indoapril gue juga udah mulai bawa tas sendiri buat ngurangi pemakaian kantong plastik yang ujung-ujungnya juga jadi sampah. Selain itu gue juga ngumpulin foto-foto sama mantan, siapa tau bisa dipakai pas nikahan. *skip Nah kemarin ceritanya gue dapat paket yang pengirimannya dipacking pakai kayu, biar safety dan barang di dalamny