Langsung ke konten utama

Ibu-Ibu Penjual Ampyang

Kemarin Minggu pagi gue nyobain ke car free day di dekat stadion Bekasi. Niat awalnya sih mau lari-lari, tapi berhubung jalannya bejubel dan ga asik buat lari-lari jadinya lebih milih nyuci mata. Dan seperti car free day di daerah lain, pun di sini banyak orang yang memanfaatin waktu cfd buat jualan. Dari yang jualan es teh, kripik kentang sampai apartment.

Tapi di salah satu pojokan ada seorang ibu yang jualan ampyang. Tau kan ampyang? biskuit gula jawa dengan topping kacang tanah. Coba googling di yahoo buat yang penasaran apa itu ampyang. Eh ga' usah ding, gue googlingin gratis deh.

Dagangan ibu itu sepi, ga ada orang yang tertarik sama makanan tradisional ini, padahal rasanya enak loh. Kalau kata Pak Bondan rasanya itu mak lampir, eh mak nyusss. 

Berhubung gue udah lama ga makan ampyang dan kangen sama makanan tradisional ini, gue pun menghampiri ibu penjual ampyang.

"Bu ampyangnya berapa Bu?"

"Dua belas ribu dek sebungkus."

Fyi, sebungkus isinya 15an ampyang, jadi harga satu ampyangnya kurang sari seribu. Murah banget lah buat cemilan enak kayak ampyang.

"Sepi ya Bu, kok masih banyak?"
"Iya nih dek, dari pagi belum ada yang laku. Nanti ibu titipin di warung-warung kalau sampai sore belum habis. Untung ampyangnya ini tahan sampai lama."

"Ooooh, ini bikin sendiri Bu?"

"Iya dek, sedikit-sedikit tapi lumayan lah bisa buat biaya hidup. Hehe..."

Memang sih, semua rejeki itu tergantung dari sudut pandang kita melihat rejeki dengan rasa syukur atau kufur. Kalau banyak tapi masih merasa kurang, apalagi ga' mau berbagi berarti ada yang perlu dikoreksi dari cara pandang kita terhadap rejeki.

Setelah bercakap-cakap cukup lama, gue pun membeli ampyang dua bungkus. Balas dendam soalnya makan sudah lama ga' makan ampyang.

"Ini Bu, saya beli dua." Kata gue sambil menyerahkan uang dua puluh lima ribu.

"Makasih dek, terima kasih banyak. Akhirnya ampyang Ibu laku juga." Kata Ibu itu terharu penuh rasa syukur.

Ibu itu lalu membuka 2 kresek hitam. Uang yang dua puluh ribu dimasukkan ke kresek satunya, sedang kresek satunya ditaruh uang lima ribu. Gue memandang heran ke arah Ibu itu. Seakan sadar sama pandangan heran gue, Ibu itu lalu berkata.

"Jadi gini dek, kresek yang satu ini buat biaya hidup Ibu sama biaya bahan baku ampyang." Kata Ibu itu sambil memegang kresek yang di isi uang dua puluh ribu tadi.

"Terus yang ini buat dikasih ke tetangga-tetangga Ibu yang kurang mampu." Lanjut Ibu itu mengklarifikasi.

Sementara gue masih memandang Ibu itu penuh keheranan, sambil batin 

"Bu, susukku sing seribu endi?"

Komentar

  1. Amsyoooong!!!! Endingnya kagak nahan cyiiiiin! Kirain mau ngasih kesan dan pesan yang terharu berurai air mata. Ndilalah... Susuk sewu sing dienteni, hahahaahaha :D

    Tapi dari postingan ini ada pelajaran yg bisa diambil. Yang pertama, syukurilah hidup kita bagaimanapun juga, yang kedua bantulah sesama sebagai wujud kepedulian, yang ketiga ingatkan penjual apabila kita sebagai pembeli g mendapatkan hak berupa susuk walaupun mek sewu

    BalasHapus
  2. walaupun gue gak begitu paham bahasa jawa tapi kayaknya gue ngerti deh endingnya bangke muahaha. Kirain bakal terharu, malah nunggu kembalian xD

    BalasHapus
  3. Bg Zaenal selalu gitu deh... TIba-tiba aja endingnya bikin geli. Sempet mikir sih, ini bahas apaan, ya. :D

    Setelah gue hitung-hitung lagi, ternyata uang 1000-nya belum dikembalikan. :D

    Rupanya nungguin kembalian. 3 orang telah tertipu dan menunggu-nunggu bg Zaenal terharu atau bikin quote apa gitu... :D

    BalasHapus
  4. Kampret lo bang. Kirain gue bakalan dapet pencerahan dgn kata2 mutiara. Ternyata bangke!

    Oh iya, ampyang itu emang ngeblur gitu ya kayak di foto? Wkwkwk
    Gue baru denger ada makanan namanya ampyang, makasih bgt karena lo bikin gue tau ada makanan namanya ampyang. Haha

    BalasHapus
  5. Acara cfd gitu emang banyak dimanfaatkan buat jualan. Jajanan ampyang itu enak banget loh, manis banget. Harganya juga murah sekali.

    Haha ketipuu nihh, salah tebak pas endingnya. Kirain bakalan ada hikmah atau apa gitu, eh ternyata nunggu kembalian 1000 hahaha. Pinter juga ibu itu ya dibedain dua kresek kayak gitu.

    BalasHapus
  6. Eh gue udah berkaca-kaca loh bacanya. Endingnya kirain bikin nangis. Pas baca komentar reyza ternyata artinya kembalian seribuan gak dikasih. -_________-

    di tempat gue kok gak ada car free day ya? Yaiyalah. disini mana mau orang repot-repot bawa mobil pas hari libur. Mending tidur... olahraganya di stadion olahraga. haha

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ketika Gue Kehilangan Dompet

Bulan kemarin, gue mengalami kejadiaan naas. Bukan, gue bukan ketangkep satpol PP pas mangkal, karena gue ga pernah mangkal. Tapi kejadian naas gue kali ini karena bulan kemarin gue kehilangan dompet. Yap kalian ga salah baca, bulan kemarin gue kehilangan dompet. Dan karena kejadian kehilangan dompet ini gue jadi ga bisa posting selama sebulan. *ok, skip Kronologinya begini, pas hari Minggu gue iseng-iseng masuk atm buat sekedar ngadem sama ngecek saldo. Keluar dari atm dan udah ngestater motor, tiba-tiba muncul tukang parkir dari dalam botol . Gue yang udah niat ngegas terpaksa berhenti cuma buat ngambil duit receh di dompet buat bayar parkir. Setelah itu dompet masuk kantong lagi dengan asal-asalan, dan gue melanjutkan perjalanan buat pulang ke rumah. Gue memilih jalan yang agak sepi, yah siapa tahu ada kuntilanak iseng yang bisa digodain. Jalan yang gue pilih agak menantang, meliuk-liuk dan bergelombang. Singkat cerita gue udah sampai di depan indoapril, soalnya gue haus da

Do'a Anak Kecil Agar Ramadhan Setiap Hari

"Assalamu’alaikum. Mak, Udin habis dari rumah Pak Mamat." Lapor Udin pada Emaknya. Sebulan setelah bulan Ramadhan lewat. "Tapi Pak Mamat udah ga' mau ngasih makan lagi, ga' kaya' kemarin pas puasa. Pak Mamat selalu mau ngasih Udin makan." "Kata Pak Mamat sih buat bayar fidyahnya soalnya ga' kuat kalau puasa. Lucu ya Mak, Pak Mamat kok ga’ kuat puasa. Udin yang kelas 5 SD aja puasa penuh. Pak Mamat kan badannya gede, sehat.” “Eh, tapi ga' papa ding, kan kalau Pak Mamat puasa Udin malah ga' dapat makan. Hahaha....." Udin tertawa, meralat omongannya sendiri. Tapi Emaknya tidak ikut tertawa. "Jarang-jarang kan Udin bisa makan pakai telur, kemarin malah sempat ada potongan ayamnya." Kenang Udin, sambil mengusap air liur yang mengalir di sudut bibirnya. "Kenapa kalau pas bulan puasa orang-orang pada baik ya Mak?"

Recycle yang Unreuseable

Akhir-akhir ini gue ngerasa kalau gue harus bisa ikut andil dalam kegiatan menjaga lingkungan, salah satunya dengan melaksanakan prinsip reuse, reduce, recycle. Jadi barang-barang yang semula dianggap sampah bisa dimanfatkan lagi dengan cara digunakan lagi, atau didaur ulang menjadi sesuatu yang bermanfaat, dan kalau memang ga bisa ya dikurangi pemakaiannya. Dengan begitu akan mengurangi jumlah produksi sampah yang mengakibatkan pencemaran lingkungan. Tindakan-tindakan kecil yang udah gue lakuin antara lain gue udah pake botol isi ulang, jadi gue udah ga beli-beli air mineral kemasan lagi biar ga nambah jumlah produksi sampah plastik. Tiap belanja ke indoapril gue juga udah mulai bawa tas sendiri buat ngurangi pemakaian kantong plastik yang ujung-ujungnya juga jadi sampah. Selain itu gue juga ngumpulin foto-foto sama mantan, siapa tau bisa dipakai pas nikahan. *skip Nah kemarin ceritanya gue dapat paket yang pengirimannya dipacking pakai kayu, biar safety dan barang di dalamny